Peran Manajemen Laboratorium Komputer Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di SMKN 4 Bone
Uswatun Khasanah/ 862312020092 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen laboratorium komputer
terhadap kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk
mengetahui manajemen laboratorium komputer di SMKN 4 Bone, 2) Untuk
mengetahui kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone, 3) Untuk mengetahui
peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas pembelajaran siswa di
SMKN 4 Bone. Jenis peneliian yang digunakan dalam panelitian ini yaitu data
kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen dan sosiologis.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen
laboratorium komputer di SMKN 4 Bone meliputi pemeliharaan perangkat keras
dan perangkat lunak, penjadwalan teratur, dan dukungan teknis oleh tim siswa. 2)
Kualitas pembelajaran di SMKN 4 Bone menunjukkan bahwa lingkungan belajar
yang mendukung, penggunaan metode pembelajaran yang relevan seperti project-
Based-Learning dan pembelajaran kooperatif, serta penyesuaian materi dengan
kebutuhan siswa. 3) Peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas
pembelajaran siswa memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan
pembelajaran yang kondusif dan efektif. Dengan pemeliharaan perangkat yang
berkala, penjadwalan yang teratur, dan pengelolaan yang baik, laboratorium
komputer dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa, terutama untuk jurusan
TKJ. Guru juga menerapkan metode pembelajaran aktif dan berbasis teknologi,
yang mendukung siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam. Dengan
fasilitas yang memadai dan pengelolaan yang baik, laboratorium komputer
berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
tersebut.
A. Kesimpulan
1. Manajemen laboratorium komputer di SMKN 4 Bone meliputi
pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak, penjadwalan teratur,
dan dukungan teknis oleh tim siswa. Laboratorium dijaga agar bersih,
nyaman, dan aman, mendukung pembelajaran yang efektif dan akses yang
merata bagi siswa jurusan TKJ.
2. Kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone menunjukkan bahwa
lingkungan belajar yang mendukung, penggunaan metode pembelajaran
yang relevan seperti Project-Based Learning dan pembelajaran kooperatif,
serta penyesuaian materi dengan kebutuhan siswa, mampu meningkatkan
pemahaman dan keterlibatan mereka. Umpan balik yang diberikan secara
teratur juga membantu siswa dalam memahami pencapaian mereka dan
mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, sehingga menciptakan
pengalaman belajar yang lebih efektif dan bermakna.
3. Peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas pembelajaran
siswa di SMKN 4 Bone memiliki peran penting dalam menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Dengan pemeliharaan
perangkat yang berkala, penjadwalan yang teratur, dan pengelolaan yang
baik, laboratorium komputer dapat dimanfaatkan secara optimal oleh
siswa, terutama untuk jurusan TKJ. Guru juga menerapkan metode
pembelajaran aktif dan berbasis teknologi, yang mendukung siswa dalam
memahami materi secara lebih mendalam. Dengan fasilitas yang memadai
dan pengelolaan yang baik, laboratorium komputer berkontribusi
signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.
B. Saran
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan
kekeliruan dalam penelitian skripsi ini. Namu dengan adanya karya ilmiah
ini, mengharap dapat memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan
berkarya. Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai Peran manajemen laboratorium komputer
terhadap kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone .
terhadap kualitas pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk
mengetahui manajemen laboratorium komputer di SMKN 4 Bone, 2) Untuk
mengetahui kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone, 3) Untuk mengetahui
peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas pembelajaran siswa di
SMKN 4 Bone. Jenis peneliian yang digunakan dalam panelitian ini yaitu data
kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen dan sosiologis.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen
laboratorium komputer di SMKN 4 Bone meliputi pemeliharaan perangkat keras
dan perangkat lunak, penjadwalan teratur, dan dukungan teknis oleh tim siswa. 2)
Kualitas pembelajaran di SMKN 4 Bone menunjukkan bahwa lingkungan belajar
yang mendukung, penggunaan metode pembelajaran yang relevan seperti project-
Based-Learning dan pembelajaran kooperatif, serta penyesuaian materi dengan
kebutuhan siswa. 3) Peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas
pembelajaran siswa memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan
pembelajaran yang kondusif dan efektif. Dengan pemeliharaan perangkat yang
berkala, penjadwalan yang teratur, dan pengelolaan yang baik, laboratorium
komputer dapat dimanfaatkan secara optimal oleh siswa, terutama untuk jurusan
TKJ. Guru juga menerapkan metode pembelajaran aktif dan berbasis teknologi,
yang mendukung siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam. Dengan
fasilitas yang memadai dan pengelolaan yang baik, laboratorium komputer
berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah
tersebut.
A. Kesimpulan
1. Manajemen laboratorium komputer di SMKN 4 Bone meliputi
pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak, penjadwalan teratur,
dan dukungan teknis oleh tim siswa. Laboratorium dijaga agar bersih,
nyaman, dan aman, mendukung pembelajaran yang efektif dan akses yang
merata bagi siswa jurusan TKJ.
2. Kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone menunjukkan bahwa
lingkungan belajar yang mendukung, penggunaan metode pembelajaran
yang relevan seperti Project-Based Learning dan pembelajaran kooperatif,
serta penyesuaian materi dengan kebutuhan siswa, mampu meningkatkan
pemahaman dan keterlibatan mereka. Umpan balik yang diberikan secara
teratur juga membantu siswa dalam memahami pencapaian mereka dan
mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, sehingga menciptakan
pengalaman belajar yang lebih efektif dan bermakna.
3. Peran manajemen laboratorium komputer terhadap kualitas pembelajaran
siswa di SMKN 4 Bone memiliki peran penting dalam menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Dengan pemeliharaan
perangkat yang berkala, penjadwalan yang teratur, dan pengelolaan yang
baik, laboratorium komputer dapat dimanfaatkan secara optimal oleh
siswa, terutama untuk jurusan TKJ. Guru juga menerapkan metode
pembelajaran aktif dan berbasis teknologi, yang mendukung siswa dalam
memahami materi secara lebih mendalam. Dengan fasilitas yang memadai
dan pengelolaan yang baik, laboratorium komputer berkontribusi
signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.
B. Saran
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan
kekeliruan dalam penelitian skripsi ini. Namu dengan adanya karya ilmiah
ini, mengharap dapat memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan
berkarya. Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai Peran manajemen laboratorium komputer
terhadap kualitas pembelajaran siswa di SMKN 4 Bone .
Ketersediaan
| STAR2025035 | 35/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
35/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
