Fenomena Penggunaan Jilbab Modis Di Kalangan Pelajar Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswi SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone)
Hasnita/862082020136 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “ Fenomena Penggunaan Jilbab Modis Di
Kalangan Pelajar Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswi
SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone)”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni Apa saja hal-hal yang mempengaruhi siswi dalam
penggunaan jilbab modis di SMAN 19 Bone? dan bagaimana upaya guru
pendidikan agama Islam terhadap siswi dalam penggunaan jilbab modis yang
sesuai dengan perspektif pendidikan agama Islam
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
penelitian kualitatif deskripstif. Dari pendekatan studi fenomenologi dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian pada siswi SMAN 19 Bone bahwa pengaruh penggunan
jilbab modis di SMA Negeri 19 Bone menunjukkan adanya pengaruh media
sosial, dorongan keluarga dan pengaruh lingkungan sehingga sebagian siswi
menjadikan jilbab modis tersebut sebagai trend atau fashion. Kemudian upaya
guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan jilbab modis yang sesuai dengan
perspektif pendidikan agama Islam yaitu melalui kebijakan kepala sekolah serta
guru-guru di SMA Negeri 19 Bone, dengan menambah wawasan keagamaan yaitu
ekstrakulikuler rohis,sholat duha berjamaah secara rutin dan pengajian secara
rutin. Selain itu guru pendidikan agama Islam juga memberikan pembinaan secara
personal kepada siswi tersebut, memberikan motivasi dan dorongan untuk
memahami dan menerapkan ajaran Islam dalam berpakaian. Hal ini dipengaruhi
faktor internal (dorongan orangtua dan kesadaran diri sendiri) dan faktor eksternal
(lingkungan keluarga maupun masyarakat).
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu :
1. Hal-hal yang mempengaruhi siswi dalam penggunaan jilbab modis di SMA
Negeri 19 Bone ada beberapa faktor yaitu pengaruh media sosial, dorongan
keluarga, lingkungan sehingga terdorong untuk mengenakan jilbab modis.
Karena dengan adanya dorongan itu mampu memberikan pengaruh kepada
siswi untuk selalu mengenakan jilbab modis atau mengenakan jilbab yang
tidak sesuai syariat islam baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
masyarakat dan kehidupan sehari-hari.
2. Upaya guru pendidikan agama Islam terhadap siswi dalam Penggunaan Jilbab
Modis yang sesuai dengan Perspektif Pendidikan Agama Islam adalah
adanya kebijakan dari sekolah sebagai salah satu cara memberikan
pengetahuan dan pembinaan pada siswi sehingga mampu menambah
wawasan dan perbaikan bagi siswi itu sendiri. Pembinaan dari pihak sekolah
yaitu meliputi adanya peraturan-peraturan yang dilakukan oleh sekolah yaitu
menggunakan jilab yang baik ketika berada dilingkungan sekolah. Adapun
pembinaan kepribadian siswi meliputi ekstrakulikuler wajib (pengajian
rutin). Dengan adanya upaya dan kebijakan di SMA Negeri 19 Bone
setidaknya memberikan hasil yang sangat baik. Kemudian adanya kegiatan
keagamaan sebagai sarana untuk menambah hasanah ke-Islaman siswi di
SMA Negeri 19 Bone mengadakan kegiatan keagamaan yaitu ekstrakulikuler
studi mengenal Islam lebih efektif yang diwajibkan semua siswi. Materi yang
di sampaikan meliputi pembelajaran keislaman yaitu (BTHQ, Akhlak,Fikih)
dengan aturan untuk mewajibkan penggunaan jilbab modis yang sesuai
dengan perspektif pendidikan agama Islam.
B. Saran
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru,, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja bersama-sama dalam memberikan
upaya kepada siswi mengenai penggunaan jilbab yang sesuai dengan syariat
Islam
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya tetap
memantau siswi untuk membiasakan diri menggunakan jilbab yang sesuai
dengan syariat Islam.
3. Diharapkan kepada siswi agar dengan upaya yang dilakukan oleh guru maka
akan semakin memperbaiki sikap dan perilaku baik di lingkungan sekolah
maupun di lingkungan masyarakat.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan formal.
