Peran Komunikasi Guru terhadap Pembelajaran Efektif di SMA Negeri 13 Wajo
Nur Asia/862312020082 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran komunikasi guru terhadap pembelajaran
efektif di SMA Negeri 13 Wajo. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
Peran komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan
melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, simpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi objek wawancara
yaitu guru mata pelajaran, wali kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Peran komunikasi guru di SMA Negeri 13 Wajo mulai dari
menyampaikan informasi, pembentukan hubungan, penyelesaian konflik,
pengambilan keputusan, koordinasi dan kolaborasi sudah diterapkan dengan baik
dilihat dari penyampaian informasi yang terlaksana pada saat proses
pembelajaran.2) Pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo sudah terlaksana
dengan baik dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, interaksi antara
guru dan siswa, suasana kelas yang demokratis, dan sarana belajar yang menunjang.
Semua terpenuhi dengan bantuan kerja sama antara guru dengan siswa.3) Peran
komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo telah
terlaksana dilihat dari terlaksananya proses pembelajaran secara efektif dengan
melihat penyampaian informasi kepada siswa yang dapat membentuk hubungan
baik antara guru dengan siswa. Dengan terciptanya hubungan yang baik dapat
menyelesaikan konflik yang terjadi antar siswa di dalam kelas, pengambilan
keputusan secara profesional, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara guru
dengan siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembehasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
bahwa :
1. Peran komunikasi guru di SMA Negeri 13 Wajo mulai dari
menyampaikan informasi, pembentukan hubungan, penyelesaian
konflik, pengambilan keputusan, koordinasi dan kolaborasi sudah
diterapkan dengan baik dilihat dari penyampaian informasi yang
terlaksana dalam proses belajara mengajar. Di dalam pembentukan
hubungan intrapersonal interpersonal antara guru dengan siswa untuk
menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan produktif
serta membangun kepercayaan siswa. Dalam menyelesaikan konflik
harus melibatkan orang ketiga agar keputusan yang diambil didukung
oleh banyak pihak. Membangun kolaborasi antar anggota atau sesama
tim dalam proses pembelajaran merupakan kunci untuk menciptakan
lingkungan belajar yang dinamis dan efektif.
2. Pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo sudah terlaksana dengan
baik dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, interaksi antara
guru dan siswa, suasana kelas yang demokratis, dan sarana belajar yang
menunjang. Semua terpenuhi dengan bantuan kerja sama anatra guru
dengan siswa.
3. Peran komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri
13 Wajo telah terlaksana dilihat dari terlaksananya proses pembelajaran
secara efektif dengan melihat penyampaian informasi kepada siswa
yang dapat membentuk hubungan antara guru dengan siswa terjalin
dengan baik. Terciptanya hubungan yang baik dapat menyelesaikan
konflik yang terjadi antar siswa di dalam kelas, pengambilan keputusan
secara profesional, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara guru
dengan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
1. Bagi guru di SMA Negeri 13 Wajo diharapkan untuk terus
meningkatkan pembelajaran yang efektif terhadap siswa.
2. Hendaknya sekolah memfasilitasi sarana dan prasana pembelajaran
yang memadai.
3. Hendaknya sekolah lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia dan
memperketat tata tertib di sekolah sehingga melahirkan alumni yang
berkualitas
efektif di SMA Negeri 13 Wajo. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan
Peran komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan
melakukan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, simpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi objek wawancara
yaitu guru mata pelajaran, wali kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Peran komunikasi guru di SMA Negeri 13 Wajo mulai dari
menyampaikan informasi, pembentukan hubungan, penyelesaian konflik,
pengambilan keputusan, koordinasi dan kolaborasi sudah diterapkan dengan baik
dilihat dari penyampaian informasi yang terlaksana pada saat proses
pembelajaran.2) Pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo sudah terlaksana
dengan baik dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, interaksi antara
guru dan siswa, suasana kelas yang demokratis, dan sarana belajar yang menunjang.
Semua terpenuhi dengan bantuan kerja sama antara guru dengan siswa.3) Peran
komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo telah
terlaksana dilihat dari terlaksananya proses pembelajaran secara efektif dengan
melihat penyampaian informasi kepada siswa yang dapat membentuk hubungan
baik antara guru dengan siswa. Dengan terciptanya hubungan yang baik dapat
menyelesaikan konflik yang terjadi antar siswa di dalam kelas, pengambilan
keputusan secara profesional, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara guru
dengan siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembehasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
bahwa :
1. Peran komunikasi guru di SMA Negeri 13 Wajo mulai dari
menyampaikan informasi, pembentukan hubungan, penyelesaian
konflik, pengambilan keputusan, koordinasi dan kolaborasi sudah
diterapkan dengan baik dilihat dari penyampaian informasi yang
terlaksana dalam proses belajara mengajar. Di dalam pembentukan
hubungan intrapersonal interpersonal antara guru dengan siswa untuk
menciptakan lingkungan sekolah yang lebih harmonis dan produktif
serta membangun kepercayaan siswa. Dalam menyelesaikan konflik
harus melibatkan orang ketiga agar keputusan yang diambil didukung
oleh banyak pihak. Membangun kolaborasi antar anggota atau sesama
tim dalam proses pembelajaran merupakan kunci untuk menciptakan
lingkungan belajar yang dinamis dan efektif.
2. Pembelajaran efektif di SMA Negeri 13 Wajo sudah terlaksana dengan
baik dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, interaksi antara
guru dan siswa, suasana kelas yang demokratis, dan sarana belajar yang
menunjang. Semua terpenuhi dengan bantuan kerja sama anatra guru
dengan siswa.
3. Peran komunikasi guru terhadap pembelajaran efektif di SMA Negeri
13 Wajo telah terlaksana dilihat dari terlaksananya proses pembelajaran
secara efektif dengan melihat penyampaian informasi kepada siswa
yang dapat membentuk hubungan antara guru dengan siswa terjalin
dengan baik. Terciptanya hubungan yang baik dapat menyelesaikan
konflik yang terjadi antar siswa di dalam kelas, pengambilan keputusan
secara profesional, koordinasi dan kolaborasi yang baik antara guru
dengan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
1. Bagi guru di SMA Negeri 13 Wajo diharapkan untuk terus
meningkatkan pembelajaran yang efektif terhadap siswa.
2. Hendaknya sekolah memfasilitasi sarana dan prasana pembelajaran
yang memadai.
3. Hendaknya sekolah lebih meningkatkan lagi sumber daya manusia dan
memperketat tata tertib di sekolah sehingga melahirkan alumni yang
berkualitas
Ketersediaan
| STAR20240215 | 215/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
215/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
