Implementasi Strategi Pembelajaran Inquiri Menggali Pikiran Ingin Tahu terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Palakka

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai implementasi strategi pembelajaran inquiri
menggali pikiran ingin tahu terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
PAI di SMP Negeri 3 Palakka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
implementasi strategi pembelajaran inquiri menggali pikiran ingin tahu terhadap
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Palakka serta
faktor pendukung dan penghambat dari implementasi strategi pembelajaran
tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan
pendidikan agama Islam. Adapun pengumpulan data dianalisis menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan cara:
reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi strategi pembelajaran
inquiri menggali pikiran ingin tahu pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3
Palakka yaitu 1) Menyusun pertanyaan; 2) Menganjurkan siswa menjawab sesuai
dengan pemahaman yang berhubungan dengan materi yang dipelajari; 3)
Menampung terlebih dahulu jawaban siswa yang menjawab dan mempersilahkan
siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan; 4) Menggunakan
pertanyaan sebagai jembatan untuk menghubungkan materi pelajaran. Namun
dengan menerapkan langkah-langkah tersebut siswa masih saja kurang aktif dalam
pembelajaran yang ditandai dengan siswa kurang aktif dalam bertanya dan
menyampaikan pendapatnya. Kedua, faktor pendukung strategi pembelajaran
inquiri menggali pikiran ingin tahu terhadap keaktifan belajar siswa yaitu
keterlibatan guru, sarana dan prasarana, serta minat dan motivasi siswa dalam
belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh dari guru yang sering
tidak menerapkan langkah pertama dari strategi tersebut yaitu menyusun
pertanyaan, serta pengaruh dari kondisi siswa seperti kurang berminat dan
termotivasi serta takut mengungkapkan pendapatnya, selanjutnya yaitu gangguan
lingkungan seperti gangguan di dalam dan diluar kelas.
A. Kesimpulan
1. Langkah-langkah implementasi strategi pembelajaran inquiri menggali
pikiran ingin tahu yang di SMP Negeri 3 Palakka. 1) Menyusun pertanyaan;
2) Menganjurkan siswa menjawab sesuai dengan pemahamannya terkait
materi yang sedang dipelajari; 3) Menampung terlebih dahulu jawaban
siswa yang menjawab dan mempersilahkan siswa lain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diberikan; 4) Menggunakan pertanyaan tersebut
sebagai jembatan untuk menghubungkan materi pelajaran. Namun langkahlangkah yang diterapkan belum sesuai dengan teori strategi pembelajaran
menggali pikiran ingin tahu itu sendiri sebab kenyataannya dilapangan guru
PAI di SMP Negeri 3 Palakka sering tidak menerapkan langkah pertama
dari strategi pembelajaran tersebut yaitu “Menyusun pertanyaan”, sehingga
hal tersebut bisa berdampak pada kurangnya keaktifan belajar siswa. Jadi,
dalam implementasi strategi pembelajaran inquiri menggali pikiran ingin
tahu memiliki kesenjangan antara teori dengan kenyataan yang terjadi
dilapangan mengenai penerapan strategi pembelajaran menggali pikiran
ingin tahu.
2. Faktor pendukung implementasi startegi pembelajaran inquiri menggali
pikiran ingin tahu pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Palakka: 1)
Keterlibatan guru dalam proses pembelajaran seperti: memahami materi
atau topik yang diajarkan, inovatif dan kreatif dalam menyajikan materi
pembelajaran, terbuka terhadap ide-ide baru, mendukung dan mendorong
siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran; 2) Sarana dan
prasarana yang memadai seperti kursi dan meja yang nyaman, pencahayaan
yang cukup, sistem ventilasi yang baik, dan lain sebagainya; 3) Faktor dari
siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi, dan lain
sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari alokasi waktu
yang kurang, gangguan lingkungan seperti kebisingan yang menyebabkan
siswa kurang konsentratsi dalam belajar, dan faktor penghambat dari siswa
sendiri seperti siswa merasa grogi, takut salah, kurang berani dalam
bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.
B. Saran
Penulis menyarankan hal-hal berikut kepada pihak-pihak yang terlibat
berdasarkan hasil penelitian ini adalah:
1. Guru diharapkan menerapkan strategi pembelajaran dengan berpedoman
dengan teori yang menjadi dasar dari strategi inquiri menggali pikiran
ingin tahu.
2. Guru diharapkan merencanakan dan mempertimbangkan secara cermat
dalam mengalokasikan waktu dalam mengfasilitasi strategi pembelajaran
menggali pikiran ingin tahu agar sebagian besar siswa terlibat secara aktif
dalam proses pembelajaran. Seperti pekan pertama mempersilahkan 3
orang siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan kemudian pekan
selanjutnya mempersilahkan lagi siswa yang lain untuk menjawab dan
mengungkapkan pendapatmya agar diharapkan dalam satu kelas siswa
setiap siswa dapat berpartisipasi aktif proses pembelajaran pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Palakka
3. Guru diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
dengan mengatur tata letak kursi yang awalnya pola kursi berbaris
kebelakang menjadi pola kursi berbentuk U. Dengan menata kursi
berbentuk pola U guru dapat mengawasi dan melihat dengan jelas siswasiswa yang sering bercerita dan bermain pada saat proses pembelajaran
berlangsung sehingga guru dapat menegur langsung siswa yang kurang
memperhatikan penjelasan dari guru.
Ketersediaan
STAR20240219219/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

219/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top