Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia Dini di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Nurul Fatimah/862072020008 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bentuk penanaman nilainilai pendidikan karakter melalaui kegiatan mendongeng pada AUD 2) untuk
mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter
melalaui kegiatan mendongeng pada AUD 3) Untuk mengetahui hambatan guru
dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalaui kegiatan mendongeng
pada AUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan psikologis.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan proses mereduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Mendongeng adalah salah satu kompetensi dasar di PAUD yang dapat
meningkatkan mutu dan layanan terhadap pendidik serta menstimulasi aspek
perkembangan anak melalui metode mendongeng. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat tiga bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalaui
kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, yaitu a) Nilai religius b) Nilai kejujuran c) Peduli
sosial. Selanjutnya terdapat upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
karakter melalaui kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa
Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yaitu Metode
bercerita/mendongeng, menyuruh anak menceritakan dongeng yang sudah di
dengar. Selanjutanya, hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
karakter melalaui kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa
Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yaitu kurangnya fokus dari
anak saat proses pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul penelitian
tentang upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui
kegiatan mendongeng pada anak usia dini di TK Nurul Amin Desa Carigading
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
1. Bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan
mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter terlihat dari
kemampuan anak dalam menunjukkan nilai religius, nilai kejujuran dan nilai
peduli sosial. Hal ini terlihat ketika anak mampu mengucapkan doa sebelum dan
sesudah memulai sesuatu, anak mampu menceritakan kisah dongeng tentang
kejujuran dan anak mampu berbagi dengan teman.
2. Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan
mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter terlihat
ketika guru melaksanakan metode bercerita/mendongeng. Hal ini terlihat ketika
menyuruh anak menceritakan dongeng yang sudah di dengar dan dapat
meyebutkan tokoh dalam dongeng
3. Hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui
kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter adalah
kurangnya fokus pada anak saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu
untuk menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menarik minat anak sehingga
fokus anak lebih meningkat.
B. Saran
Sebaiknya guru lebih mengoptimalkan pembelajaran yang dilaksanakan
dalam kelas sehingga tujuan dari pembelajarana tersebut tercapai yakni penanaman
nilai karakter pada anak usia dini. Bagi pembaca diharapkan dapat menggunakan
penelitian ini sebagai sumber ilmu pengetahuan guna menambah wawasan tentang
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini.
mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter
melalaui kegiatan mendongeng pada AUD 3) Untuk mengetahui hambatan guru
dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalaui kegiatan mendongeng
pada AUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologis dan psikologis.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan proses mereduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Mendongeng adalah salah satu kompetensi dasar di PAUD yang dapat
meningkatkan mutu dan layanan terhadap pendidik serta menstimulasi aspek
perkembangan anak melalui metode mendongeng. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat tiga bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalaui
kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, yaitu a) Nilai religius b) Nilai kejujuran c) Peduli
sosial. Selanjutnya terdapat upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
karakter melalaui kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa
Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yaitu Metode
bercerita/mendongeng, menyuruh anak menceritakan dongeng yang sudah di
dengar. Selanjutanya, hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan
karakter melalaui kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa
Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, yaitu kurangnya fokus dari
anak saat proses pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul penelitian
tentang upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui
kegiatan mendongeng pada anak usia dini di TK Nurul Amin Desa Carigading
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
1. Bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan
mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter terlihat dari
kemampuan anak dalam menunjukkan nilai religius, nilai kejujuran dan nilai
peduli sosial. Hal ini terlihat ketika anak mampu mengucapkan doa sebelum dan
sesudah memulai sesuatu, anak mampu menceritakan kisah dongeng tentang
kejujuran dan anak mampu berbagi dengan teman.
2. Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan
mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter terlihat
ketika guru melaksanakan metode bercerita/mendongeng. Hal ini terlihat ketika
menyuruh anak menceritakan dongeng yang sudah di dengar dan dapat
meyebutkan tokoh dalam dongeng
3. Hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui
kegiatan mendongeng pada AUD di TK Nurul Amin Desa Carigading
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa hambatan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter adalah
kurangnya fokus pada anak saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu
untuk menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menarik minat anak sehingga
fokus anak lebih meningkat.
B. Saran
Sebaiknya guru lebih mengoptimalkan pembelajaran yang dilaksanakan
dalam kelas sehingga tujuan dari pembelajarana tersebut tercapai yakni penanaman
nilai karakter pada anak usia dini. Bagi pembaca diharapkan dapat menggunakan
penelitian ini sebagai sumber ilmu pengetahuan guna menambah wawasan tentang
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini.
Ketersediaan
| STAR20240224 | 224/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
224/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
