Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk Pegadaian Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PegadaianSyariah Bone

No image available for this title
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri
dari service quality, customer relationship management, dan keunggulan produk
terhadap loyalitas nasabah pada Pegadaian Syariah Bone.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan
menggunakan analisis regresi linear berganda, populasi penelitian ini mengacu pada
nasabah Pegadaian Syariah Bone. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah
30 berdasarkan non probability sampling dengan teknik sampel jenuh yang dimana
seluruh populasi dijadikan sampel penelititan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui secara simultan hanya service quality
(X1) yang tidak berpengaruh secara signifikan dan positif terhdap loyalitas nasabah
(Y), sedangkan variabel customer relationship managemen(X2), dan keunggulan
produk (X3) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap loyalitas nasabah (Y)
pada Pegadaian Syariah Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bisa didapatkan hasil dan keputusan,
yaitu:
1. Variabel service quality tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap
loyalitas. Artinya apabila service quality yang diberikan kepada nasabah itu
tinggi belum tentu membuat nasabah akan loyal terhadap Pegadaian Syariah
Bone. Hasil ini tidak mendukung penelitian sebelumnya dari Fita Elentri
Chyintia Putri (2018) dengan hasil variabel service quality berpengaruh
signifikan dan positif akan loyalitas nasabah BRI Syariah KC Sidoarjo.
Variabel service quality dan relationship quality berpengaruh positif dan
signifikan akan loyalitas nasabah BRI Syariah KC Sidoarjo.
2. Variabel customer relationship management berpengaruh signifikan dan
positif terhadap loyalitas. Artinya jika customer relationship management pada
Pegadaian Syariah Bone baik akan membuat nasabah semakin loyal pada
Pegadaian Syariah Bone. Hasil ini mendukung penelitian sebelumnya oleh
Diah Silvana Bahri (2021) tentang pengaruh customer relationship
management terhadap loyalitas nasabah, yang dimana telah diperoleh hasil
pengujian secara parsial bahwa customer relationship management
berpengaruh signifikan dan positif tehadap loyalitas nasabah di PT. Bank
Syariah Mandiri KCP Medan Setia Budi.
3. Variabel keunggulan produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap
loyalitas. Artinya jika semakin bagus dan menarik keunggulan produk yang
ditawarkan Pegadaia Syariah Bone maka akan membuat nasabah semakin
loyal pada Pegadaian Syariah Bone. Hasil ini mendukung penelitian
sebelumnya oleh Deti Maylina (2017) dengan hasil memiliki pengaruh yang
signifikan dan positif antara keunggulan produk tabungan akan loyalitas
nasabah bank BRI Syariah cabang Abdul Muis.
B. Implikasi
Atas hasil pengkajian yang telah dilakukan, implikasi hasil penelitian ini
bagi perusahaan sebagai berikut:
1. Service quality yang diberikan perusahaan Pegadaian Syariah Bone masih
tergolong belum bias memuaskan para nasabah. Hal ini harus segera
ditanggapi agar tidak terjadi penurunan loyalitas atau bahkan sampai membuat
nasabah berhenti menggunakan dari Pegadaian Syariah Bone. Perusahaan
harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal agar agar nasabah betah
untuk terus menggunakan produk pegadaian syariah dan tidak beralih ke
lembaga perkreditan lainnya.
2. Dalam menawarkan produk, Pegadian Syariah Bone sebaiknya bisa lebih
meyakinkan nasabah untuk menggunakan produknya berulang-ulang dengan
memberikan keunggulan-keunggulan yang lebih baik dari pada kompetitor-
kompetitor lainya agar dapat memicu loyalitas dari nasabah.
Ketersediaan
SFEBI20220192192/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

192/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top