Efektivitas Media Al-Quran Digital Terhadap Kemampuan Membaca Quran Siswa di SMP Negeri 1 Amali
Achmad Fauzhan Hasnur/862082020048 - Personal Name
Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Media Al-Qur’an digital
terhadap kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan penggunaan media Al-Qur’an digital dan bagaimana pengaruh
penggunaan media Al-Qur’an digital terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa SMP Negeri 1 Amali.
Penelitian ini menggunakan jenis pendeketan penelitian kuantitatif dengan
metode penelitian pre-experimental tipe one group pre-test post-test yaitu
penelitian yang melibatkan satu kelompok subjek penelitian yang diberikan tes
sebelum (pretest) dan sesudah (postest).
Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media Al-
Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih rendah yakni
nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai maksimum 92 dan
setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau penilaian akhir yakni posttest
kemampuan siswa meningkat sebesar nilai rata-rata 71,20 median 70,00 nilai
minimum 54 dan nilai maksimum Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-
Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali. Terdapat peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali, hal
ini didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakann rumus T-Test dengan
menggunakan aplikasi SPSS 29, dan dari pengujian tersebut diperoleh Thitung =
3473 dengan signifikansi 5% dan df (24) sehingga diperoleh T tabel = 2,064
sehingga T hitung ≥ T tabel atau 3473 ≥ 2,064, atau Ho ditolak dan Hi diterima
yang berarti penggunaan media Al-Qur’an digital efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Amali.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sesuai dengan
pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya peneliti dapat
menyimpulkan bahwa
1. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media
Al-Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih
rendah yakni nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai
maksimum 92 dan setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau
penilaian akhir yakni posttest kemampuan siswa meningkat nilai rata-
rata menjadi 71,20, median 70,00 nilai minimum 54 dan nilai maksimum
94.
2. Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas
VIII A SMP Negeri 1 Amali. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan
menggunakann rumus T-Test dengan menggunakan aplikasi SPSS 29,
dan dari pengujian tersebut diperoleh
terhadap kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan penggunaan media Al-Qur’an digital dan bagaimana pengaruh
penggunaan media Al-Qur’an digital terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa SMP Negeri 1 Amali.
Penelitian ini menggunakan jenis pendeketan penelitian kuantitatif dengan
metode penelitian pre-experimental tipe one group pre-test post-test yaitu
penelitian yang melibatkan satu kelompok subjek penelitian yang diberikan tes
sebelum (pretest) dan sesudah (postest).
Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media Al-
Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih rendah yakni
nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai maksimum 92 dan
setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau penilaian akhir yakni posttest
kemampuan siswa meningkat sebesar nilai rata-rata 71,20 median 70,00 nilai
minimum 54 dan nilai maksimum Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-
Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali. Terdapat peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali, hal
ini didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakann rumus T-Test dengan
menggunakan aplikasi SPSS 29, dan dari pengujian tersebut diperoleh Thitung =
3473 dengan signifikansi 5% dan df (24) sehingga diperoleh T tabel = 2,064
sehingga T hitung ≥ T tabel atau 3473 ≥ 2,064, atau Ho ditolak dan Hi diterima
yang berarti penggunaan media Al-Qur’an digital efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Amali.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sesuai dengan
pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya peneliti dapat
menyimpulkan bahwa
1. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media
Al-Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih
rendah yakni nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai
maksimum 92 dan setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau
penilaian akhir yakni posttest kemampuan siswa meningkat nilai rata-
rata menjadi 71,20, median 70,00 nilai minimum 54 dan nilai maksimum
94.
2. Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas
VIII A SMP Negeri 1 Amali. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan
menggunakann rumus T-Test dengan menggunakan aplikasi SPSS 29,
dan dari pengujian tersebut diperoleh
Ketersediaan
| STAR20240353 | 353/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
353/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
