Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Kokami Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN Satap 3 Tonra
Nur Sundari Jahsa/862082020018 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN SATAP 3
TONRA 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran PAI setelah
diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI di kelas VIII SMPN SATAP 3 TONRA 3). Untuk mengetahui
efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di
SMPN SATAP 3 TONRA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi ,
angket dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI
dilakukan dengan cara memberikan materi terlebih dahulu Kemudian
mengelompokkan siswa secara heterogen, Pelaksanaan Permainan (Game),
kemudian Kompetisi (Tournament). Kedua, hasil minat belajar siswa pada
pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika dibandingkan dengan hasil pre-
test sebelum diberikan perlakuan dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar
8.12404. 3) pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Dari hasil
uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa nilai t dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel , 4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal
ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI. Oleh karena itu,
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI
berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
A. Kesimpulan
1. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan
Media KOKAMI dilakukan dengan cara Penyajian kelas, Pembentukan
kelompok (Team), Permainan (Game), Kompetisi (Tournament), dan
Penghargaan kelompok (Team Recognize).
2. Hasil minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI masih perlu ditingkatkan lagi.
hasil post-test pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN SATAP 3
TONRA sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika
dibandingkan dengan hasil pree-test sebelum diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI.
3. Dari hasil uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa berdasarkan
kriteria analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel ,
4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI.
Oleh karena itu, model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan KOKAMI efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
B. Saran
peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI agar pembelajaran pendidikan agama Islam lebih
berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA agar selalu menggunakan model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media KOKAMI yang sesuai dengan
materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
pembelajaran dapat lebih berkualitas.
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN SATAP 3
TONRA 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran PAI setelah
diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI di kelas VIII SMPN SATAP 3 TONRA 3). Untuk mengetahui
efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di
SMPN SATAP 3 TONRA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi ,
angket dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI
dilakukan dengan cara memberikan materi terlebih dahulu Kemudian
mengelompokkan siswa secara heterogen, Pelaksanaan Permainan (Game),
kemudian Kompetisi (Tournament). Kedua, hasil minat belajar siswa pada
pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika dibandingkan dengan hasil pre-
test sebelum diberikan perlakuan dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar
8.12404. 3) pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Dari hasil
uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa nilai t dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel , 4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal
ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI. Oleh karena itu,
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI
berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
A. Kesimpulan
1. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan
Media KOKAMI dilakukan dengan cara Penyajian kelas, Pembentukan
kelompok (Team), Permainan (Game), Kompetisi (Tournament), dan
Penghargaan kelompok (Team Recognize).
2. Hasil minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI masih perlu ditingkatkan lagi.
hasil post-test pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN SATAP 3
TONRA sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika
dibandingkan dengan hasil pree-test sebelum diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI.
3. Dari hasil uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa berdasarkan
kriteria analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel ,
4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI.
Oleh karena itu, model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan KOKAMI efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
B. Saran
peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI agar pembelajaran pendidikan agama Islam lebih
berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA agar selalu menggunakan model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media KOKAMI yang sesuai dengan
materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
pembelajaran dapat lebih berkualitas.
Ketersediaan
| STAR20240142 | 142/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
142/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
