Strategi Manajemen Kelas dalam Peningkatan Partisipasi Siswa pada Proses Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Manajemen Kelas dalam Peningkatan
Partisipasi Siswa pada Proses Pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone”. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen kelas dalam partisipasi
siswa pada proses pembelajaran, skripsi ini memiliki tujuan: untuk mengetahui
strategi manajemen kelas, peningkatan partisipasi siswa pada proses pembelajaran
dan strategi manajemen kelas dalam peningkatan partisipasi siswa pada proses
pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone. Penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research yang pengumpulan datanya menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta
verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi manajemen kelas
di SMA Negeri 16 Bone yang terdiri dari menciptakan iklim pembelajaran yang
tepat, mengatur ruangan belajar dan mengelola interaksi kegiatan pembelajaran
telah diusahakan dilakukan dengan sebaik mungkin. Dapat dilihat dari setiap
indikator yang ada mulai dari menciptakan hubungan interpersonal yang positif,
meningkatkan motivasi belajar siswa, mengurangi perilaku siswa yang tidak
kondusif, mengatur tanaman, mengatur tempat duduk siswa dan membangun
komunikasi yang baik itu sudah mampu dilaksanakan dengan baik walaupun pasti
masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. 2)
Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone sudah bisa
dikatakan baik walaupun belum bisa dikatakan sempurna karena masih saja ada
beberapa siswa yang melanggar tata tertib di kelas serta memiliki minat dan
motivasi belajar yang rendah. 3) Strategi manajemen kelas dalam peningkatan
partisipasi siswa pada proses pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone sudah
terlaksana dengan baik dilihat dari tahap menciptakan iklim pembelajaran yang
tepat, mengatur ruangan belajar dan mengelola interaksi kegiatan pembelajaran
yang dilakukan oleh guru-guru di SMA Negeri 16 Bone. Namun tidak semua
indikator dalam meningkatkan partisipasi siswa pada proses pembelajaran bisa
dicapai dengan baik seperti masih adanya siswa yang tidak mematuhi aturan di
kelas, siswa yang tidak mengerjakan tugas dan masih tergolong sedikit siswa yang
aktif berdiskusi saat proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di BAB sebelumnya
yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 16 Bone, maka peneliti dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi manajemen kelas di SMA Negeri 16 Bone yang terdiri dari
menciptakan iklim pembelajaran yang tepat, mengatur ruangan belajar dan
mengelola interaksi kegiatan pembelajaran telah dilakukan dengan sebaik
mungkin. Dapat dilihat dari setiap indikator yang ada mulai dari menciptakan
hubungan interpersonal yang positif, meningkatkan motivasi belajar siswa,
mengurangi perilaku siswa yang tidak kondusif, mengatur tanaman, mengatur
tempat duduk siswa dan membangun komunikasi yang baik itu sudah mampu
dilaksanakan dengan baik walaupun pasti masih ada beberapa kendala yang
dihadapi dalam proses pelaksanaannya.
2. Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone sudah
bisa dikatakan baik walaupun belum bisa dikatakan sempurna karena masih
saja ada beberapa siswa yang melanggar tata tertib di kelas serta memiliki
minat dan motivasi belajar yang rendah. Walaupun demikian, para guru di
SMA Negeri 16 Bone tetap terus berusaha mengajak siswa untuk aktif
berpartisipasi dalam proses pembelajaran baik secara konstributif maupun
secara inisiatif seperti mengarahkan siswa untuk membuat catatan ringkasan,
mempelajari materi pekan depan dan terus mengajak siswa untuk berdiskusi.
3. Strategi manajemen kelas dalam peningkatan partisipasi siswa pada proses
pembelajaran di SMA Negeri 16 Bone sudah terlaksana dengan baik dilihat
dari tahap menciptakan iklim pembelajaran yang tepat, mengatur ruangan
belajar dan mengelola interaksi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru-guru di SMA Negeri 16 Bone. Namun tidak semua indikator dalam
meningkatkan partisipasi siswa pada proses pembelajaran bisa dicapai dengan
baik seperti masih adanya siswa yang tidak mematuhi aturan di kelas, siswa
yang tidak mengerjakan tugas dan masih tergolong sedikit siswa yang aktif
berdiskusi saat proses pembelajaran.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka peneliti ingin
memberikan saran yang mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain
sebagai berikut:
1. Kepada guru-guru di SMA Negeri 16 Bone tetap melaksanakan strategi
manajemen kelas dengan maksimal agar mampu meningkatkan kualitas
pembelajaran dan lebih memperhatikan masalah yang sering dihadapi
sehingga dapat mengatasi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi
kedepannya.
2. Kepada seluruh siswa di SMA Negeri 16 Bone untuk tetap mematuhi aturan
di dalam kelas agar memudahkan guru dalam memperhatikan kondisi siswa
dan membantu dalam membimbing siswa agar mencapai tujuan
pembelajaran.
Ketersediaan
STAR2024004848/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

48/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top