Pengaruh Persepsi Konsumen Muslim Tentang Kepentingan Maslahah Terhadap Keputusan Pembelian Pada Makanan Kemasan Impor (Studi pada Konsumen Muslim di Kec. Tanete Riattang Kab.Bone)
Maghfira Tri Agustiani/01.18.3072 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi konsumen muslim tentang
kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan di
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui bagaimana persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah
pada makanan kemasan impor dan bagaimana pengaruh persepsi konsumen muslim
tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan
kemasan di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adal non-
probability sampling dengan teknik penentuan purposive sampling dengan sampel
100 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
(kuesioner) dengan membagikannya secara online dengan menggunakan perantara
googleform..
Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi konsumen muslim memandang
kepentingan maslahah dalam hal ini label halal dan komposisi pada makanan
kemasan impor sangatlah penting untuk ada agar konsumen khususnya muslim yang
dapat membeli dan merasa lebih aman jika dalam komposisi tidak mengandung
alkohol, minyak babi atau babi dan hal haram lainnya dalam makanan kemasan
impor tersebut. (2) Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah
berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan impor
ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar 4,275. Dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan ada pengaruh signifikan antara
persepsi konsumen tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian
pada makanan kemasan impor. Adapun nilai T tabel yang telah didapatkan sebesar
1,984. Karena nilai T hitung > T tabel atau 4,275 > 1,984 artinya H 1 diterima dan H 0
ditolak yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara persepsi konsumen
muslim tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan
kemasan impor di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berlandaskan hasil penelitian penulis dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Persepsi konsumen muslim memandang kepentingan maslahah dalam hal
ini label halal dan komposisi pada makanan kemasan impor sangatlah
penting untuk ada agar konsumen khususnya muslim yang dapat membeli
dan merasa lebih aman jika dalam komposisi tidak mengandung alkohol,
minyak babi atau babi dan hal haram lainnya dalam makanan kemasan
impor tersebut.
2. Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah berpengaruh
terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan impor dengan nilai
T hitung sebesar 4,275. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Oleh
karena itu, dapat dikatakan ada pengaruh signifikan antara persepsi
konsumen tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian
pada makanan kemasan impor. Adapun nilai T tabel yang telah didapatkan
sebesar 1,984. Karena nilai T hitung > T tabel atau 4,275 > 1,984 artinya H 1
diterima dan H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara
persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah terhadap
keputusan pembelian pada makanan kemasan impor di Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone.
B. Saran
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen muslim
yang ada di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, sadar akan
kepentingan maslahah dalam keputusan pembelian pada makanan
kemasan impor . Oleh karena itu, disarankan kepada konsumen muslim
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone agar tetap bersikap hati-hati
dalam melakukan keputusan pembelian makanan kemasan baik itu impor
maupun lokal.
1. Penulis menyadari hasil penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan
masih memiliki banyak kekurangan . Oleh karena itu, diharapkan dapat
dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga dapat dijadikan sebagai
bahan pertimbangan atau panduan bagi konsumen muslim di Kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone dal hal membuat keputusan pembelian.
C. Implikasi
Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah terhadap
keputusan pembelian pada makanan kemasan impor dari hasil penelitian ini
menyatakan bahwa konsumen sadar akan adanya maslahah yang perlu diambil
dari makanan ataupun minuman yang dikonsumsi. Jika makanan atau
minuman impor yang ingin dibeli terasa asing sebaiknya lakukan pencarian
informasi terlebih dahulu agar mengetahui kandungan atau informasi
mengenai makanan ataupun minuman kemasan impor yang ingin dibeli.
kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan di
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui bagaimana persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah
pada makanan kemasan impor dan bagaimana pengaruh persepsi konsumen muslim
tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan
kemasan di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adal non-
probability sampling dengan teknik penentuan purposive sampling dengan sampel
100 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket
(kuesioner) dengan membagikannya secara online dengan menggunakan perantara
googleform..
Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi konsumen muslim memandang
kepentingan maslahah dalam hal ini label halal dan komposisi pada makanan
kemasan impor sangatlah penting untuk ada agar konsumen khususnya muslim yang
dapat membeli dan merasa lebih aman jika dalam komposisi tidak mengandung
alkohol, minyak babi atau babi dan hal haram lainnya dalam makanan kemasan
impor tersebut. (2) Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah
berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan impor
ditunjukkan dengan nilai T hitung sebesar 4,275. Dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan ada pengaruh signifikan antara
persepsi konsumen tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian
pada makanan kemasan impor. Adapun nilai T tabel yang telah didapatkan sebesar
1,984. Karena nilai T hitung > T tabel atau 4,275 > 1,984 artinya H 1 diterima dan H 0
ditolak yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara persepsi konsumen
muslim tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian pada makanan
kemasan impor di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berlandaskan hasil penelitian penulis dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Persepsi konsumen muslim memandang kepentingan maslahah dalam hal
ini label halal dan komposisi pada makanan kemasan impor sangatlah
penting untuk ada agar konsumen khususnya muslim yang dapat membeli
dan merasa lebih aman jika dalam komposisi tidak mengandung alkohol,
minyak babi atau babi dan hal haram lainnya dalam makanan kemasan
impor tersebut.
2. Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah berpengaruh
terhadap keputusan pembelian pada makanan kemasan impor dengan nilai
T hitung sebesar 4,275. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Oleh
karena itu, dapat dikatakan ada pengaruh signifikan antara persepsi
konsumen tentang kepentingan maslahah terhadap keputusan pembelian
pada makanan kemasan impor. Adapun nilai T tabel yang telah didapatkan
sebesar 1,984. Karena nilai T hitung > T tabel atau 4,275 > 1,984 artinya H 1
diterima dan H 0 ditolak yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara
persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah terhadap
keputusan pembelian pada makanan kemasan impor di Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone.
B. Saran
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen muslim
yang ada di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, sadar akan
kepentingan maslahah dalam keputusan pembelian pada makanan
kemasan impor . Oleh karena itu, disarankan kepada konsumen muslim
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone agar tetap bersikap hati-hati
dalam melakukan keputusan pembelian makanan kemasan baik itu impor
maupun lokal.
1. Penulis menyadari hasil penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan
masih memiliki banyak kekurangan . Oleh karena itu, diharapkan dapat
dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga dapat dijadikan sebagai
bahan pertimbangan atau panduan bagi konsumen muslim di Kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone dal hal membuat keputusan pembelian.
C. Implikasi
Persepsi konsumen muslim tentang kepentingan maslahah terhadap
keputusan pembelian pada makanan kemasan impor dari hasil penelitian ini
menyatakan bahwa konsumen sadar akan adanya maslahah yang perlu diambil
dari makanan ataupun minuman yang dikonsumsi. Jika makanan atau
minuman impor yang ingin dibeli terasa asing sebaiknya lakukan pencarian
informasi terlebih dahulu agar mengetahui kandungan atau informasi
mengenai makanan ataupun minuman kemasan impor yang ingin dibeli.
Ketersediaan
| SFEBI20220191 | 191/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
191/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
