Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Melalui Permainan Jejak Kaki di Kelompok B TK An-Nuur Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar
Pada Anak Melalui Permainan Jejak Kaki di Kelompok B TK An-Nuur
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini yaitu
untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak melalui permainan jejak kaki
di kelompok B TK An-Nuur Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Pre
Experimental Desaign dengan jenis one group pretest and posttests di lakukan
di kelompok B TK An-Nuur Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
dengan jumlah sampel 15 anak menggunakan pendekatan pedagogik. Penelitian
ini menggunakan teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes.
Hasil data yang diperoleh selama penelitian, dianalisis menggunakan aplikasi
SPSS for windows versi 22, untuk mengetahui hasil perhitungan statistik
deskriptif pretest-posttest, uji paired sampel t-est. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa permainan jejak kaki dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar di
kelompok B TK An-Nuur Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Hal ini
dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji t pada prettest dan posttest, nilai
signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. Sehingga dapat dikatakan bahwa
permainan jejak kaki dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok
B di TK An-Nuur Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait kemampuan
motorik kasar melalui bermain jejak kaki dikelompok B TK An-Nuur
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone maka dapat disimpulkan :
1. Kemampuan Motorik kasar anak sebelum (prettest) menerapkan
permainan jejak kaki yaitu diperoleh nilai rata rata 63. standar deviasi
4,49 dan presentase ketuntasan 46,67%.
2. Kemampuan motorik kasar anak setelah (posttest) menerapkan
permainan jejak kaki yaitu diperoleh nilai rata-rata 89. standar deviasi
4.37 dan presentase ketuntasan 100%
3. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t, menunjukkan
bahwa permainan jejak kaki berpengaruh dalam meningkatkan
kemampuan motorik kelompok B TK An-Nuur Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil uji t pada pre-test dan pos￾test dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000< 0,05 maka H1
di terima dan H0 di tolak, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah
0,000. Sehingga dapat dikatakan bahwa bermain jejak kaki dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok B di TK An-Nuur
Kecamatan tanete Riattang Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan temuan
yang diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti
memberikan saran yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya
yang serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran￾saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Disarankan untik dapat menerapkan kegiatan bermain jejak kaki dalam
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B
2. Hendaknya memberikan membelajaran yang lebih kreatif dan menarik
dalam mengeksplor bakat dan kemampuan anak dalam proses
pembelajaran
3. Peneliti selanjutnya yang akan menjadikan acuan dalam melaksanakan
penelitian selanjutnya yang pada masanya nanti akan melahirkan satu
tulisan baru yang lebih baik dan lengkap.
Ketersediaan
STAR20250127127/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

127/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Motorik Kasar

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top