Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC) Dalam Meningkatakan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
Siti Nurhaliza/862322020007 - Personal Name
Model pembelajaran di MI At-Thahiriyah Componge masih cenderung berfokus pada guru
Dan penyajian materinya hanya menyampaikan konsep-konsep materi yang ada pada buku,
kemampuan membaca siswa masih terbilang sangat rendah siswa belum mampu memahami
makna dari bacaan yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kemampuan
membaca cepat siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan model cooperative integrated
reading and composition ( CIRC) Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge. 2) Mengetahui
efektivitas model cooperative integrated reading and composition ( CIRC) dalam meningkatakan
kemampuan membaca cepat siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian pre-
eksperimental dengan bentuk one –group pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan Tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial untuk menguji
hipotesis melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 29.
Hasil penelitian ini menunjukkan, sebelum perlakuan ( pre-test) diperoleh rata-rata
kemampuan membaca cepat siswa 55 setelah perlakuan menggunakan model cooperative
integrated reading and composition ( CIRC) kemampuan membaca cepat siswa mengalami
peningkatan dengan rata-rata 80 maka dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan
membaca cepat siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Uji
efektivitas model dilakukan mengguanakan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai signifikansi 2-
tailed adalah 0,001 lebih kecil dari 0,05 ( sig. 2-tailed 0.001
Dan penyajian materinya hanya menyampaikan konsep-konsep materi yang ada pada buku,
kemampuan membaca siswa masih terbilang sangat rendah siswa belum mampu memahami
makna dari bacaan yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kemampuan
membaca cepat siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan model cooperative integrated
reading and composition ( CIRC) Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge. 2) Mengetahui
efektivitas model cooperative integrated reading and composition ( CIRC) dalam meningkatakan
kemampuan membaca cepat siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian pre-
eksperimental dengan bentuk one –group pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan Tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial untuk menguji
hipotesis melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 29.
Hasil penelitian ini menunjukkan, sebelum perlakuan ( pre-test) diperoleh rata-rata
kemampuan membaca cepat siswa 55 setelah perlakuan menggunakan model cooperative
integrated reading and composition ( CIRC) kemampuan membaca cepat siswa mengalami
peningkatan dengan rata-rata 80 maka dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan
membaca cepat siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Uji
efektivitas model dilakukan mengguanakan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai signifikansi 2-
tailed adalah 0,001 lebih kecil dari 0,05 ( sig. 2-tailed 0.001
Ketersediaan
| STAR20240320/2024 | 320/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
320/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
