Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI Watang Cenrana

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru Mata Pelajaran Akidah
Akhlak dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Siswa Madrasah Tsanawiyah
DDI Watang Cenrana. Bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Akidah
Akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa, untuk mengetahui karakter
disiplin siswa dan peran guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk
karakter disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah DDI Watang Cenrana. Data
diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil
penelitian di Madrasah Tsanawiyah DDI Watang Cenrana terdapat beberapa
bentuk kedisiplinan diantaranya disiplin tata tertib sekolah, dalam disiplin tata
tertib sekolah seluruh rangkaian kegiatan yang ada disekolah merupakan
kewajiban peserta didik. Disiplin tepat waktu adalah selalu berusaha untuk hadir
atau menyelesaikan tugas pada waktu yang telah di tentukan. Disiplin dalam
bersikap adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dan bertindak sesuai
dengan nilai-nilai yang diyakini, ini berarti bersikap sopan dan bertanggung jawab
dan memilki prinsip moral dalam segala situasi. Dimana dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik, guru Akidah Akhlak memiliki peran antara lain, guru
Akidah sebagai pengajar melalui mata pelajaran Akidah Akhlak yang membahas
mengenai mengimani Allah SWT dan membentuk perilaku peserta didik yang
berakhlak mulia, sehingga menjadikan peserta didik yang beriman dan bertakwa
kepada Allah SWT. Guru sebagai teladan yang baik dimana siswa cenderung
meniru perilaku dan sikap guru mereka baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu dengan
memberikan contoh dan menjadi pribadi yang baik, dan siswa merasa nyaman
terhadap pembawaan yang diberikan sehingga hal ini mempermudah guru tersebut
menerapkan nilai-nilai karakter disiplin. Guru memberikan motivasi bahwa guru
kepada siswa yaitu dengan memberikan nasehat kepada peserta didik dengan
lemah lembut, dan memberikan dorongan kepada siswa untuk senantiasa disiplin
dalam melakukan sesuatu baik masuk kelas dengan tepat waktu dan tidak
melanggar tata tertib sekolah
A. Kesimpulan
Setelah penelitian dilakukan dengan berbagai pengumpulan data dan
analisis data yang dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yang di ajukan
dalam penelitian yang berjudul “Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Dalam Membentuk Karakter Bagian Disiplin Pada Siswa Madrasah
Tsanawiyah DDI atang Cenrana” maka dapat di tarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Karakter disiplin diharapkan dapat mendidik anak untuk berperilaku sesuai
dengan norma-norma dan peraturan yang ditetapkan oleh kelompok sosial.
Istilah kedisiplinan memiliki makna yang beragam diantaranya yaitu
penertiban dan pengawasan diri, penyesuaian diri terhadap aturan,
kepatuhan terhadap perintah pimpinan, penyusuaian diri terhadap norma-
norma kemasyarakatan dan lain-lain. Disiplin adalah kepatuhan seseorang
dalam mengikuti peraturan atau tata tertib didorong oleh adanya kesadaran
yang ada pada kata hatinya. Disiplin dapat diartikan sebagai sesuatu hal
yang mendorong untuk harus melakukan perbuatan yang sesuai dengan
aturan-aturan yang telah ada. Adapun disiplin tata tertib sekolah, berupa
seluruh rangkaian kegiatan yang ada di sekolah untuk dijalankan sesuai
dengan aspeknya yaitu melaksanakan tata tertib di sekolah, para peserta
dibantu dorongan oleh para guru untuk konsisten menjalankanya sehingga
hal tersebut menjadi sangat terbiasa dilakukan oleh para siswa.
53
2. Peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu
dengan memberikan contoh dan menjadi pribadi yang baik, seperti
senantiasa datang tepat waktu dan bertutur kata yang baik sehingga siswa
merasa nyaman terhadap pembawaan yang diberikan, hal ini
mempermudah guru tersebut menerapkan nilai nilai karakter disiplin.
Selain menjadi suri teladan bagi siswa guru juga memberi motivasi untuk
senantiasa disiplin, guru dalam memberikan motivasi kepada siswa yaitu
dengan memberikan nasehat kepada peserta didik dengan lemah lembut,
dan memberikan dorongan kepada siswa untuk senantiasa disiplin dalam
melakukan sesuatu baik masuk kelas dengan tepat waktu dan tidak
melanggar tata tertib sekolah. Guru akidah akhlak senantiasa memberikan
evaluasi kepada siswa dalam membentuk karakter disiplin siswa. Melalui
mata pelajaran Akidah akhlak yang membahas mengenai tentang
mengimani Allah SWT dan membentuk perilaku peserta didik yang
berakhlak mulia, sehingga menjadikan peserta didik yang beriman dan
bertakwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran,
keteladanan dan pembiasaan. Guru melakukan pembiasaan kepada peserta
didik, dengan adanya pembiasaan seperti dibiasakan membaca doa terlebih
dahulu sebelum belajar, memakai pakaian yang rapi dan bertanggung
jawab ketika pengumpulan tugas tepat waktu, dan membuang sampah
pada tempatnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Dalam Membentuk Karakter Bagian Disiplin Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah
DDI Watang Cenrana, penulis memberikan beberapa saran yang dapat
membentuk karakter disiplin, sebagai berikut:
1. Kepada Guru Akidah Akhlak
Peran guru dalam membentuk karakter disiplin siswa dapat
membuahkan hasil yang baik, sehingga diharapkan strategi tersebut
tetap terus di terapkan di sekolah untuk menunjang terbentuknya
karakter disiplin siswa.
2. Kepada Siswa
Siswa diharapkan untuk dapat disiplin, baik didalam kelas maupun
diluar pembelajaran agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang
aman.
3. Kepada Peneliti
Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat menambah
wawasan dan dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian terkait
dengan Peran Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk
Karakter Bagian Disiplin Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah DDI
Watang Cenrana.
Ketersediaan
STAR20250001616/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

16/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Disiplin

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top