Strategi Guru Al-Qur‟an Hadits Terhadap Pengembangan Pemahaman Siswa Tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam, Tas-hil, Dan Naql) Pada Siswa Kelas IX MTs Ar-Rahman Kaju
Nur Awalia/862082020002 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Al-Qur‟an Hadits Terhadap
Pengembangan Pemahaman Siswa Tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam,
Tas-hil, Dan Naql) Pada Siswa Kelas IX MTs Ar-Rahman Kaju, dengan tujuan
untuk mengetahui Strategi Guru Al-Quran Hadits terhadap pengembangan Siswa
tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, Dan Naql) Pada Siswa
Kelas Ix Mts Ar-Rahman Kaju dan untuk mengetahui faktor kesulitan guru Al-
Quran Hadits terhadap Pengembangan Pemahaman Siswa tentang Ilmu Tajwid
Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, Dan Naql) Pada Siswa Kelas Ix Mts Ar-
Rahman Kaju.
Untuk memperjelas penelitian di atas, peneliti menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan Pendidikan islam, serta menggunakan
instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Al-Qur'an Hadits terhadap
Pengembangan Pemahaman siswa tentang Ilmu Tajwid Gharib menunjukkan
bahwa guru di MTs Ar-Rahman Kaju telah mengadopsi berbagai strategi efektif
untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai tajwid gharib. meliputi metode
ceramah dan metode. Adapun tantangan Guru Alquran hadits seperti kompleksitas
materi tajwid gharib, keterbatasan waktu, dan perbedaan tingkat kemampuan
siswa, namun mereka berhasil mengatasi kesulitan ini melalui penyesuaian
metode pengajaran, penggunaan teknologi, dan evaluasi berkala.
A. Kesimpulan
Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis terhadap rumusan masalah
pada bab terdahulu, maka ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi Guru Al-Qur'an Hadits terhadap Pengembangan Pemahaman siswa
tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, dan Naql) pada
siswa Kelas IX MTs Ar-Rahman Kaju" menunjukkan bahwa guru di MTs
Ar-Rahman Kaju telah mengadopsi berbagai strategi efektif untuk
meningkatkan pemahaman siswa mengenai tajwid gharib. Strategi ini
meliputi metode ceramah yang menyampaikan konsep-konsep dasar secara
rinci, serta metode praktek yang memungkinkan siswa untuk menerapkan
pengetahuan mereka dalam bacaan Al-Qur'an.
2. Guru menghadapi berbagai tantangan, seperti kompleksitas materi tajwid
gharib, keterbatasan waktu, dan perbedaan tingkat kemampuan siswa,
namun mereka berhasil mengatasi kesulitan ini melalui penyesuaian metode
pengajaran, penggunaan teknologi, dan evaluasi berkala. Dengan
pendekatan yang terstruktur dan adaptif ini, diharapkan siswa tidak hanya
memahami teori tajwid gharib tetapi juga dapat menerapkannya dengan
benar dalam praktik membaca Al-Qur'an, mendukung pengembangan
keterampilan membaca yang lebih baik dan konsisten.
3. Upaya guru dalam mengatasi masalah pada pembelajaran ilmu tajwid gharib
(imalah, isymam, tas-hil, dan naql) pada siswa kelas IX MTs Ar-rahman
kaju dengan menguasai materi secara mendalam atau memperdalam ilmu
tajwid khususnya pada materi ilmu tajwid gharib, serta memilih metode
pembelajaran yang efektif atau menggunakan metode yang benar.
B. Saran
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dengan ini menambahkan keterangan yang memuat saran-saran dari peneliti
yang diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yang menjadi tempat penelitian,
terkhusus di MTs Ar-Rahman kaju dan tentunya bagi pihak-pihak yang terkait,
yakni sebagai berikut.
1. Bagi Sekolah diharapkan Kepala Sekolah lebih memperhatikan tingkat
profesionalisme guru dalam melakukan proses mengajar di dalam kelas
serta melengkapi fasilitas di sekolah sebagai penunjang materi agar
mempermudah pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru Al-qur‟an Hadits Kelas IX MTs Ar-Rahman kaju, diharapkan
mampu mengatasi kesulitan belajar siswa dengan menggunakan metode
atau media pembelajaran yang lebih bervariasi serta menyiapkan segala
sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa seperti media belajar yang mampu
menunjang pemahaman siswa.
