Peranan Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik di SMP Negeri 1 Amali
Lisnayanti/02.13.3039 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik di SMP Negeri 1 Amali”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Peranan Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik di SMP Negeri 1 Amali.rnrnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan metode deduktif dan metode induktif.rnrnBerdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Amali itu tidak terlepas dari peranan kepala sekolah sebagai manajer yaitu 1) seluruh kegiatan sekolah yang sudah ditetapkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran diadakan rapat koordinasi dengan guru mata pelajaran kemudian dijelaskan tugas dan tanggung jawabnya. 2) menempatkan pendidik sesuai dengan kualifikasinya. 3) memberikan motivasi kepada pendidik dan penghargaan kepada pendidik yang berprestasi. 4) dan mengevaluasi pendidik agar dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya serta melakukan tindak lanjut sebagai bahan acuan untuk kegiatan berikutnya. Dan tenaga pendidik yang berkualitas, hal ini dapat dilihat dari kualitas tenaga pendidik yang meliputi, 1) dapat memahami karakter peserta didik secara mendalam dengan melakukan pendekatan kepada peserta didik. 2) tenaga pendidik wajib menguasai struktur keilmuan matapelajaran yang akan diajarkan dan memahami kurikulum dan silabus RPP matapelajaran. 3) dalam pembelajaran tenaga pendidik menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik. 4) tenaga pendidik harus mempunyai kepribadian yang mantap dan stabil, arif dan berwibawa dalam proses pembelajaran agar peserta didik dan lingkungan guru tetap dihormati selaku pendidik.rn Simpulanrn1.Peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik, dilihat dari beberapa peranan kepala sekolah sebagai manajer meliputi, 1) seluruh kegiatan sekolah yang sudah ditetapkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran diadakan rapat koordinasi dengan guru mata pelajaran kemudian dijelaskan tugas dan tanggung jawabnya. 2) menempatkan pendidik sesuai dengan kualifikasinya. 3) memberikan motivasi kepada pendidik dan penghargaan kepada pendidik yang berprestasi. 4) mengevalusi pendidik agar dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan serta melakukan tindak lanjut sebagai bahan acuan untuk kegiatan berikutnya.rn2.Kualitas tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Amali, hal ini dapat dilihat dari kualitas tenaga pendidik yang meliputi, 1) dapat memahami karakter peserta didik secara mendalam dengan melakukan pendekatan kepada peserta didik serta merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada silabus dan perangkat pembelajaran. 2) tenaga pendidik wajib menguasai struktur keilmuan matapelajaran yang akan diajarkan dan memahami kurikulum dan silabus RPP matapelajaran. 3) dalam pembelajaran tenaga pendidik menggunakan bahasa yang mudah dipahami peserta didik. 4) tenaga pendidik harus mempunyai kepribadian yang mantap dan stabil, arif dan berwibawa dalam proses pembelajaran agar peserta didik dan lingkungan guru tetap dihormati selaku pendidik.rn3.Peranan kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Amali, hal ini dapat dilihat kepala sekolah sebagai manajer dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik yaitu 1) melaksanakan rapat koordinasi dengan pendidik dan menjelaskan tugas dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan proses pembelajaran. 2) memberikan motivasi kepada pendidik. 3) kepala sekolah dapat bekerjasama antara guru dan siswa. 4) kepala sekolah dapat meningkatkan sarana belajar mengajar agar pendidik sangat mudah melaksanakan proses pembelajaran.rnB. Implikasi rn1.Kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan kerja sama yang baik supaya tujuan yang ingin dicapai bisa berjalan dengan lancar.rn2.Bagi pemerintah kabupaten bone yang menangani masalah rekrutmen tenaga pengajar, disarankan agar dalam mengangkat tenaga pengajar hendaknya meperhatikan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing calon pendidik. Karena hal ini membantu dalam pencapaian tujuan Pendidikan Nasional.rn3.Untuk Peserta didik, agar selalu meningkatkan semangat belajarnya guna pencapaian prestasi belajar demi tercapainya cita-cita yang di inginkan supaya ilmu yang anda peroleh bisa bermanfaat untuk kedepannya. rnrnrnrn
Ketersediaan
| ST20170062 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
