Peran Strategi Usaha pada Peningkatan Minat Pelanggan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Toko Diva Store)
Aldhi Hidayat/ 01.183.153 - Personal Name
Penelitian ini membahas peran strategi usaha dalam meningkatkan minat
pelanggan pada Toko Diva Store. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui minat pelanggan Diva Store di Watampone, untuk mengetahui strategi
Diva Store dalam meingkatkan minat pelanggan di Watampone, dan untu mengetahui
perspektif Ekonomi Islam tentang strategi Diva Store dalam meingkatkan minat
pelanggan di Watampone.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, tepanya di
Toko Diva Store, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian
kualitatif yaitu suatu metode dengan mendatangi langsung instansi terkait untuk
melakukan wawancara dengan responden untuk menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Serta dengan
pendekatan penelitian deskriftif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik
observasi, wawancata, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan data hingga pada tahapan penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Minat pelanggan
Diva Store Kabupaten Bone dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu 1)
Harga Produk; 2) Kualitas Produk dan 3) Budaya Masyarakat. Ketiga hal ini, menurut
penulis tidak bisa dipisahkan ketika berbica mengenai penjualan produk, karena harga
dan kualitas sebuah produk yang ditawarkan untuk masyarakat akan sangat
memberikan pengaruh terhadap minat atau ketertarikan masyarakat Kedua: Strategi
Diva Store Kabupaten Bone dalam menarik minat pelanggan untuk membeli produk
mereka dijalankan melalui pemaksimalan promosi, pelaksanaan pelayanan yang baik
terhadap pelanggan, pengeloaan manajemen toko, dan pemilihan lokasi yang strategis
untuk memberikan akses kemudahan kepada masyarakat sebagai pelanggan dalam
mengjangkau toko Diva Store. Ketiga : Strategi Diva Store dalam meningkatkan
minat pelanggan di Watampone dapat dilihat dari produk yang di perjualkan yaitu
produk yang bermanfaat. Adapun harganya terjangkau atau tidak mengandung
banyak keuntungan, promosi yang dilakukan dengan memperhatikan akses informasi
untuk pelanggan dan menjaga kualitas produk tanpa adanya unsur penipuan di
dalamnya. Selain itu, dari segi pelayanan sangat mempertimbangkan kenyamanan
pelanggan dengan perlakuan karyawan yang ramah. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa strategi yang dijalankan oleh Diva Store dalam meningkatkan
minat pelanggan tetap didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi Islam yang ada
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Minat pelanggan Diva Store Kabupaten Bone dipengaruhi oleh beberapa
faktor diantaranya yaitu 1) Harga Produk; 2) Kualitas Produk dan 3) Budaya
Masyarakat. Ketiga hal ini, menurut penulis tidak bisa dipisahkan ketika
berbica mengenai penjualan produk, karena harga dan kualitas sebuah produk
yang ditawarkan untuk masyarakat akan sangat memberikan pengaruh
terhadap minat atau ketertarikan masyarakat. Selain itu, budaya masyarakat
saat ini yang dapat dikatakan cenderung pada kehidupan yang konsumtif
menjadi sebuah peluang bagi para pelaku usaha untuk menyesuaikan trend
pasar, agar minat dan ketertarikan masyarakat dapat meningkat.
2. Strategi Diva Store Kabupaten Bone dalam menarik minat pelanggan untuk
membeli produk mereka dijalankan melalui pemaksimalan promosi,
pelaksanaan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, pengeloaan manajemen
toko, dan pemilihan lokasi yang strategis untuk memberikan akses kemudahan
kepada masyarakat sebagai pelanggan dalam mengjangkau toko Diva Store.
3. Strategi Diva Store dalam meningkatkan minat pelanggan di Watampone
dapat dilihat dari produk yang di perjualkan yaitu produk yang bermanfaat.
Adapun harganya terjangkau atau tidak mengandung banyak keuntungan,
promosi yang dilakukan dengan memperhatikan akses informasi untuk
pelanggan dan menjaga kualitas produk tanpa adanya unsur penipuan
didalamnya. Selain itu, dari segi pelayanan sangat mempertimbangkan
kenyamanan pelanggan dengan perlakuan karyawan yang ramah. Oleh karena
itu, dapat disimpulkan bahwa strategi yang dijalankan oleh Diva Store dalam
meningkatkan minat pelanggan tetap didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi
Islam yang ada.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Kepada owner dan karyawan Diva Store, diharapkan agar senantiasa konsisten
dalam memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan, khususnya dalam
pelayanan yang mengambil dasar nilai-nilai Islami.