Pengembangan Pemahaman Siswa Tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam,
Tas-hil, Dan Naql) Pada Siswa Kelas IX MTs Ar-Rahman Kaju, dengan tujuan
untuk mengetahui Strategi Guru Al-Quran Hadits terhadap pengembangan Siswa
tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, Dan Naql) Pada Siswa
Kelas Ix Mts Ar-Rahman Kaju dan untuk mengetahui faktor kesulitan guru Al-
Quran Hadits terhadap Pengembangan Pemahaman Siswa tentang Ilmu Tajwid
Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, Dan Naql) Pada Siswa Kelas Ix Mts Ar-
Rahman Kaju.
Untuk memperjelas penelitian di atas, peneliti menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan Pendidikan islam, serta menggunakan
instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Al-Qur'an Hadits terhadap
Pengembangan Pemahaman siswa tentang Ilmu Tajwid Gharib menunjukkan
bahwa guru di MTs Ar-Rahman Kaju telah mengadopsi berbagai strategi efektif
untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai tajwid gharib. meliputi metode
ceramah dan metode. Adapun tantangan Guru Alquran hadits seperti kompleksitas
materi tajwid gharib, keterbatasan waktu, dan perbedaan tingkat kemampuan
siswa, namun mereka berhasil mengatasi kesulitan ini melalui penyesuaian
metode pengajaran, penggunaan teknologi, dan evaluasi berkala.
A. Kesimpulan
Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis terhadap rumusan masalah
pada bab terdahulu, maka ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi Guru Al-Qur'an Hadits terhadap Pengembangan Pemahaman siswa
tentang Ilmu Tajwid Gharib (Imalah, Isymam, Tas-Hil, dan Naql) pada
siswa Kelas IX MTs Ar-Rahman Kaju" menunjukkan bahwa guru di MTs
Ar-Rahman Kaju telah mengadopsi berbagai strategi efektif untuk
meningkatkan pemahaman siswa mengenai tajwid gharib. Strategi ini
meliputi metode ceramah yang menyampaikan konsep-konsep dasar secara
rinci, serta metode praktek yang memungkinkan siswa untuk menerapkan
pengetahuan mereka dalam bacaan Al-Qur'an.
2. Guru menghadapi berbagai tantangan, seperti kompleksitas materi tajwid
gharib, keterbatasan waktu, dan perbedaan tingkat kemampuan siswa,
namun mereka berhasil mengatasi kesulitan ini melalui penyesuaian metode
pengajaran, penggunaan teknologi, dan evaluasi berkala. Dengan
pendekatan yang terstruktur dan adaptif ini, diharapkan siswa tidak hanya
memahami teori tajwid gharib tetapi juga dapat menerapkannya dengan
benar dalam praktik membaca Al-Qur'an, mendukung pengembangan
keterampilan membaca yang lebih baik dan konsisten.
3. Upaya guru dalam mengatasi masalah pada pembelajaran ilmu tajwid gharib
(imalah, isymam, tas-hil, dan naql) pada siswa kelas IX MTs Ar-rahman
kaju dengan menguasai materi secara mendalam atau memperdalam ilmu
tajwid khususnya pada materi ilmu tajwid gharib, serta memilih metode
pembelajaran yang efektif atau menggunakan metode yang benar.
B. Saran
Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka
dengan ini menambahkan keterangan yang memuat saran-saran dari peneliti
yang diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah yang menjadi tempat penelitian,
terkhusus di MTs Ar-Rahman kaju dan tentunya bagi pihak-pihak yang terkait,
yakni sebagai berikut.
1. Bagi Sekolah diharapkan Kepala Sekolah lebih memperhatikan tingkat
profesionalisme guru dalam melakukan proses mengajar di dalam kelas
serta melengkapi fasilitas di sekolah sebagai penunjang materi agar
mempermudah pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru Al-qur‟an Hadits Kelas IX MTs Ar-Rahman kaju, diharapkan
mampu mengatasi kesulitan belajar siswa dengan menggunakan metode
atau media pembelajaran yang lebih bervariasi serta menyiapkan segala
sesuatu yang dibutuhkan oleh siswa seperti media belajar yang mampu
menunjang pemahaman siswa.
Ketersediaan
| STAR20250010 | 10/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
10/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
