Peran Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Peserta Didik di MA DDI Maspul
Rini Angraeni/862312020072 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Manajemen Kelas dalam
Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa di MA DDI Maspul”. Tujuan dari penelitian
adalah untuk mengetahui sejauh mana peran manajemen kelas di MA DDI Maspul
dalam meningkatkan sikap disiplin di MA DDI Maspul,Jenis penelitian ini yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan manajemen. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian untuk analisis data
menggunakan redukasi data, penyajian data, simpulan, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul
yang terdiri dari perencanaan manajemen kelas, pengorganisasian manajemen
kelas, pelaksanaan manajemen kelas, dan pengawasan manajemen kelas sudah
dilakukan dengan baik. Dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun tata tertib, mengelola absensi
kelas, penyusunan struktur organisasi kelas, pembagian tugas, menciptakan iklim
belajar yang tepat, mengelola interaksi belajar mengajar, mengawasi pekerjaan
siswa, dan perilaku siswa itu sudah mampu dilaksakan dengan baik walaupun
pasti masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. 2)
Sikap disiplin siswa di MA DDI Maspul sudah bisa dikatakan baik walaupun
belum bisa dikatakan sempurna karena masih saja ada beberapa siswa yang
melanggar tata tertib di sekolah maupun dikelas serta kesadaran dan motivasi
dalam disiplin masih kurang. Walaupun demikan, para guru di MA DDI Maspul
terus berusaha untuk tetap berperilaku disiplin. Seperti mengarahkan, memberikan
kesadaran, motivasi agar mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah dan di
dalam kelas. 3) Peran manajemen kelas dalam meningkatkan sikap disiplin siswa
di MA DDI Maspul sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahap perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan manajemen
kelas, pengawasan manajemen kelas yang dilakukan oleh para guru di MA DDI
Maspul. Namun tidak semua indikator dalam meningkatkan sikap disiplin siswa
bisa di capai dengan baik seperti masih ada siswa tidak mematuhi aturan kelas
seperti tidak datang tepat waktu, tidak berpakaian rapi, tidak melaksakan piket
kebersikan, tidak tertib dalam mengumpulakan tugas namun, tergolong sedikit
yang masih berperilaku tidak disiplin.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditari beberapa kesimpulan bahwa:
1. Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul dalam hal perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan
manajemen kelas, dan pengawasan manajemen kelas sudah dilakukan
dengan baik. Dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun tata tertib, mengelola
absensi kelas, penyusunan struktur organisasi kelas, pembagian tugas,
menciptakan iklim belajar yang tepat, mengelola interaksi belajar
mengajar, mengawasi pekerjaan siswa, dan perilaku siswa itu sudah
mampu dilaksakan dengan baik walaupun pasti masih ada beberapa
kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya.
2. Sikap disiplin siswa di MA DDI Maspul sudah bisa dikatakan baik
walaupun belum bisa dikatakan sempurna karena masih saja ada beberapa
siswa yang melanggar tata tertib di sekolah maupun dikelas serta
kesadaran dan motivasi dalam disiplin masih kurang. Walaupun demikan,
para guru di MA DDI Maspul terus berusaha untuk tetap berperilaku
disiplin. Seperti mengarahkan, memberikan kesadaran, motivasi agar
mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah dan di dalam kelas.
3. Peran manajemen kelas dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di MA
DDI Maspul sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahap perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan
manajemen kelas, pengawasan manajemen kelas yang dilakukan oleh para
guru di MA DDI Maspul. Namun tidak semua indikator dalam
meningkatkan sikap disiplin siswa bisa di capai dengan baik seperti masih
ada siswa tidak mematuhi aturan kelas seperti tidak datang tepat waktu,
tidak berpakaian rapi, tidak melaksakan piket kebersikan, tidak tertib
dalam mengumpulakan tugas namun, tergolong sedikit yang masih
berperilaku tidak disiplin.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
a. Bagi guru tetap melaksakan peran manajemen kelas dengan
semaksimal mungkin agar bisa meningkatkan kesadaran dan motivasi
kepada siswa sebarapa penting sikap disiplin itu. Sebagai guru terus
selalu membimbing, mengarhkan, mengawasi perilaku siswa.
