Efektivitas Media Miniatur Rumah Dalam Meningkatkan Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah
Asnayana/862322020028 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui daya serap siswa
sebelum penggunaan media miniatur rumah pada mata pelajaran IPA kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah. 2) Untuk mengetahui daya serap
siswa setelah penggunaan media miniatur rumah pada mata pelajaran IPA kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah. 3) Untuk mengetahui efektivitas
media miniatur rumah dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran
IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah.
Jenis penelitian yang akan digunakan penulis pada penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode penelitian True Experimental Design dengan
bentuk Pretest-Posttes Control Group Design dengan jumlah sampel kelas
eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 44 siswa. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, teknik penggunaan data
menggunakan yakni tes, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan
penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji Independen
Sample T-Test, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,
sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 71.67, diperoleh nilai T hitung
sebesar 3.992 dan T tabel yang diperoleh adalah 2.018 dan maka dapat dikatakan
T hitung > T tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest
pada kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini juga melakukan uji kriteria
keefektifan media pembelajaran menggunakan uji N-Gain Score dengan perolehan
nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56% termasuk kategori cukup efektif.
Dengan demikian penelitian menyatakan bahwa berdasarkan tabel kriteria
keefektifan media miniatur rumah cukup efektif dalam meningkatkan daya serap
siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul
Hikmah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media miniatur rumah dalam menigkatkan daya serap siswa pada
Pembelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul
Hikmah, maka dapat di simpulkan:
1. Daya serap siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV-
B Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah sebelum (pretest)
menggunakan media miniatur rumah yaitu diperoleh nilai rata-rata 60.5,
standar deviasi 14.31 dan persentase ketuntasan 15%. Sedangkan nilai
kelas kontrol sebelum (Pretets) pembelajaran konvensional, memiliki
nilai rata-rata 65.83, standar deviasi 12.82 dan persentase ketuntasan
29%.
2. Daya serap siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV-
B Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah setelah (posttest)
menggunakan media miniatur rumah yaitu diperoleh nilai rata-rata 82,
standar deviasi 12.81 dan persentase ketuntasan 80%. Sedangkan nilai
kelas kontrol setelah (Posttest) pembelajaran konvensional, memiliki
nilai rata-rata 71.67, standar deviasi 14.93 dan persentase ketuntasan
38%.
3. Media miniatur rumah cukup efektif dalam meningkatkan daya serap
siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta
(MIS) Darul Hikma. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji
Independen Sample T-Test, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai
rata-rata setelah (posttest) menggunakan media miniatur rumah sebesar
82, sedangkan nilai rata-rata setelah (posttest) pembelajaran
konvensional siswa kelas kontrol sebesar 71.67, kemudian diperoleh
nilai T hitung sebesar 3.992 dan T tabel yang diperoleh adalah 2.018, maka
dapat dikatakan T hitung > T tabel yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol .
Penelitian ini juga melakukan uji kriteria keefektivan untuk memperkuat
hasil uji Independen Sample T-Test menggunakan uji N-Gain Score,
dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56% termasuk
kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan
temuan yang diperoleh selama proses pelaksaan penelitian, maka peneliti
memberikan saran yang bertujuan agar pelaksaan penelitian selanjutnya
yang serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran-
saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Disarankan untuk dapat mengajar dengan menerapkan media miniatur
rumah dalam meningkatkan daya serap siswa.
2. Hendaknya memperkenalkan media pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa dapat mengeksplor kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensional.
3. Peneliti selanjutnya yang akan menjadikan acuan dalam melaksanakan
penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti akan melahirkan satu
tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
sebelum penggunaan media miniatur rumah pada mata pelajaran IPA kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah. 2) Untuk mengetahui daya serap
siswa setelah penggunaan media miniatur rumah pada mata pelajaran IPA kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah. 3) Untuk mengetahui efektivitas
media miniatur rumah dalam meningkatkan daya serap siswa pada mata pelajaran
IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah.
Jenis penelitian yang akan digunakan penulis pada penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode penelitian True Experimental Design dengan
bentuk Pretest-Posttes Control Group Design dengan jumlah sampel kelas
eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 44 siswa. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, teknik penggunaan data
menggunakan yakni tes, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan
penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji Independen
Sample T-Test, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,
sedangkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 71.67, diperoleh nilai T hitung
sebesar 3.992 dan T tabel yang diperoleh adalah 2.018 dan maka dapat dikatakan
T hitung > T tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest
pada kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini juga melakukan uji kriteria
keefektifan media pembelajaran menggunakan uji N-Gain Score dengan perolehan
nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56% termasuk kategori cukup efektif.
Dengan demikian penelitian menyatakan bahwa berdasarkan tabel kriteria
keefektifan media miniatur rumah cukup efektif dalam meningkatkan daya serap
siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul
Hikmah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media miniatur rumah dalam menigkatkan daya serap siswa pada
Pembelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul
Hikmah, maka dapat di simpulkan:
1. Daya serap siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV-
B Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah sebelum (pretest)
menggunakan media miniatur rumah yaitu diperoleh nilai rata-rata 60.5,
standar deviasi 14.31 dan persentase ketuntasan 15%. Sedangkan nilai
kelas kontrol sebelum (Pretets) pembelajaran konvensional, memiliki
nilai rata-rata 65.83, standar deviasi 12.82 dan persentase ketuntasan
29%.
2. Daya serap siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV-
B Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Hikmah setelah (posttest)
menggunakan media miniatur rumah yaitu diperoleh nilai rata-rata 82,
standar deviasi 12.81 dan persentase ketuntasan 80%. Sedangkan nilai
kelas kontrol setelah (Posttest) pembelajaran konvensional, memiliki
nilai rata-rata 71.67, standar deviasi 14.93 dan persentase ketuntasan
38%.
3. Media miniatur rumah cukup efektif dalam meningkatkan daya serap
siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta
(MIS) Darul Hikma. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji
Independen Sample T-Test, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai
rata-rata setelah (posttest) menggunakan media miniatur rumah sebesar
82, sedangkan nilai rata-rata setelah (posttest) pembelajaran
konvensional siswa kelas kontrol sebesar 71.67, kemudian diperoleh
nilai T hitung sebesar 3.992 dan T tabel yang diperoleh adalah 2.018, maka
dapat dikatakan T hitung > T tabel yang berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol .
Penelitian ini juga melakukan uji kriteria keefektivan untuk memperkuat
hasil uji Independen Sample T-Test menggunakan uji N-Gain Score,
dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56% termasuk
kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan
temuan yang diperoleh selama proses pelaksaan penelitian, maka peneliti
memberikan saran yang bertujuan agar pelaksaan penelitian selanjutnya
yang serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran-
saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Disarankan untuk dapat mengajar dengan menerapkan media miniatur
rumah dalam meningkatkan daya serap siswa.
2. Hendaknya memperkenalkan media pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa dapat mengeksplor kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensional.
3. Peneliti selanjutnya yang akan menjadikan acuan dalam melaksanakan
penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti akan melahirkan satu
tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
Ketersediaan
| STAR20240035 | 35/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
35/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
