Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palakka
Irma Silpiana/862082020111 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran
Peer Lesson dengan menggunakan metode Mind Mapping terhadap motivasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
2 Palakka. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendidikan agama
Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan strategi
pembelelajaran peer lesson dengan menggunakan metode mind mapping terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 2 Palakka yaitu, dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) sesuai dengan silabus, menyiapkan strategi pembelajaran yang relavan dan
inspiratif serta menyiapkan metode pembelajaran yang interaktif. Kedua
kekurangan
dan
kelebihan
strategi
pembelajaran
peer
lesson
dengan
menggunakan metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 palakka, adapun
kekurangannya yaitu adanya ketergantungan pada kemampuan perkelompok,
kesenjangan kontribusi, rasa tidak nyaman, keterbatasan kreativitas, keterbatasan
waktu, dan ketidak sesuaian gaya belajar. Dan adapun kelebihannya yaitu
meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif, meningkatkan kemampuan
komunikasi dan kerjasama, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan
kreatif, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan retensi informasi, serta
mempermudah rasa kepemilikan dan penguasaan materi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang peneliti lakukan, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai
berikut:
1. Adapun beberapa cara yang dilakukan guru pendidikan agama Islam
dalam penerapan strategi peer lesson dengan menggunakan metode mind
mapping:
a.
Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan
silabus
b. Menyiapkan strategi pembelajaran yang relavan dan inspiratif
c.
Menyiapkan metode pembelajaran yang interaktif
2. Kekurangan strategi pembelajaran peer lesson dengan menggunakan
metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP
Negeri 2 Palakka yaitu adanya ketergantungan pada kemampuan
perkelompok, kesenjangan kontribusi, rasa tidak nyaman, keterbatasan
kreativitas, keterbatasan waktu, dan ketidak sesuaian gaya belajar.
Sedangkan kelebihannya yaitu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi
aktif,
meningkatkan
kemampuan
komunikasi
dan
kerjasama,
mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, meningkatkan
rasa percaya diri, meningkatkan retensi informasi, serta mempermudah
rasa kepemilikan dan penguasaan materi.
B. Saran
1. Kepada kepala Sekolah SMP Negeri 2 palakka hendaknya lebih
memperhatiakan kebutuhan pembelajaran sehingga dapat mengatasi
permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat penerapan strategi
peer lesson dengan metode mind mapping pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
2. Kepada guru PAI agar tetap mempertahankan strategi dan metode
pembelajrannya agar siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar.
3. Kepada siswa, agar lebih meningkatkan motivasi dan semangat dalam
proses pembelajaran sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Peer Lesson dengan menggunakan metode Mind Mapping terhadap motivasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
2 Palakka. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendidikan agama
Islam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan strategi
pembelelajaran peer lesson dengan menggunakan metode mind mapping terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 2 Palakka yaitu, dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) sesuai dengan silabus, menyiapkan strategi pembelajaran yang relavan dan
inspiratif serta menyiapkan metode pembelajaran yang interaktif. Kedua
kekurangan
dan
kelebihan
strategi
pembelajaran
peer
lesson
dengan
menggunakan metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 palakka, adapun
kekurangannya yaitu adanya ketergantungan pada kemampuan perkelompok,
kesenjangan kontribusi, rasa tidak nyaman, keterbatasan kreativitas, keterbatasan
waktu, dan ketidak sesuaian gaya belajar. Dan adapun kelebihannya yaitu
meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif, meningkatkan kemampuan
komunikasi dan kerjasama, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan
kreatif, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan retensi informasi, serta
mempermudah rasa kepemilikan dan penguasaan materi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan
yang peneliti lakukan, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai
berikut:
1. Adapun beberapa cara yang dilakukan guru pendidikan agama Islam
dalam penerapan strategi peer lesson dengan menggunakan metode mind
mapping:
a.
Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan
silabus
b. Menyiapkan strategi pembelajaran yang relavan dan inspiratif
c.
Menyiapkan metode pembelajaran yang interaktif
2. Kekurangan strategi pembelajaran peer lesson dengan menggunakan
metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP
Negeri 2 Palakka yaitu adanya ketergantungan pada kemampuan
perkelompok, kesenjangan kontribusi, rasa tidak nyaman, keterbatasan
kreativitas, keterbatasan waktu, dan ketidak sesuaian gaya belajar.
Sedangkan kelebihannya yaitu meningkatkan keterlibatan dan partisipasi
aktif,
meningkatkan
kemampuan
komunikasi
dan
kerjasama,
mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, meningkatkan
rasa percaya diri, meningkatkan retensi informasi, serta mempermudah
rasa kepemilikan dan penguasaan materi.
B. Saran
1. Kepada kepala Sekolah SMP Negeri 2 palakka hendaknya lebih
memperhatiakan kebutuhan pembelajaran sehingga dapat mengatasi
permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat penerapan strategi
peer lesson dengan metode mind mapping pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
2. Kepada guru PAI agar tetap mempertahankan strategi dan metode
pembelajrannya agar siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar.
3. Kepada siswa, agar lebih meningkatkan motivasi dan semangat dalam
proses pembelajaran sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.
Ketersediaan
| STAR20240272 | 272/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
272/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
