Efektivitas Media Papan Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Satuan Ukuran Panjang pada Siswa Kelas IV MIN 1 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan menghitung
satuan ukuran panjang pada siswa kelas IV MIN 1 Bone sebelum menggunakan
media papan hitung, 2) Mengetahui kemampuan menghitung satuan ukuran
panjang pada siswa kelas IV MIN 1 Bone setelah menggunakan media papan
hitung3) Mengetahui efektivitas media papan hitung dalam meningkatkan
kemampuan mengitung satuan ukuran Panjang pada siswa kelas IV MIN 1 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi
Eksperimental Design menggunakan Pretest- Posttest Control Group Design
yang dilakukan di MIN Bone pada kelas IV dengan jumlah sampel 16 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi yang berkaitan
dengan penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik Inferensial melalui aplikasi Microsoft excel dan program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 25. Sebelum dan setelah
diterapkannya media papan hitung di kelas IV di MIN 1 Bone dapat dibuktikan
dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 48,13 dan kelas
kontrol mencapai 42,50, sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen
mencapai 79,38 dan kelas kontrol mencapai 60,63 dengan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) pada pembelajaran matematika di kelas IV MIN 1 Bone
mencapai 70. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test kemampuan
menghitung siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil
dari α yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Berdasarkan hasil perhitungan N- Gain Score menunjukkan nilai rata-rata siswa
kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan media papan hitung adalah sebesar
65,4688 termasuk dalam kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar
31,7609 termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai N-Gain Score kelas
eksperimen 37,50 minimum dan 100,00 maksimum, adapun nilai N-Gain Score
kelas kontrol 16,67 minimum dan 50,00 maksimum. Sehingga pembelajaran
matematika dengan penerapan media papan hitung cukup efektif dalam
meningkatkan kemampuan menghitung
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media papan hitung dalam meningkatkan kemampuan menghitung
satuan ukuran panjang siswa kelas IV MIN 1 Bone, maka dapat disimpulkan.
1. Kemampuan menghitung siswa kelas IV MIN 1 Bone sebelum
menggunakan media papan hitung dengan materi satuan ukuran panjang ,
kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 48,13, standar deviasi yaitu
sebesar 17,595 dan presentase ketuntasan 6% Adapun kemampuan
menghitung siswa kelas kontrol pembelajaran konvensioanl memiliki rata-
rata sebesar 42,50 dan standar deviasi sebesar 19,149 dan presentase
ketuntasan 6%.
2. Kemampuan menghitung siswa kelas IV MIN 1 Bone setelah
menggunakan media papan hitung dengan materi satuan ukuran panjang ,
kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 79,38 , standar deviasi
sebesar 15,262, dan persentase ketuntasan sebesar 63%. Adapun
kemampuan menghitung siswa kelas kontrol pembelajaran konvensioanl
memiliki rata-rata sebesar 60,63, standar deviasi sebesar 13,883, dan
persentase ketuntasan sebesar 31%.
3. Menggunakan media papan hitung efektif dalam kemampuan menghitung
siswa kelas IV A MIN 1 Bone pelajaran matematika pada materi satuan
ukuran Panjang yang berdasarkan pada uji Independet Sample T-Test
dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSS Versi 25 diperoleh sig
(2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
STAR20240203203/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

203/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top