b. Bagi siswa untuk tetap memperhatikan apa yang menjadi hak dan
kewajiban dalam melaksanakan tata terib sekolah dan kelas yang
berlaku
Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa di MA DDI Maspul”. Tujuan dari penelitian
adalah untuk mengetahui sejauh mana peran manajemen kelas di MA DDI Maspul
dalam meningkatkan sikap disiplin di MA DDI Maspul,Jenis penelitian ini yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian ini menggunakan
pendekatan manajemen. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian untuk analisis data
menggunakan redukasi data, penyajian data, simpulan, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul
yang terdiri dari perencanaan manajemen kelas, pengorganisasian manajemen
kelas, pelaksanaan manajemen kelas, dan pengawasan manajemen kelas sudah
dilakukan dengan baik. Dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun tata tertib, mengelola absensi
kelas, penyusunan struktur organisasi kelas, pembagian tugas, menciptakan iklim
belajar yang tepat, mengelola interaksi belajar mengajar, mengawasi pekerjaan
siswa, dan perilaku siswa itu sudah mampu dilaksakan dengan baik walaupun
pasti masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. 2)
Sikap disiplin siswa di MA DDI Maspul sudah bisa dikatakan baik walaupun
belum bisa dikatakan sempurna karena masih saja ada beberapa siswa yang
melanggar tata tertib di sekolah maupun dikelas serta kesadaran dan motivasi
dalam disiplin masih kurang. Walaupun demikan, para guru di MA DDI Maspul
terus berusaha untuk tetap berperilaku disiplin. Seperti mengarahkan, memberikan
kesadaran, motivasi agar mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah dan di
dalam kelas. 3) Peran manajemen kelas dalam meningkatkan sikap disiplin siswa
di MA DDI Maspul sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahap perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan manajemen
kelas, pengawasan manajemen kelas yang dilakukan oleh para guru di MA DDI
Maspul. Namun tidak semua indikator dalam meningkatkan sikap disiplin siswa
bisa di capai dengan baik seperti masih ada siswa tidak mematuhi aturan kelas
seperti tidak datang tepat waktu, tidak berpakaian rapi, tidak melaksakan piket
kebersikan, tidak tertib dalam mengumpulakan tugas namun, tergolong sedikit
yang masih berperilaku tidak disiplin.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditari beberapa kesimpulan bahwa:
1. Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul dalam hal perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan
manajemen kelas, dan pengawasan manajemen kelas sudah dilakukan
dengan baik. Dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun tata tertib, mengelola
absensi kelas, penyusunan struktur organisasi kelas, pembagian tugas,
menciptakan iklim belajar yang tepat, mengelola interaksi belajar
mengajar, mengawasi pekerjaan siswa, dan perilaku siswa itu sudah
mampu dilaksakan dengan baik walaupun pasti masih ada beberapa
kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya.
2. Sikap disiplin siswa di MA DDI Maspul sudah bisa dikatakan baik
walaupun belum bisa dikatakan sempurna karena masih saja ada beberapa
siswa yang melanggar tata tertib di sekolah maupun dikelas serta
kesadaran dan motivasi dalam disiplin masih kurang. Walaupun demikan,
para guru di MA DDI Maspul terus berusaha untuk tetap berperilaku
disiplin. Seperti mengarahkan, memberikan kesadaran, motivasi agar
mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah dan di dalam kelas.
3. Peran manajemen kelas dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di MA
DDI Maspul sudah terlaksana dengan baik, dilihat dari tahap perencanaan
manajemen kelas, pengorganisasian manajemen kelas, pelaksanaan
manajemen kelas, pengawasan manajemen kelas yang dilakukan oleh para
guru di MA DDI Maspul. Namun tidak semua indikator dalam
meningkatkan sikap disiplin siswa bisa di capai dengan baik seperti masih
ada siswa tidak mematuhi aturan kelas seperti tidak datang tepat waktu,
tidak berpakaian rapi, tidak melaksakan piket kebersikan, tidak tertib
dalam mengumpulakan tugas namun, tergolong sedikit yang masih
berperilaku tidak disiplin.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
a. Bagi guru tetap melaksakan peran manajemen kelas dengan
semaksimal mungkin agar bisa meningkatkan kesadaran dan motivasi
kepada siswa sebarapa penting sikap disiplin itu. Sebagai guru terus
selalu membimbing, mengarhkan, mengawasi perilaku siswa.
b. Bagi siswa untuk tetap memperhatikan apa yang menjadi hak dan
kewajiban dalam melaksanakan tata terib sekolah dan kelas yang
berlaku
Ketersediaan
| STAR20240204 | 204/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
204/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
