Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMPN 1 Palakka Kab. Bone
Rahmadania/862082020015 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi media pembelajaran
berbasis video animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas viii di
smpn 1 palakka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pokok masalah yang
dirumuskan pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi media
pembelajaran berbasis video animasi di SMPN 1 Palakka. Kedua, apa faktor
pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran berbasis video
animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Palakka.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu pendidik di SMPN 1 Palakka. Adapun pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data
dianalisis (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan).
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi dengan penggunaan dan
penerapan media pembelajaran dapat memberikan dampak yang baik pada
kualitas pembelajara. Perencanaan dalam implementasi media pembelajaran
melibatkan beberapan langkah strategis, diantaranya: 1. Penentuan tema, 2.
Menyiapkan bahan, 3. Menyiapkan media. Sedangkan pelaksanaan dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi diantaranya: 1. Sebagai
media pembelajaran, dan 2. Sebagai alat penjelasan konsep. Kedua, faktor
pendukung berasal dari kemudahan akses dan ketersediaan perangkat teknologi,
sedangkan penghambat media implementasi media pembelajaran berbasis video
animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam itu sendiri berasal dari
jaringan internet yang kurang memadai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di SMPN 1 Palakka, maka
dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Implementasi media pembelajaran berbasis video animasi di SMPN 1
Palakka adalah yang dilakukan oleh guru telah melaksanakan perannya
dengan baik dalam artian guru sudah menyiapkan materi sebelum adanya
pembelajaran dalam kelas yang sesuai dengan modul pembelajaran guru,
serta dengan adanya media yang digunakan oleh guru sangat membantu
dalam hal semangat mereka dalam belajar apalagi dengan adanya media
yang berbasis video animasi.
Dengan demikian, media pembelajaran berbasis video animasi dapat
menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan
memperkaya pengalaman belajar mereka.
2. Faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran
berbasis video animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMPN 1 Palakka adalah:
a) Adapun faktor yang mendukung guru pendidikan agama islam dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas
VIII di antaranya: Faktor ini melibatkan beberapa aspek. Seperti,
kemudahan akses dan ketersediaan perangkat teknologi yang
memadai, seperti komputer dan proyektor, sangat mendukung
pemanfaatan video animasi dalam pembelajaran. Faktor pendukung
dari implementasi media pembelajaran berbasis video animasi dapat
datang dari berbagai sumber yang berkontribusi secara signifikan
terhadap keberhasilan penerapannya.
b) Adapun faktor yang menghambat guru pendidikan agama islam dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas
VIII di antaranya:
1. Jaringan internet yang lambat dan tidak stabil seringkali
menyebabkan video animasi tidak dapat diputar dengan baik, sehingga
mengganggu proses penyampaian materi. Masalah ini menjadi lebih
signifikan dalam konteks Pendidikan Agama Islam, di mana
penggunaan video animasi dapat sangat membantu dalam menjelaskan
konsep-konsep yang kompleks dan mendalam. Ketidakmampuan
untuk mengakses atau memutar video dengan lancar menghambat
guru dalam menggunakan media ini secara efektif, yang pada
gilirannya mempengaruhi kualitas pembelajaran dan pemahaman
siswa terhadap materi yang diajarkan.
B. Saran
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dengan ini menambahkan keterangan yang memuat saran-saran dari peneliti
yang diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yang menjadi tempat
penelitian, terkhusus di SMPN1 Palakka dan tentunya bagi pihak-pihak yang
terkait, yakni sebagai berikut.
1. Bagi Sekolah
Diharapkan Kepala Sekolah lebih memperhatikan tingkat profesionalisme
guru dalam melakukan proses mengajar di dalam kelas serta melengkapi
fasilitas di sekolah sebagai penunjang materi agar mempermudah
pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Palakka,
diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar siswa dengan
menggunakan metode atau media pembelajaran yang lebih bervariasi serta
menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa seperti media
belajar yang mampu menunjang pemahaman siswa.
berbasis video animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas viii di
smpn 1 palakka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pokok masalah yang
dirumuskan pada penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi media
pembelajaran berbasis video animasi di SMPN 1 Palakka. Kedua, apa faktor
pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran berbasis video
animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Palakka.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu pendidik di SMPN 1 Palakka. Adapun pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data
dianalisis (reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan).
