Penerapan Media Gambar dalam Mengembangkan Menulis Teks Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ancu Kec. Kajuara Kab. Bone
A. Reni Anggraeni/02.14.5027 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran
Media Gambar dalam hal mengembangkan keterampilan menulis teks narasi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif dengan alur dengan pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun fokus
penelitian terdiri dari media pembelajaran media gambar dalam mengembangkan
keterampilan menulis teks narasi siswa. Subjek penelitian yang terdiri dari
guru\wali kelas VI dan siswa kelas VI yang berjumlah 12 siswa yang terdiri 6
siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif.
Hasil analisis data setelah diterapkan media gambar untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut di atas, penulis menggunakan metode yang bersifat
lapangan yakni pengumpulan data dengan datang secara langsung kelokasi
penelitian dan metode Library Research yakni pengumpulan data dari berbagai
macam literatur, danbuku yang berkaitandenganjudulskripsi.
Bertujuanuntukmemperoleh data primer dan data skunder yang diperoleh melalui
teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Bentuk penerapan penyajian Media Gambar yang digunakan dalam
mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa adalah hal utama yang
harus diketahui yaitu pengertian media gambar yang merupakan alat bantu pada
proses pembelajaran di kelas yang digunakan oleh guru untuk memudahkan siswa
dalam memahami pembelajaran yang berlangsung. Kelebihan dalam penerapan
media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mampu mengembangkan
kata-kata atau cerita dalam gambar dan mampu mendorong untuk
mengembangkan keterampilan menulis.
Konstribusi Media gambar dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi
Siswa yaitu dengan adanya media gambar maka siswa lebih mudah
mengembangkan keterampilan menulis teks narasi siswa Karen adapat dilihat
secara langsung seperi poster atau foto dengan keberadaan media dalam proses
pembelajaran dapat membantu tercapainya keberhasilan di dalam pembelajaran
karena media juga salah satu alat bantu yang digunakan oleh pendidik sehingga
siswa juga lebih muda mengerti mengenai pembelajaran yang disampaikan oleh
seorang pendidik.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai Penerapan Media Gambar dalam Mengembangkan Menulis Teks
Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ancu Kec. Kajuara Kab. Bone dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Bentuk penerapan penyajian Media Gambar yang digunakan dalam
mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa menulis teks narasi siswa
karena dapat dilihat secara langsung seperi poster atau foto.
2. konstribusi Media gambar dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis
Narasi Siswa yaitu dengan adanya media gambar maka siswa lebih mudah
mengembangkan keterampilan
B. Saran
Adapun saran peneliti yaitu sebaiknya Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ancu
Kec. Kajuara Kab. Bone dapat menerapkan penggunaan media gambar pada proses
pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami sehingga dapat mengembagkan
keterampilan menulis teks narasi.
Media Gambar dalam hal mengembangkan keterampilan menulis teks narasi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif dengan alur dengan pelaksanaan observasi dan refleksi. Adapun fokus
penelitian terdiri dari media pembelajaran media gambar dalam mengembangkan
keterampilan menulis teks narasi siswa. Subjek penelitian yang terdiri dari
guru\wali kelas VI dan siswa kelas VI yang berjumlah 12 siswa yang terdiri 6
siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. teknik pengumpulan data menggunakan
observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif.
Hasil analisis data setelah diterapkan media gambar untuk memudahkan
pemecahan masalah tersebut di atas, penulis menggunakan metode yang bersifat
lapangan yakni pengumpulan data dengan datang secara langsung kelokasi
penelitian dan metode Library Research yakni pengumpulan data dari berbagai
macam literatur, danbuku yang berkaitandenganjudulskripsi.
Bertujuanuntukmemperoleh data primer dan data skunder yang diperoleh melalui
teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi,
kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan deduktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk
diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Bentuk penerapan penyajian Media Gambar yang digunakan dalam
mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa adalah hal utama yang
harus diketahui yaitu pengertian media gambar yang merupakan alat bantu pada
proses pembelajaran di kelas yang digunakan oleh guru untuk memudahkan siswa
dalam memahami pembelajaran yang berlangsung. Kelebihan dalam penerapan
media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mampu mengembangkan
kata-kata atau cerita dalam gambar dan mampu mendorong untuk
mengembangkan keterampilan menulis.
Konstribusi Media gambar dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi
Siswa yaitu dengan adanya media gambar maka siswa lebih mudah
mengembangkan keterampilan menulis teks narasi siswa Karen adapat dilihat
secara langsung seperi poster atau foto dengan keberadaan media dalam proses
pembelajaran dapat membantu tercapainya keberhasilan di dalam pembelajaran
karena media juga salah satu alat bantu yang digunakan oleh pendidik sehingga
siswa juga lebih muda mengerti mengenai pembelajaran yang disampaikan oleh
seorang pendidik.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai Penerapan Media Gambar dalam Mengembangkan Menulis Teks
Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ancu Kec. Kajuara Kab. Bone dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Bentuk penerapan penyajian Media Gambar yang digunakan dalam
mengembangkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa menulis teks narasi siswa
karena dapat dilihat secara langsung seperi poster atau foto.
2. konstribusi Media gambar dalam Mengembangkan Keterampilan Menulis
Narasi Siswa yaitu dengan adanya media gambar maka siswa lebih mudah
mengembangkan keterampilan
B. Saran
Adapun saran peneliti yaitu sebaiknya Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ancu
Kec. Kajuara Kab. Bone dapat menerapkan penggunaan media gambar pada proses
pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami sehingga dapat mengembagkan
keterampilan menulis teks narasi.
Ketersediaan
| STAR20180352 | 352/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
352/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
