Problematika Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin, Berani dan Setia pada Peserta Didik di Racana Al-Balad IAIN Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Problematika Penerapan Pendidikan
Karakter Disiplin, Berani dan Setia pada Peserta Didik di Racana Al-Balad IAIN
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui karakter disiplin, berani dan
setia peserta didik di Racana Al-Balad IAIN Bone, 2). mengetahui penerapan
pendidikan karakter disiplin, berani dan setia peserta didik di Racana Al-Balad
IAIN Bone, 3). mengetahui tantangan penerapan pendidikan karakter disiplin,
berani dan setia peserta didik di Racana Al-Balad IAIN Bone. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan
pendekatan pedagogis. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer yaitu
pembina dan peserta didik dan sumber data sekunder. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1). Karakter disiplin, berani dan setia peserta didik di
Racana Al-Balad IAIN Bone dapat dikatakan sudah baik, namun masih ada
beberapa peserta didik yang kurang disiplin, berani dan setia terhadap organisasi
atau tanggung jawabnya. 2). Penerapan pendidikan karakter disiplin, berani dan
setia pada peserta didik di Racana Al-Balad IAIN Bone dilakukan dengan cara
melakukan pembiasaan dan pembinaan terkait karakter disiplin, berani dan setia
pada peserta didik, memberikan teguran dan sanksi pada peserta didik yang tidak
disiplin dan melanggar aturan, memberikan kesempatan pada peserta didik
dalam menyampaikan pendapat pada saat rapat, memberikan tugas dan tanggung
jawab pada peserta didik sehingga mampu mengambil sebuah keputusan dan
menyelesaikan tanggung jawabnya, membangun emosional dan komunikasi
yang baik pada peserta didik agar mampu memiliki komitmen setia pada
organisasi dan berpartisipasi aktif pada kegiatan di racana. 3). Tantangan yang
dihadapi dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin, berani dan setia pada
peserta didik di Racana Al-Balad IAIN Bone yaitu masih terdapat beberapa
peserta didik yang kurang disiplin, kurang berani dalam menyampaikan
pendapatnya, masih ada peserta didik yang memiliki mental tidak berani
sehingga belum mampu mengambil sebuah keputusan, serta kurangnya
komitmen pada organisasi sehingga mempengaruhi penerapan pendidikan pada
peserta didik. Tantangan tersebut berasal dari dalam dan luar sehingga harus
bijak dalam menghadapi tantangan tersebut.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah
diuraikan di atas, maka penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari asil
penelitian yang telah dilaksanakan yaitu:
1. Karakter disiplin, berani dan setia peserta didik di Racana Al-Balad
IAIN Bone dapat dikatakan sudah baik, namun masih ada beberapa
peserta didik yang kurang disiplin terkait persoalan waktu, kerapian
dalam berpakaian dan kedisiplinan dalam menaati aturan. Kemudian
terkait keberanian, hampir semua peserta didik sudah memiliki karakter
tersebut, seperti berani menyampaikan pendapat pada saat rapat dan
keberanian dalam mengambil sebuah keputusan. Selanjutnya untuk
karakter setia peserta didik bisa dikatakan masih kurang, hanya
beberapa saja yang memiliki komitmen kuat untuk berpartisipasi penuh
pada kegiatan di racana. Begitu pula dengan kesetiaan terhadap
tanggung jawab yang diberikan, peserta didik masih belum mampu
maksimal dalam menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan
kepadanya.
2. Penerapan pendidikan karakter disiplin, berani dan setia pada peserta
didik di Racana Al-Balad IAIN Bone dilakukan dengan cara melakukan
pembiasaan dan pembinaan terkait karakter disiplin, berani dan setia
pada peserta didik, memberikan teguran dan sanksi pada peserta didik
yang tidak disiplin dan melanggar aturan, memberikan kesempatan pada
peserta didik dalam menyampaikan pendapat pada saat rapat,
memberikan tugas dan tanggung jawab pada peserta didik sehingga
mampu mengambil sebuah keputusan dan menyelesaikan tanggung
jawabnya, membangun emosional dan komunikasi yang baik pada
peserta didik agar mampu memiliki komitmen setia pada organisasi dan
berpartisipasi aktif pada kegiatan di racana.
3. Tantangan yang dihadapi dalam menerapkan pendidikan karakter
disiplin, berani dan setia pada peserta didik di Racana Al-Balad IAIN
Bone yaitu masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang disiplin,
kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya, masih ada peserta
didik yang memiliki mental tidak berani sehingga belum mampu
mengambil sebuah keputusan, serta kurangnya komitmen pada
organisasi sehingga mempengaruhi penerapan pendidikan pada peserta
didik. Tantangan tersebut berasal dari dalam dan luar sehingga harus
bijak dalam menghadapi tantangan tersebut.
B. Saran
1. Bagi kampus IAIN Bone, diharapkan dapat memberikan ruang dan
kesempatan lebih pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan
minatnya pada suatu organisasi. Senantiasa memberikan izin dan
dukungan terhadap organisasi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan
dan pengembangan skill pada peserta didik.
2. Bagi Racana Al-Balad, dengan adanya informasi terkait problematika
yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter disiplin, berani dan
setia pada peserta didik. Diharapkan adanya inovasi-inovasi dalam
melaksanakan penerapan pendidikan karakter, dengan melakukan
pendekatan yang lebih humanis, serta memanfaatkan kemajuan zaman
yang sekarang serba digital. Sehingga ke depan, Racana Al-Balad terus
melahirkan kader-kader peserta didik yang memiliki karakter yang baik,
seperti disiplin, berani dan setia.
3. Bagi peserta didik, diharapkan lebih meningkatkan kesadaran dalam hal
pendidikan karakter, sehingga timbul cerminan seorang anggota
pramuka yang dapat menjadi contoh teladan bagi sesamanya maupun
pada saat terjun di masyarakat. Senantiasa menempah diri dan terus
belajar, di tengah zaman yang semakin maju diperlukan prinsip dan
karakter diri sehingga tidak gampang terpengaruh dan terbawa ke arah
yang negatif.
Ketersediaan
STAR20240376376/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

376/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top