Penerapan Metode Tahsin Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TK TPA Nurul Jihad Waru Desa Batugading Kecamatan Mare Kabupaten Bone
Asmirah/02.18.1003 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Metode Tahsin Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad Waru Desa Batugading
Kecamatan Mare Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni
penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di
TK TPA Nurul Jihad Waru, untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan metode
tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di TK TPA Nurul Jihad
Waru.
Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Untuk
memecahkan permasalahan dalam skripsi ini penulis menggunakan beberapa
pendekatan yaitu paedagogik dan psikologis. Adapun informan pada penelitian ini 6
orang yang terdiri dari ustadzah dan santri. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode tahsin dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di TK TPA Nurul Jihad Waru telah
dilakukan dengan baik dengan menggunakan beberapa langkah yaitu: 1) privat yaitu
memberikan contoh bacaan yang benar kemudian mengajarkan santri satu persatu dan
meirukannya, 2) klasikal individual, yaitu mengulang apa yang disampaikan ustadzah
secara bersama-sama, 3) klasikal baca simak yaitu memberikan teguran langsung jika
santri keliru atau tidak sesuai yang disampaikan ustadzah dan ustadzah mengajukan
pertanyaan dan santri menjawab. Kedua, kemampuan membaca al-Qur‟an santri di
TK TPA Nurul Jihad mengalami peningkatan yang baik. Peningkatan kemampuan
membaca al-Qur‟an tersebut adalah santri yang dulu membaca al-Qur‟an tidak tepat
dan tidak sesuai dengan makharijul huruf, sifat-sifat huruf, dan tajwid. Sekarang
sudah mampu membaca al-Qur‟an secara fasih dengan baik dqan benar. Ketiga,
penerapan metode tahsin telah berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur‟an santri di TK TPA Nurul Jihad Waru. Hal ini dapat dilihat bahwa
santri mampu membaca al-Qur‟an dengan lancar, lebih berhati-hati dalam membaca
al-Qur‟an, mampu membaca al-Qur‟an dengan ilmu tajwid, mampu merasakan dan
berhenti membaca ketika salah dalam membaca yang tidak sesuai dengan ilmu
tajwid.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode tahsin dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad Waru
Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan metode tahsin di TK TPA Nurul Jihad Waru Desa Batugading
Kec. Mare Kab. Bone menggunakan buku panduan tahsin dan buku tajwid
yaitu belajar mudah membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid.
Untuk langkah penerapan metode tahsin terdapat tiga bentuk yaitu privat,
klasikal individual, dan klasikal baca simak. Ketiga bentuk tersebut
memudahkan proses pembelajaran membaca al-Qur’an santri.
2. Kemampuan membaca al-Qur’an santri di TK TPA Nurul Jihad Waru
Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone mengalami peningkatan yang
baik. Peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an tersebut adalah santri
di TK TPA Nurul Jihad Waru yang dulu membaca al-Qur’an tidak tepat
dan tidak sesuai dengan makhrarijul huruf, sifat-sifat huruf, dan tajwid.
Sekarang sudah mampu membaca al-Qur’an secara fasih dengan baik dan
benar.
3. Penerapan metode tahsin telah berkontribusi dan efektif digunakan dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad
Waru Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat bahwa
santri mampu membaca al-Qur’an dengan lancar, santri lebih berhati-hati
dalam membaca al-Qur’an, santri mampu membaca al-Qur’an dengan
benar (sesuai dengan ilmu tajwid), dan santri mampu merasakan dan
berhenti ketika salah dalam membaca al-Qur’an jika tidak sesuai dengan
ilmu tajwid.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi tang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Untuk ustadzah sebagai pengajar diharapkan mampu melihat kondisi dan
kemampuan santri di TK TPA Nurul Jihad Waru dalam belajar, serta
diharapkan dalam proses pembelajaran tetap santai agar santri tetap
nyaman dalam belajar al-Qur’an.
2. Untuk para santri di TK TPA Nurul Jihad Waru diharapkan agar selalu
bersemangat dan aktif dalam belajar membaca al-Qur’an. Karena
membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwidnya fardhu’ain hukumnya, dan
Allah swt. akan selalu memberikan pahala yang besar bagi orang yang
bersungguh-sungguh belajar al-Qur’an.
Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad Waru Desa Batugading
Kecamatan Mare Kabupaten Bone”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni
penerapan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di
TK TPA Nurul Jihad Waru, untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan metode
tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di TK TPA Nurul Jihad
Waru.
Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Untuk
memecahkan permasalahan dalam skripsi ini penulis menggunakan beberapa
pendekatan yaitu paedagogik dan psikologis. Adapun informan pada penelitian ini 6
orang yang terdiri dari ustadzah dan santri. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode tahsin dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di TK TPA Nurul Jihad Waru telah
dilakukan dengan baik dengan menggunakan beberapa langkah yaitu: 1) privat yaitu
memberikan contoh bacaan yang benar kemudian mengajarkan santri satu persatu dan
meirukannya, 2) klasikal individual, yaitu mengulang apa yang disampaikan ustadzah
secara bersama-sama, 3) klasikal baca simak yaitu memberikan teguran langsung jika
santri keliru atau tidak sesuai yang disampaikan ustadzah dan ustadzah mengajukan
pertanyaan dan santri menjawab. Kedua, kemampuan membaca al-Qur‟an santri di
TK TPA Nurul Jihad mengalami peningkatan yang baik. Peningkatan kemampuan
membaca al-Qur‟an tersebut adalah santri yang dulu membaca al-Qur‟an tidak tepat
dan tidak sesuai dengan makharijul huruf, sifat-sifat huruf, dan tajwid. Sekarang
sudah mampu membaca al-Qur‟an secara fasih dengan baik dqan benar. Ketiga,
penerapan metode tahsin telah berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur‟an santri di TK TPA Nurul Jihad Waru. Hal ini dapat dilihat bahwa
santri mampu membaca al-Qur‟an dengan lancar, lebih berhati-hati dalam membaca
al-Qur‟an, mampu membaca al-Qur‟an dengan ilmu tajwid, mampu merasakan dan
berhenti membaca ketika salah dalam membaca yang tidak sesuai dengan ilmu
tajwid.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode tahsin dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad Waru
Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan metode tahsin di TK TPA Nurul Jihad Waru Desa Batugading
Kec. Mare Kab. Bone menggunakan buku panduan tahsin dan buku tajwid
yaitu belajar mudah membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid.
Untuk langkah penerapan metode tahsin terdapat tiga bentuk yaitu privat,
klasikal individual, dan klasikal baca simak. Ketiga bentuk tersebut
memudahkan proses pembelajaran membaca al-Qur’an santri.
2. Kemampuan membaca al-Qur’an santri di TK TPA Nurul Jihad Waru
Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone mengalami peningkatan yang
baik. Peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an tersebut adalah santri
di TK TPA Nurul Jihad Waru yang dulu membaca al-Qur’an tidak tepat
dan tidak sesuai dengan makhrarijul huruf, sifat-sifat huruf, dan tajwid.
Sekarang sudah mampu membaca al-Qur’an secara fasih dengan baik dan
benar.
3. Penerapan metode tahsin telah berkontribusi dan efektif digunakan dalam
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TK TPA Nurul Jihad
Waru Desa Batugading Kec. Mare Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat bahwa
santri mampu membaca al-Qur’an dengan lancar, santri lebih berhati-hati
dalam membaca al-Qur’an, santri mampu membaca al-Qur’an dengan
benar (sesuai dengan ilmu tajwid), dan santri mampu merasakan dan
berhenti ketika salah dalam membaca al-Qur’an jika tidak sesuai dengan
ilmu tajwid.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi tang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Untuk ustadzah sebagai pengajar diharapkan mampu melihat kondisi dan
kemampuan santri di TK TPA Nurul Jihad Waru dalam belajar, serta
diharapkan dalam proses pembelajaran tetap santai agar santri tetap
nyaman dalam belajar al-Qur’an.
2. Untuk para santri di TK TPA Nurul Jihad Waru diharapkan agar selalu
bersemangat dan aktif dalam belajar membaca al-Qur’an. Karena
membaca al-Qur’an sesuai dengan tajwidnya fardhu’ain hukumnya, dan
Allah swt. akan selalu memberikan pahala yang besar bagi orang yang
bersungguh-sungguh belajar al-Qur’an.
Ketersediaan
| STAR20220258 | 258/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
258/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
