Efektivitas Media Papan Tempel Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn MI Attahiriyah Componge
Safira/862322020035 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui keaktifan belajar siswa
sebelum dan setelah diberikan perlakuan media papan tempel mata pelajaran
PPKn MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. 2) mengetahui efektivitas
media papan tempel dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran
PPKn MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
meggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental
dengan bentuk one-group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa MI At- Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan
analisis data statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan, sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh
rata-rata keaktifan belajar siswa 42,00 setelah perlakuan media papan tempel
keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 77,10 maka dapat
dikatakan terdapat peningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran PPKn
Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Uji efektivitas
media dilakukan menggunakan uji paired sample t-test, diperoleh nilai
signifikansi 2-tailed adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 (sig. 2-tailed 0,000 < 0,05)
maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Jadi disimpulkan bahwa media papan tempel
efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran PPKn MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang yang dilakukan oleh peneliti tentang
keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media papan tempel pada
pelajaran PPKn kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone, maka peneliti dapat menyimpulkan:
1. Tingkat keaktifan belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone sebelum menggunakan media papan tempel, menunjukkan
data hasil pre-test skor terendah dengan nilai 32, untuk skor pre-
test tertinggi dengan nilai 48, untuk nilai rata-rata pre-test siswa
yaitu 42, sedangkan setelah menggunakan media papan tempel,
menunjukkan hasil post-test skor terendah dengan nilai 65, untuk
skor post-test tertinggi dengan nilai 84, untuk nilai rata-rata post-
test siswa yaitu 77,10, jadi dapat disimpulkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas IV pada post-test mengalami peningkatan.
2. Media papan tempel efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
At-Thahiriyah Componge. Berdasarkan uji paired sample t-test
dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22 diperoleh sig. 2-tailed
0,000 < 0,05 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat peneliti nyatakan beberapa
saran, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran
papan tempel sebagai alternatif pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
2. Diharapkan kepada siswa, agar fokus dalam pembelajaran agar
dapat memahami pembelajaran dengan media papan tempel
sehingga dapat meningkatkan keaktifan pelajaran PPKn siswa.
Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang
media pembelajaran papan tempel, tentunya dari sudut pandang yang
berbeda. Hal ini agar dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam
bidang pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
sebelum dan setelah diberikan perlakuan media papan tempel mata pelajaran
PPKn MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. 2) mengetahui efektivitas
media papan tempel dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran
PPKn MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan
meggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental
dengan bentuk one-group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa MI At- Thahiriyah Componge. Sampel dalam penelitian ini
yaitu kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Penarikan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan
angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dan
analisis data statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan, sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh
rata-rata keaktifan belajar siswa 42,00 setelah perlakuan media papan tempel
keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 77,10 maka dapat
dikatakan terdapat peningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran PPKn
Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone. Uji efektivitas
media dilakukan menggunakan uji paired sample t-test, diperoleh nilai
signifikansi 2-tailed adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 (sig. 2-tailed 0,000 < 0,05)
maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Jadi disimpulkan bahwa media papan tempel
efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran PPKn MI At-
Thahiriyah Componge Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang yang dilakukan oleh peneliti tentang
keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media papan tempel pada
pelajaran PPKn kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Thahiriyah
Componge Kabupaten Bone, maka peneliti dapat menyimpulkan:
1. Tingkat keaktifan belajar siswa pada pelajaran PPKn kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Thahiriyah Componge Kabupaten
Bone sebelum menggunakan media papan tempel, menunjukkan
data hasil pre-test skor terendah dengan nilai 32, untuk skor pre-
test tertinggi dengan nilai 48, untuk nilai rata-rata pre-test siswa
yaitu 42, sedangkan setelah menggunakan media papan tempel,
menunjukkan hasil post-test skor terendah dengan nilai 65, untuk
skor post-test tertinggi dengan nilai 84, untuk nilai rata-rata post-
test siswa yaitu 77,10, jadi dapat disimpulkan bahwa nilai yang
diperoleh siswa kelas IV pada post-test mengalami peningkatan.
2. Media papan tempel efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar
siswa mata pelajaran PPKn kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
At-Thahiriyah Componge. Berdasarkan uji paired sample t-test
dengan menggunakan bantuan SPSS versi 22 diperoleh sig. 2-tailed
0,000 < 0,05 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat peneliti nyatakan beberapa
saran, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru, agar menjadikan media pembelajaran
papan tempel sebagai alternatif pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran untuk membantu siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
2. Diharapkan kepada siswa, agar fokus dalam pembelajaran agar
dapat memahami pembelajaran dengan media papan tempel
sehingga dapat meningkatkan keaktifan pelajaran PPKn siswa.
Kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut tentang
media pembelajaran papan tempel, tentunya dari sudut pandang yang
berbeda. Hal ini agar dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam
bidang pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20240355 | 355/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
355/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
