Efektivitas Media Kartu Bilangan dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Materi Bilangan Romawi di MI AlQur‟aniyah Nursyarifah Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu bilangan
efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi bilangan romawi kelas
IV di MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Eksperimen Design
menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design yang dilakukan di MI AlQur‟aniyah Nursyarifah Kabupaten Bone pada kelas IV dengan jumlah sampel 14
siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 13 siswa sebagai kelas kontrol.
kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Data analisis menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui Statiscal Package Social Science (SPSS) versi
22. untuk mengetahui hasil uji Independent Sampel T-Test, yaitu membandingkan
hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat diketahui jika nilai
signifkan (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara uji
efektivitas dilihat dari hasil rata-rata dari N-Gain kelas kontrol sebesar 26,1394
dengan kategori tidak efektif. sedangkan hasil rata-rata N-Gain dari kelas
eksperimen sebesar 56,2446 dengan kategori cukup efektif. maka penggunaan
media kartu bilangan dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan daya
ingat siswa pada materi bilangan romawi kelas IV di MI Al-Qur‟aniyah
Nursyarifah Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Media kartu bilangan efektif dalam meningkatkan Daya ingat siswa
pada materi bilangan romawi kelas IV di MI Al-Qur‟aniyah Nursyarifah
Kabupaten Bone. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji Independent Sampel
T-Test daya ingat siswa pada materi bilangan romawi diperoleh bahwa nilai
sig 2 (tailed) 0,002 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Dan di perkuat berdasarkan hasil rata-rata dari N-Gain kelas kontrol
sebesar 26,1394 dengan kategori tidak efektif. sedangkan hasil rata-rata NGain dari kelas eksperimen sebesar 56,2446 dengan kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini,
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi guru hendaknya dapat menerapkan media kartu bilangan dalam
proses belajar mengajar di sekolah untuk meningkatkan daya ingat
siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan romawi.
2. Pihak sekolah hendaknya memberikan kesempatan, motivasi, sarana
dan prasarana bagi guru yang akan melakukan inovasi dan kreasi
dalam pembelajaran.
3. Praktisi Pendidikan atau peneliti lain dapat menggunakan penelitian
ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain
dengan media pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh
berbagai alternative inovasi media pembelajara
Ketersediaan
STAR20240184184/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

184/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top