Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Kokami Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN Satap 3 Tonra

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN SATAP 3
TONRA 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran PAI setelah
diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI di kelas VIII SMPN SATAP 3 TONRA 3). Untuk mengetahui
efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media
KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di
SMPN SATAP 3 TONRA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi ,
angket dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI
dilakukan dengan cara memberikan materi terlebih dahulu Kemudian
mengelompokkan siswa secara heterogen, Pelaksanaan Permainan (Game),
kemudian Kompetisi (Tournament). Kedua, hasil minat belajar siswa pada
pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika dibandingkan dengan hasil pre-
test sebelum diberikan perlakuan dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar
8.12404. 3) pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Dari hasil
uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa nilai t dapat disimpulkan
bahwa t hitung > t tabel , 4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal
ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI. Oleh karena itu,
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI
berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam.
A. Kesimpulan
1. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan
Media KOKAMI dilakukan dengan cara Penyajian kelas, Pembentukan
kelompok (Team), Permainan (Game), Kompetisi (Tournament), dan
Penghargaan kelompok (Team Recognize).
2. Hasil minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI masih perlu ditingkatkan lagi.
hasil post-test pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMPN SATAP 3
TONRA sesudah diterapkan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI ada peningkatan jika
dibandingkan dengan hasil pree-test sebelum diterapkan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media KOKAMI.
3. Dari hasil uji paired sample t test dapat menunjukkan bahwa berdasarkan
kriteria analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel ,
4.427 > 2.262. Maka artinya H a diterima dan H 0 ditolak. Hal ini
menunjukkan bahwa minat belajar siswa lebih baik setelah diterapkan
model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan KOKAMI.
Oleh karena itu, model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan KOKAMI efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
B. Saran
peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam
agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan
media KOKAMI agar pembelajaran pendidikan agama Islam lebih
berkualitas.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam kelas VIII SMPN
SATAP 3 TONRA agar selalu menggunakan model pembelajaran Teams
Games Tournament berbantuan media KOKAMI yang sesuai dengan
materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament berbantuan media KOKAMI diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
pembelajaran dapat lebih berkualitas.
Ketersediaan
STAR20240142142/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

142/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top