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi dengan penggunaan dan
penerapan media pembelajaran dapat memberikan dampak yang baik pada
kualitas pembelajara. Perencanaan dalam implementasi media pembelajaran
melibatkan beberapan langkah strategis, diantaranya: 1. Penentuan tema, 2.
Menyiapkan bahan, 3. Menyiapkan media. Sedangkan pelaksanaan dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi diantaranya: 1. Sebagai
media pembelajaran, dan 2. Sebagai alat penjelasan konsep. Kedua, faktor
pendukung berasal dari kemudahan akses dan ketersediaan perangkat teknologi,
sedangkan penghambat media implementasi media pembelajaran berbasis video
animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam itu sendiri berasal dari
jaringan internet yang kurang memadai.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di SMPN 1 Palakka, maka
dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Implementasi media pembelajaran berbasis video animasi di SMPN 1
Palakka adalah yang dilakukan oleh guru telah melaksanakan perannya
dengan baik dalam artian guru sudah menyiapkan materi sebelum adanya
pembelajaran dalam kelas yang sesuai dengan modul pembelajaran guru,
serta dengan adanya media yang digunakan oleh guru sangat membantu
dalam hal semangat mereka dalam belajar apalagi dengan adanya media
yang berbasis video animasi.
Dengan demikian, media pembelajaran berbasis video animasi dapat
menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan
memperkaya pengalaman belajar mereka.
2. Faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran
berbasis video animasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di
SMPN 1 Palakka adalah:
a) Adapun faktor yang mendukung guru pendidikan agama islam dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas
VIII di antaranya: Faktor ini melibatkan beberapa aspek. Seperti,
kemudahan akses dan ketersediaan perangkat teknologi yang
memadai, seperti komputer dan proyektor, sangat mendukung
pemanfaatan video animasi dalam pembelajaran. Faktor pendukung
dari implementasi media pembelajaran berbasis video animasi dapat
datang dari berbagai sumber yang berkontribusi secara signifikan
terhadap keberhasilan penerapannya.
b) Adapun faktor yang menghambat guru pendidikan agama islam dalam
implementasi media pembelajaran berbasis video animasi pada kelas
VIII di antaranya:
1. Jaringan internet yang lambat dan tidak stabil seringkali
menyebabkan video animasi tidak dapat diputar dengan baik, sehingga
mengganggu proses penyampaian materi. Masalah ini menjadi lebih
signifikan dalam konteks Pendidikan Agama Islam, di mana
penggunaan video animasi dapat sangat membantu dalam menjelaskan
konsep-konsep yang kompleks dan mendalam. Ketidakmampuan
untuk mengakses atau memutar video dengan lancar menghambat
guru dalam menggunakan media ini secara efektif, yang pada
gilirannya mempengaruhi kualitas pembelajaran dan pemahaman
siswa terhadap materi yang diajarkan.
B. Saran
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dengan ini menambahkan keterangan yang memuat saran-saran dari peneliti
yang diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yang menjadi tempat
penelitian, terkhusus di SMPN1 Palakka dan tentunya bagi pihak-pihak yang
terkait, yakni sebagai berikut.
1. Bagi Sekolah
Diharapkan Kepala Sekolah lebih memperhatikan tingkat profesionalisme
guru dalam melakukan proses mengajar di dalam kelas serta melengkapi
fasilitas di sekolah sebagai penunjang materi agar mempermudah
pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Palakka,
diharapkan mampu mengatasi kesulitan belajar siswa dengan
menggunakan metode atau media pembelajaran yang lebih bervariasi serta
menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa seperti media
belajar yang mampu menunjang pemahaman siswa.
Ketersediaan
| STAR20240351 | 351/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
351/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
