Pengaruh Media Slipboard terhadap Kemampuan Berhitung Campuran Siswa MI Syamsu Rasyidi Majang
Nurkhafiva/862322020019 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan berhitung
campuran siswa MI Syamsu Rasyidi Majang sebelum menggunakan media
slipboard. 2) Mengetahui kemampuan berhitung campuran siswa MI Syamsu
Rasyidi Majang setelah menggunakan media slipboard. 3)Mengetahui adakah
pengaruh media slipboard terhadap kemampuan berhitung campuran siswa MI
Syamsu Rasyidi Majang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design
menggunakan Nonequivalent control group design yang dilakukan di MI Syamsu
Rasyidi Majang pada kelas IV dengan jumlah sampel 25 siswa sebagai kelas
eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedadogik. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) versi 29.
Sebelum dan setelah diterapkannya media slipboard di kelas IV di MI Syamsu
Rasyidi Majang mengalami peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas eksperimen mencapai 52 dan kelas kontrol mencapai 50,
sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai 78 dan kelas
kontrol mencapai 65 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada
pembelajaran matematika di kelas IV mencapai 70. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test nilai signifikansinya yaitu 0,002 yang berarti lebih
kecil dari α yaitu < 0,05 (0,002
campuran siswa MI Syamsu Rasyidi Majang sebelum menggunakan media
slipboard. 2) Mengetahui kemampuan berhitung campuran siswa MI Syamsu
Rasyidi Majang setelah menggunakan media slipboard. 3)Mengetahui adakah
pengaruh media slipboard terhadap kemampuan berhitung campuran siswa MI
Syamsu Rasyidi Majang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design
menggunakan Nonequivalent control group design yang dilakukan di MI Syamsu
Rasyidi Majang pada kelas IV dengan jumlah sampel 25 siswa sebagai kelas
eksperimen dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedadogik. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) versi 29.
Sebelum dan setelah diterapkannya media slipboard di kelas IV di MI Syamsu
Rasyidi Majang mengalami peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas eksperimen mencapai 52 dan kelas kontrol mencapai 50,
sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai 78 dan kelas
kontrol mencapai 65 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada
pembelajaran matematika di kelas IV mencapai 70. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test nilai signifikansinya yaitu 0,002 yang berarti lebih
kecil dari α yaitu < 0,05 (0,002
Ketersediaan
| STAR20240129 | 129/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
129/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