Kalangan Pelajar Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswi
SMAN 19 Bone Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone)”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni Apa saja hal-hal yang mempengaruhi siswi dalam
penggunaan jilbab modis di SMAN 19 Bone? dan bagaimana upaya guru
pendidikan agama Islam terhadap siswi dalam penggunaan jilbab modis yang
sesuai dengan perspektif pendidikan agama Islam
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
penelitian kualitatif deskripstif. Dari pendekatan studi fenomenologi dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data (display data) dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian pada siswi SMAN 19 Bone bahwa pengaruh penggunan
jilbab modis di SMA Negeri 19 Bone menunjukkan adanya pengaruh media
sosial, dorongan keluarga dan pengaruh lingkungan sehingga sebagian siswi
menjadikan jilbab modis tersebut sebagai trend atau fashion. Kemudian upaya
guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan jilbab modis yang sesuai dengan
perspektif pendidikan agama Islam yaitu melalui kebijakan kepala sekolah serta
guru-guru di SMA Negeri 19 Bone, dengan menambah wawasan keagamaan yaitu
ekstrakulikuler rohis,sholat duha berjamaah secara rutin dan pengajian secara
rutin. Selain itu guru pendidikan agama Islam juga memberikan pembinaan secara
personal kepada siswi tersebut, memberikan motivasi dan dorongan untuk
memahami dan menerapkan ajaran Islam dalam berpakaian. Hal ini dipengaruhi
faktor internal (dorongan orangtua dan kesadaran diri sendiri) dan faktor eksternal
(lingkungan keluarga maupun masyarakat).
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu :
1. Hal-hal yang mempengaruhi siswi dalam penggunaan jilbab modis di SMA
Negeri 19 Bone ada beberapa faktor yaitu pengaruh media sosial, dorongan
keluarga, lingkungan sehingga terdorong untuk mengenakan jilbab modis.
Karena dengan adanya dorongan itu mampu memberikan pengaruh kepada
siswi untuk selalu mengenakan jilbab modis atau mengenakan jilbab yang
tidak sesuai syariat islam baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
masyarakat dan kehidupan sehari-hari.
2. Upaya guru pendidikan agama Islam terhadap siswi dalam Penggunaan Jilbab
Modis yang sesuai dengan Perspektif Pendidikan Agama Islam adalah
adanya kebijakan dari sekolah sebagai salah satu cara memberikan
pengetahuan dan pembinaan pada siswi sehingga mampu menambah
wawasan dan perbaikan bagi siswi itu sendiri. Pembinaan dari pihak sekolah
yaitu meliputi adanya peraturan-peraturan yang dilakukan oleh sekolah yaitu
menggunakan jilab yang baik ketika berada dilingkungan sekolah. Adapun
pembinaan kepribadian siswi meliputi ekstrakulikuler wajib (pengajian
rutin). Dengan adanya upaya dan kebijakan di SMA Negeri 19 Bone
setidaknya memberikan hasil yang sangat baik. Kemudian adanya kegiatan
keagamaan sebagai sarana untuk menambah hasanah ke-Islaman siswi di
SMA Negeri 19 Bone mengadakan kegiatan keagamaan yaitu ekstrakulikuler
studi mengenal Islam lebih efektif yang diwajibkan semua siswi. Materi yang
di sampaikan meliputi pembelajaran keislaman yaitu (BTHQ, Akhlak,Fikih)
dengan aturan untuk mewajibkan penggunaan jilbab modis yang sesuai
dengan perspektif pendidikan agama Islam.
B. Saran
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru,, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja bersama-sama dalam memberikan
upaya kepada siswi mengenai penggunaan jilbab yang sesuai dengan syariat
Islam
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya tetap
memantau siswi untuk membiasakan diri menggunakan jilbab yang sesuai
dengan syariat Islam.
3. Diharapkan kepada siswi agar dengan upaya yang dilakukan oleh guru maka
akan semakin memperbaiki sikap dan perilaku baik di lingkungan sekolah
maupun di lingkungan masyarakat.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan formal.
Ketersediaan
| STAR20240145 | 145/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
145/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
