Efektivitas Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Al-Nur Patangnga

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs AlNur Patangnga 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa setelah penerapan model
pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs AlNur Patangnga 3). Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Card Sort
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs
Al-Nur Patangnga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data
diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial
(menghitung signifikansi dengan uji t dan menghitung effect size), kemudian dianalisis
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 25. Hasil penelitian sebagai
berikut: Pertama, pelaksanaan model pembelajaran Card Sort dilakukan dengan
cara memberikan materi terlebih dahulu, Kemudian setiap siswa diberikan kartu
secara acak yang berisi materi telah diajarkan, Pelaksanaan siswa mencari
temannya di ruang kelas yang memilki kartu dengan kategori sama, kemudian
siswa dengan kartu kategori sama menyajikannya, setelah itu masing-masing
kategori mempresentasikan. Kedua, hasil minat belajar siswa pada pelajaran
akidah akhlak setelah diterapkan model pembelajaran Card Sort ada peningkatan
jika dibandingkan dengan hasil pre-test sebelum diberikan perlakuan dengan
standar deviasi yang diperoleh sebesar 12.727992. Ketiga efektivitas model
pembelajaran Card Sort terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah
akhlak.
Hasil uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai t dapat
disimpulkan bahwa thitung > ttabel, 3.219 > 0.576. Maka artinya Ha diterima dan H0
ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah
diterapkan model pembelajaran Card Sort. Oleh karena itu, model pembelajaran
Card Sort efektif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.
A. Kesimpulan
1. Penerapan Model Pembelajaran card sort dilakukan dengan cara
memberikan materi terlebih dahulu kemudian membagikan kartu secara
acak kepada setiap siswa, lalu siswa mencari temannya di ruang kelas dan
menemukan siswa yang memilki kartu dengan kategori yang sama,
kemudian menyajikan kartu kategorinya kepada siswa yang lain, masingmasing siswa mempresentasikan, selanjutnya membuat beberapa poin
mengajar yang dianggap penting.
2. Hasil minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII
Mts Al-Nur Patangga sebelum diterapkan model pembelajaran card sort
masih perlu ditingkatkan lagi. Bedasarkan hasil post-test pembelajaran
akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Al-Nur Patangnga setelah diterapkan
model pembelajaran card sort ada peningkatan jika dibandingkan dengan
hasil pre test sebelum diterapkan model pembelajaran card sort. Selain itu
berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan oleh peneliti
menggunakan rumus uji effect size skor yang diperoleh sebesar 1,386 yang
menunjukan bahwa hasil yang diperoleh lebih besar dari 0,8, hal ini
menunjukkan bahwa Interpretasi Effect Size nilai yang lebih besar daripada
0,8 artinya masuk dalam kategori besar. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran card sort efektif terhadap minat belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Nur Patangnga.
3. Dari hasil uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa berdasarkan
kriteria analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel,
3.219 > 2.576. Maka artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan
model pembelajaran card sort. Oleh karena itu, model pembelajaran card
sort efektif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah
Akhlak kelas VIII di MTs Al-Nur Patangnga.
B. Saran
Peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru akidah akhlak agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
model pembelajaran card sort agar pembelajaran akidah akhlak lebih
berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru akidah akhak kelas VIII MTs Al-Nur Patangnga
agar selalu menggunakan model pembelajaran card sort yang sesuai
dengan materi yang diberikan sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran card sort
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media
yang baik sehingga pembelajaran dapat lebih berkualitas.
Ketersediaan
STAR20240231231/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

231/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top