Efektivitas Media Al-Quran Digital Terhadap Kemampuan Membaca Quran Siswa di SMP Negeri 1 Amali

No image available for this title
Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Media Al-Qur’an digital
terhadap kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan penggunaan media Al-Qur’an digital dan bagaimana pengaruh
penggunaan media Al-Qur’an digital terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa SMP Negeri 1 Amali.
Penelitian ini menggunakan jenis pendeketan penelitian kuantitatif dengan
metode penelitian pre-experimental tipe one group pre-test post-test yaitu
penelitian yang melibatkan satu kelompok subjek penelitian yang diberikan tes
sebelum (pretest) dan sesudah (postest).
Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media Al-
Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih rendah yakni
nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai maksimum 92 dan
setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau penilaian akhir yakni posttest
kemampuan siswa meningkat sebesar nilai rata-rata 71,20 median 70,00 nilai
minimum 54 dan nilai maksimum Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-
Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali. Terdapat peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 Amali, hal
ini didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakann rumus T-Test dengan
menggunakan aplikasi SPSS 29, dan dari pengujian tersebut diperoleh Thitung =
3473 dengan signifikansi 5% dan df (24) sehingga diperoleh T tabel = 2,064
sehingga T hitung ≥ T tabel atau 3473 ≥ 2,064, atau Ho ditolak dan Hi diterima
yang berarti penggunaan media Al-Qur’an digital efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Amali.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, sesuai dengan
pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya peneliti dapat
menyimpulkan bahwa
1. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum diterapkannya media
Al-Qur’an digital atau pada saat peneliti melakukan pretest dinilai masih
rendah yakni nilai rata-rata 68,16, median 66,00, nilai minimum 44, nilai
maksimum 92 dan setelah diterapkannya media Al-Qur’an digital atau
penilaian akhir yakni posttest kemampuan siswa meningkat nilai rata-
rata menjadi 71,20, median 70,00 nilai minimum 54 dan nilai maksimum
94.
2. Terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas
VIII A SMP Negeri 1 Amali. Hal ini didasarkan pada uji hipotesis dengan
menggunakann rumus T-Test dengan menggunakan aplikasi SPSS 29,
dan dari pengujian tersebut diperoleh
Ketersediaan
STAR20240353353/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

353/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top