Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media Kartu Soal Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Barebbo
Rosmawati/862082020035 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Kontribusi Penggunaan Metode
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media
Kartu Soal Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 2 Barebbo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pendidikan
Islam. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
dengan Menggunakan Media Kartu Soal Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Barebbo yaitu; 1) Terjadinya
interaksi anatara guru dan siswa sehingga siswa paham dengan metode TGT. 2)
Perhatian siswa yaitu siswa memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi.
3) Pengaruhnya pada proses pembelajaran dengan metode TGT dengan kartu soal
terdapat kemajuan pada proses pembelajaran. 4) Dapat membantu peserta didik
memahami materi dengan cara ikut berpartisifasi aktif dalam sebuah kelompok
untuk saling bekerja sama mengikuti permainan pembelajaran.Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media Kartu Soal Terhadap
Pemahaman Siswa
A. Kesimpulan
1. Dalam proses pembelajaran Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu soal
terhadap pemahaman siswa melalui langkah-langkah yang sesuai seperti,
menyiapkan media, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, memberi
arahan dalam aturan permainan.
2. Pembelajaran pendidikan agama islam terkait Penggunaan Metode
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan
media kartu soal terhadap pemahaman siswa memberikan kontribusi
kepada peserta didik sebagaimana hasil wawancara peneliti dengan peserta
didik. Secara umum pembelajaran ini dianggap mampu memberikan
kontribusi dengan peserta didik di buktikan dengan perubahan-perubahan,
seperti siswa mampu menjawab pertanyaan beupa kartu soal, semua siswa
ikut berkontribusi dalam menjawab pertanyaan sesuai dengan soal yang di
amanahkan kepada teman kelompoknya.
3. Faktor yang mempengaruhi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu soal
terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Barebbo, dilihat dari dua
faktor, yaitu faktor pendukung yang meliputi, penggunaan waktu yang
lebih banyak untuk permainan dan turnamen yang dapat memperdalam
pemahaman pengetahuan siswa, memotivasi siswa untuk terus belajar dan
memperoleh hasil yang lebih baik,. Sedangkan faktor penghambat Metode
belajar kooperatif tipe teams games tournament adalah, dapat
memperlambat pembelajaran ketika di kelas terdapat siswa yang banyak
sehingga kegiatan belajar justru kurang maksimal, memerlukan banyak
waktu untuk pengelompokkan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan
saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak kepala sekolah agar terus senantiasa mendukung guru
untuk melakukan pelatihan terkait dengan perencanaan media
pembelajaran, dan selalu memberikan apresiasi terhadap guru yang
telah melaksanakan metode pembelajaran.
2. Kepada guru mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Barebbo hendaknya
guru mampu konsisten memperhatikan metode pembelajaran yang tepat
untuk peserta didik agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran
dan mudah memahami materi dan senantiasa melaksanakan metode
pembelajaran yang bervariasi.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan
kontribusi di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
pendidikan informal.
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media
Kartu Soal Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 2 Barebbo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pendidikan
Islam. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
dengan Menggunakan Media Kartu Soal Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Barebbo yaitu; 1) Terjadinya
interaksi anatara guru dan siswa sehingga siswa paham dengan metode TGT. 2)
Perhatian siswa yaitu siswa memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi.
3) Pengaruhnya pada proses pembelajaran dengan metode TGT dengan kartu soal
terdapat kemajuan pada proses pembelajaran. 4) Dapat membantu peserta didik
memahami materi dengan cara ikut berpartisifasi aktif dalam sebuah kelompok
untuk saling bekerja sama mengikuti permainan pembelajaran.Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui Kontribusi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media Kartu Soal Terhadap
Pemahaman Siswa
A. Kesimpulan
1. Dalam proses pembelajaran Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu soal
terhadap pemahaman siswa melalui langkah-langkah yang sesuai seperti,
menyiapkan media, membagi siswa menjadi beberapa kelompok, memberi
arahan dalam aturan permainan.
2. Pembelajaran pendidikan agama islam terkait Penggunaan Metode
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan
media kartu soal terhadap pemahaman siswa memberikan kontribusi
kepada peserta didik sebagaimana hasil wawancara peneliti dengan peserta
didik. Secara umum pembelajaran ini dianggap mampu memberikan
kontribusi dengan peserta didik di buktikan dengan perubahan-perubahan,
seperti siswa mampu menjawab pertanyaan beupa kartu soal, semua siswa
ikut berkontribusi dalam menjawab pertanyaan sesuai dengan soal yang di
amanahkan kepada teman kelompoknya.
3. Faktor yang mempengaruhi Penggunaan Metode Pembelajaran Teams
Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kartu soal
terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Barebbo, dilihat dari dua
faktor, yaitu faktor pendukung yang meliputi, penggunaan waktu yang
lebih banyak untuk permainan dan turnamen yang dapat memperdalam
pemahaman pengetahuan siswa, memotivasi siswa untuk terus belajar dan
memperoleh hasil yang lebih baik,. Sedangkan faktor penghambat Metode
belajar kooperatif tipe teams games tournament adalah, dapat
memperlambat pembelajaran ketika di kelas terdapat siswa yang banyak
sehingga kegiatan belajar justru kurang maksimal, memerlukan banyak
waktu untuk pengelompokkan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan
saran. Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak kepala sekolah agar terus senantiasa mendukung guru
untuk melakukan pelatihan terkait dengan perencanaan media
pembelajaran, dan selalu memberikan apresiasi terhadap guru yang
telah melaksanakan metode pembelajaran.
2. Kepada guru mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Barebbo hendaknya
guru mampu konsisten memperhatikan metode pembelajaran yang tepat
untuk peserta didik agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran
dan mudah memahami materi dan senantiasa melaksanakan metode
pembelajaran yang bervariasi.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan
kontribusi di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun
pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20240273 | 273/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
273/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watamapone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
