Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 4 Tellu Siattinge Kab. Bone
Sapna/862082020012 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Penerapan Media Audio Visual
Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge” Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan media audio
visual animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 4 Tellu Siattinge. Metode penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian exsperimen
dengan desain quasi eksperimental Nonequivalen Control Group Desain.
Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data
angket, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian diolah dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 23. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media terhadap motivasi yang
di buktikan dengan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi juga
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil analisis data statistik
infrensial diperoleh, thitung > ttabel (3,932 > 0,4227). Dan nilai signifikasi lebih kecil
dari pada taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat diputuskan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil belajar siswa kelas VII dengan
materi meneladani nama dan sifat Allah untuk kebaikan hidup sebelum dan setelah
pembelajaran
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1. Pengaruh media audio visual animais terhadap motivasi belajar siswa
Berdasarkan hasil analisis data terhadap lembar angket yang telah
peneliti bagikan pada kelas VII di SMPN 4 tellu sittinge, menujukkan
bahwa tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio
visual animasi berada dalam kategori tinggi. Motivasi belajar siswa di
kelas kontrol (yang tidak menggunakan media audio visual animasi)
memiliki skor rata-rata (mean) sebesar 57,2727 Skor tersebut termasuk
pada kategori motivasi rendah jika dibandingkan dengan rata-rata(mean)
kelas eksperimen. Adapun motivasi belajar siswa kelas eksperimen (yang
menggunakan media audio visual animasi) memiliki skor rerata (mean)
sebesar 89,9091. Skor tersebut termasuk pada kategori sangat tinggi jika
dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol.
2. Pengaruh media audio visual animais terhadap motivasi belajar siswa
Berdasarkan data hasil penelitian di SMPN 4 Tellu Siattinge,
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media audio visual
animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Kelas VII. Hal ini dapat terlihat dari perhitungan uji
independen t tes menggunakan SPSS diperoleh hasil, thitung > ttabel (3,932
> 0,4227). nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan video audio visual animasi terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di
SMPN 4 Tellu Siattinge
B. Saran
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan media audio visual animasi terhadap motivasi dan
hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Media audio visual animasi sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran
karena dapat membuat siswa lebih termotivasi dan hasil belajar siswa
meninggkat sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan
media audio visual animasi, harus memiliki pengetahuan dan persiapan
yang baik sehingga hasil yang di dapat juga sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan media audio visual
animasi, sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu apakah siswa yang
dijadikan subjek penelitian cocok dengan model pembelajaran tersebut.
Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge” Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan media audio
visual animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 4 Tellu Siattinge. Metode penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian exsperimen
dengan desain quasi eksperimental Nonequivalen Control Group Desain.
Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data
angket, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian diolah dengan
menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 23. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media terhadap motivasi yang
di buktikan dengan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi juga
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil analisis data statistik
infrensial diperoleh, thitung > ttabel (3,932 > 0,4227). Dan nilai signifikasi lebih kecil
dari pada taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Sehingga dapat diputuskan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil belajar siswa kelas VII dengan
materi meneladani nama dan sifat Allah untuk kebaikan hidup sebelum dan setelah
pembelajaran
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut :
1. Pengaruh media audio visual animais terhadap motivasi belajar siswa
Berdasarkan hasil analisis data terhadap lembar angket yang telah
peneliti bagikan pada kelas VII di SMPN 4 tellu sittinge, menujukkan
bahwa tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio
visual animasi berada dalam kategori tinggi. Motivasi belajar siswa di
kelas kontrol (yang tidak menggunakan media audio visual animasi)
memiliki skor rata-rata (mean) sebesar 57,2727 Skor tersebut termasuk
pada kategori motivasi rendah jika dibandingkan dengan rata-rata(mean)
kelas eksperimen. Adapun motivasi belajar siswa kelas eksperimen (yang
menggunakan media audio visual animasi) memiliki skor rerata (mean)
sebesar 89,9091. Skor tersebut termasuk pada kategori sangat tinggi jika
dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol.
2. Pengaruh media audio visual animais terhadap motivasi belajar siswa
Berdasarkan data hasil penelitian di SMPN 4 Tellu Siattinge,
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media audio visual
animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Kelas VII. Hal ini dapat terlihat dari perhitungan uji
independen t tes menggunakan SPSS diperoleh hasil, thitung > ttabel (3,932
> 0,4227). nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan video audio visual animasi terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di
SMPN 4 Tellu Siattinge
B. Saran
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan media audio visual animasi terhadap motivasi dan
hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Media audio visual animasi sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran
karena dapat membuat siswa lebih termotivasi dan hasil belajar siswa
meninggkat sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan
media audio visual animasi, harus memiliki pengetahuan dan persiapan
yang baik sehingga hasil yang di dapat juga sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan media audio visual
animasi, sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu apakah siswa yang
dijadikan subjek penelitian cocok dengan model pembelajaran tersebut.
Ketersediaan
| STAR20240262 | 262/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
