Pengaruh Media Kotak Pintar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MIN 7 Bon
Amelia/862322020005 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk; Mengetahui hasil penerapan media kotak
pintar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas III MIN 7
Bone . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode Quasi Eksperimental Design menggunakan pretest-posttest
Nonequivalent Control Group Design. Pendekatan penelitian yang digunakan
yaitu pendekatan pedagogik. Jumlah sampel 18 siswa sebagai kelas eksperimen
dan 18 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui aplikasi Microsoft Word dan
Statistical Package Sosial Science (SPSS) versi 22.
Adapun hasil penelitian, sebelum dan setelah diterapkannya media kotak
pintar pada kelas III MIN 7 Bone mengalami peningkatan, dapat dibuktikan
dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 46,88 dan nilai
rata-rata pretest pada kelas kontrol mencapai 55,9. Sedangkan nilai rata-rata untuk
posttest kelas eksperimen mencapai 81,25 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol
65,28 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran
matematika di kelas III yaitu 70. Berdasarkan uji independent sample t-test nilai
signifikansi two-tailed yaitu 0,000 yang berarti lebih kecil dari
pintar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas III MIN 7
Bone . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode Quasi Eksperimental Design menggunakan pretest-posttest
Nonequivalent Control Group Design. Pendekatan penelitian yang digunakan
yaitu pendekatan pedagogik. Jumlah sampel 18 siswa sebagai kelas eksperimen
dan 18 siswa sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui aplikasi Microsoft Word dan
Statistical Package Sosial Science (SPSS) versi 22.
Adapun hasil penelitian, sebelum dan setelah diterapkannya media kotak
pintar pada kelas III MIN 7 Bone mengalami peningkatan, dapat dibuktikan
dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 46,88 dan nilai
rata-rata pretest pada kelas kontrol mencapai 55,9. Sedangkan nilai rata-rata untuk
posttest kelas eksperimen mencapai 81,25 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol
65,28 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran
matematika di kelas III yaitu 70. Berdasarkan uji independent sample t-test nilai
signifikansi two-tailed yaitu 0,000 yang berarti lebih kecil dari
Ketersediaan
| STAR20240358 | 358/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
358/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
