Upaya Guru Dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Metode Drill Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MAN 1 Bone

No image available for this title
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas X di MAN 1 Bone. Kedua, Bagaimana upaya guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa melalui metode drill pada mata pelajaran akidah
akhlak kelas X di MAN 1 Bone.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone. Adapun pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, faktor penyebab siswa mengalami
kesulitan belajar pada mata pelajaran akidah akhlak disebabkan oleh faktor
internal maupun faktor eksternal, dimana factor internal mencakup faktor
konsentrasi, faktor percaya diri, faktor kebiasaan belajar siswa, faktor kesehatan,
faktor kurangnya penjelasan yang diberikan oleh guru, dan faktor banyaknya
hapalan ayat dan hadits. Kemudian untuk faktor eksternalnya yang menjadi
pemicu adalah faktor lingkungan baik itu faktor dari keluarga, sekolah dan
masyarakat. Jadi, faktor eksternal ini merupakan kerjasama antara orangtua dan
guru untuk bisa memberikan stimulus-stimulus pada siswa agar terciptanya
suasana belajar yang nyaman dan menghambat terjadinya kesulitan belajar siswa.
Kedua, upaya guru dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa melalui metode
drill yang memiliki beberapa teknik sebagai bentuk memudahkan siswa dalam
mengikuti pembelajaran yakni, teknik inquiry (kerja kelompok), teknik belajar
mandiri, dan teknik discovery (penemuan). Selain penggunaan metode drill, guru
juga menerapkan dan menyusun penggunaan RPP dengan berpedoman pada K13,
memberikan praktik-praktik, menciptkan suasana belajar, menggunakan media
visual, dan meringkas pembelajaran. Dengan berbagai upaya yang dilakukan guru,
kesulitan belajar siswa bisa teratasi dengan baik
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di Madrasah Aliyah Negeri
1 Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Faktor-Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar pada mata
pelajaran akidah akhlak disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.
A. Faktor internal
Faktor ini berasal dari siswa itu sendiri, dalam hal ini sikap siswa dalam belajar
dan konsentrasi siswa dimana, pembelajaran akidah akhlak ini berada pada siang
hari sehingga menyebabkan ketidakfokusan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Kemudian untuk faktor percaya diri siswa, mereka merasa kurang percaya diri
terhadap kemampuan yang mereka miliki. Faktor kesehatan, juga merupakan
faktor yang bisa menjadi pemicu siswa mengalami kesulitan dalam belajar.
Kesehatan itu penting terlebih lagi bagi seorang peserta didik, karena apabila
kesehatannya terganggu dia akan merasa kesulitan memahami materi ajar.
Selanjutnya yaitu kebiasaan belajar siswa. Dimana, aktivitas belajar siswa yang
dilakukan secara teratur maka akan mengatasi kesulitan belajar siswa karena,
kebiasaanya yaitu belajar atau mengulang-ulang materi. Faktor kesulitan
selanjutnya berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu siswa kelas X.5 yaitu
guru kurang dalam menjelaskan materi. Sehingga siswa merasa kesulitan
memahami materi ajar. Faktor lainnya yaitu, banyaknya hapalan ayat dan hadist.
Hal ini juga bisa menjadi alasan siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya
dikarenakan banyaknya hapalan ayat dan hadits.
B. Faktor Eksternal
1. Lingkungan keluarga
faktor lingkungan keluarga sangat berpengaruh dalam kesulitan belajar siswa.
Kemampuan siswa berbeda-beda yang mana tentunya itu sangat membutuhkan
komunikasi yang baik dengan keluarganya. Terciptanya komunikasi yang baik,
akan membantu siswa mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi, karena usaha
saja belum tentu menyelesaikan masalah, tapi usaha, dukungan dan doa dari
orangtua pasti akan membantu.
2. Lingkungan sekolah
Kesulitan belajar juga bisa terjadi di lingkungan sekolah terutama di lingkungan
kelas atau ruang kelas. Kelas yang nyaman akan mencipatakan suasana yang
nyaman juga, tapi jika kelas yang berisik, kotor, dan sulit diatur maka itu akan
menyebabkan kesulitan belajar siswa. Dan tentunya pertemanan yang baik, karena
pertemanan juga bisa menjadi penyebab kesulitan belajar.
3. Lingkungan Masyarakat
Lingkungan masyarakat yang baik akan bepengaruh pada stimulus pada siswa,
karena dengan adanya lingkungan masyarakat bisa membantu siswa beradaptasi
dengan lingkungan sekitarnya. Adanya interaksi yang baik antara masyarakat
dengan siswa akan memberikan dampak yang positif sehingga, kesulitan belajar
yang dihadapi siswa juga bisa teratasi.
4. Banyaknya tugas dari mata pelajaran lain yang harus diselesaikan oleh
siswa
2. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak melalui metode drill
Metode drill merupakan metode yang digunakan guru pada saat mengajar
dimana siswa melakukan kegiatan latihan-latihan, agar siswa tersebut memiliki
ketangkasan atau ketarampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
Adapun teknik yang digunakan yaitu:
1. Teknik Inquiry (kerja kelompok)
2. Teknik belajar mandiri
3. Teknik discovery (penemuan)
Selain metode drill, adapun upaya lain yang dilakukan guru dalam menanggulangi
kesulitan belajar siswa, diantaranya;
a. Guru menyusun dan melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dengan pedoman kurikulum 13 dan pemberian tugas
b. Guru mengadakan praktik-praktik
c. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
d. Menggunakan media visual dalam proses pembelajaran
e. Meringkas pelajaran
B. Saran
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dengan ini menambahkan keterangan yang memuat saran-saran dari peneliti yang
diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yang menjadi tempat penelitian,
terkhusus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone, dan tentunya bagi pihak-pihak yang
terkait, yakni sebagai berikut.
1. Bagi Madrasah, diharapkan Kepala Madrasah lebih memperhatikan tingkat
profesionalisme guru dalam melakukan proses mengajar di dalam kelasserta
melengkapi fasilitas di madrasah sebagai penunjang materi agar mempermudah
pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru Akidah Akhlak kelas X di MAN 1 Bone, diharapkan mampu
mengatasi kesulitan belajar siswa dengan menggunakan metode atau model
pembelajaran yang bervariasi serta menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan
oleh siswa seperti media belajar yang mampu menunjang pemahaman siswa.
3. Bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone diharapkan untuk terus belajar,
mengembangkan potensi, minat dan bakat terutama pada mata pelajaran akidah
akhlak, berkonsentrasi dan lebih memperhatikan guru pada saat mengajar,
menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga terutama orangtua agar bisa
membantu dalam meningkatkan semangat belajarnya.
Ketersediaan
STAR20240263263/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

263/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top