2. Penelitian ini diharap dapat membantu peneliti selanjutnya dan meperdalam
kajian atau literatur dalam penelitian ini.
pelanggan pada Toko Diva Store. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui minat pelanggan Diva Store di Watampone, untuk mengetahui strategi
Diva Store dalam meingkatkan minat pelanggan di Watampone, dan untu mengetahui
perspektif Ekonomi Islam tentang strategi Diva Store dalam meingkatkan minat
pelanggan di Watampone.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, tepanya di
Toko Diva Store, dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian
kualitatif yaitu suatu metode dengan mendatangi langsung instansi terkait untuk
melakukan wawancara dengan responden untuk menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Serta dengan
pendekatan penelitian deskriftif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik
observasi, wawancata, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan data hingga pada tahapan penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Minat pelanggan
Diva Store Kabupaten Bone dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu 1)
Harga Produk; 2) Kualitas Produk dan 3) Budaya Masyarakat. Ketiga hal ini, menurut
penulis tidak bisa dipisahkan ketika berbica mengenai penjualan produk, karena harga
dan kualitas sebuah produk yang ditawarkan untuk masyarakat akan sangat
memberikan pengaruh terhadap minat atau ketertarikan masyarakat Kedua: Strategi
Diva Store Kabupaten Bone dalam menarik minat pelanggan untuk membeli produk
mereka dijalankan melalui pemaksimalan promosi, pelaksanaan pelayanan yang baik
terhadap pelanggan, pengeloaan manajemen toko, dan pemilihan lokasi yang strategis
untuk memberikan akses kemudahan kepada masyarakat sebagai pelanggan dalam
mengjangkau toko Diva Store. Ketiga : Strategi Diva Store dalam meningkatkan
minat pelanggan di Watampone dapat dilihat dari produk yang di perjualkan yaitu
produk yang bermanfaat. Adapun harganya terjangkau atau tidak mengandung
banyak keuntungan, promosi yang dilakukan dengan memperhatikan akses informasi
untuk pelanggan dan menjaga kualitas produk tanpa adanya unsur penipuan di
dalamnya. Selain itu, dari segi pelayanan sangat mempertimbangkan kenyamanan
pelanggan dengan perlakuan karyawan yang ramah. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa strategi yang dijalankan oleh Diva Store dalam meningkatkan
minat pelanggan tetap didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi Islam yang ada
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Minat pelanggan Diva Store Kabupaten Bone dipengaruhi oleh beberapa
faktor diantaranya yaitu 1) Harga Produk; 2) Kualitas Produk dan 3) Budaya
Masyarakat. Ketiga hal ini, menurut penulis tidak bisa dipisahkan ketika
berbica mengenai penjualan produk, karena harga dan kualitas sebuah produk
yang ditawarkan untuk masyarakat akan sangat memberikan pengaruh
terhadap minat atau ketertarikan masyarakat. Selain itu, budaya masyarakat
saat ini yang dapat dikatakan cenderung pada kehidupan yang konsumtif
menjadi sebuah peluang bagi para pelaku usaha untuk menyesuaikan trend
pasar, agar minat dan ketertarikan masyarakat dapat meningkat.
2. Strategi Diva Store Kabupaten Bone dalam menarik minat pelanggan untuk
membeli produk mereka dijalankan melalui pemaksimalan promosi,
pelaksanaan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, pengeloaan manajemen
toko, dan pemilihan lokasi yang strategis untuk memberikan akses kemudahan
kepada masyarakat sebagai pelanggan dalam mengjangkau toko Diva Store.
3. Strategi Diva Store dalam meningkatkan minat pelanggan di Watampone
dapat dilihat dari produk yang di perjualkan yaitu produk yang bermanfaat.
Adapun harganya terjangkau atau tidak mengandung banyak keuntungan,
promosi yang dilakukan dengan memperhatikan akses informasi untuk
pelanggan dan menjaga kualitas produk tanpa adanya unsur penipuan
didalamnya. Selain itu, dari segi pelayanan sangat mempertimbangkan
kenyamanan pelanggan dengan perlakuan karyawan yang ramah. Oleh karena
itu, dapat disimpulkan bahwa strategi yang dijalankan oleh Diva Store dalam
meningkatkan minat pelanggan tetap didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi
Islam yang ada.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Kepada owner dan karyawan Diva Store, diharapkan agar senantiasa konsisten
dalam memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan, khususnya dalam
pelayanan yang mengambil dasar nilai-nilai Islami.
2. Penelitian ini diharap dapat membantu peneliti selanjutnya dan meperdalam
kajian atau literatur dalam penelitian ini.
Ketersediaan
| SFEBI20220203 | 203/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
203/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
