Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMAN 25 Bone
A. Firdayanti/862082020029 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana hubungan
kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 bone 2). Untuk mengetahui
bagaimana ukuran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam bagi siswa kelas X di SMAN 25 Bone. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Correlational Research. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas X untuk
mengukur persepsinya terhadap kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama
Islam. Selain itu, data hasil belajar siswa diambil dari nilai rapor siswa kelas X
semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar siswa.
Hasil uji hipotesis data dari kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar
siswa menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah -
0.020. Nilai ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara variabel X dan Y.
Sedangkan untuk nilai Sig yaitu 0.915. Nilai ini lebih besar dari 0,05 yang artinya
hasilnya tidak signifikikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor lain
mungkin lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, seperti metode
pengajaran, materi pelajaran, lingkungan belajar, dan motivasi intrinsik siswa.
A. Kesimpulan
Hasil uji hipotesis data dari kompetensi kepribadian guru berbasis
pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa
koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah -0.020. Nilai ini
menunjukkan tidak adanya hubungan antara variabel X dan Y. Sedangkan
untuk nilai Sig yaitu 0.915. Nilai ini lebih besar dari 0,05 yang artinya
hasilnya tidak signifikikan. Sehingga menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1
ditolak. Dengan kata lain kompetensi kepribadian guru berbasis pendidikan
karakter tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 Bone.
Ukuran prestasi belajar siswa di SMAN 25 Bone yaitu berupa
penilaian ulangan harian, ulangan akhir semester, nilai rapor serta prestasi
akademik dan non akademik. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran
terdapat hambatan dan kendala dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Adapun hambatan dan kendala tersebut seperti adanya beberapa peserta
didik yang memiliki minat belajar dan motivasi belajar yang kurang sehingga
hal tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Adapun peserta didik
yang memiliki hasil belajar yang kurang maka akan diberikan remedial
(perbaikan), dengan memberikan pelajaran tambahan di luar jam pelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 Bone.
Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kompetensi kepribadian guru
adalah aspek penting dalam pendidikan, namun hal tidak secara langsung
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu:
pertama, hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai variabel lain, seperti
metode pengajaran, materi pelajaran, lingkungan belajar, dan motivasi
intrinsik siswa. Kedua, pengaruh kompetensi kepribadian guru berbasis
pendidikan karakter terhadap hasil belajar mungkin memerlukan waktu yang
lebih lama untuk terlihat secara signifikan. Ketiga, pengaruh dari keluarga
dan lingkungan sosial siswa juga dapat memainkan peran yang signifikan
dalam menentukan hasil belajar mereka.
B. Saran
Setelah menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan menguraikan
saran-saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru perlu mendapatkan pelatihan yang terfokus pada
pengembangan kompetensi kepribadian dan penarapan pendidikan
karakter dalam pengajaran agar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa.
2. Siswa disarankan untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran yang
menekankan nilai-nilai karakter seperti kejujuran dan tanggung jawab
dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam.
kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 bone 2). Untuk mengetahui
bagaimana ukuran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam bagi siswa kelas X di SMAN 25 Bone. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Correlational Research. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas X untuk
mengukur persepsinya terhadap kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama
Islam. Selain itu, data hasil belajar siswa diambil dari nilai rapor siswa kelas X
semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan
yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar siswa.
Hasil uji hipotesis data dari kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar
siswa menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah -
0.020. Nilai ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara variabel X dan Y.
Sedangkan untuk nilai Sig yaitu 0.915. Nilai ini lebih besar dari 0,05 yang artinya
hasilnya tidak signifikikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor lain
mungkin lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, seperti metode
pengajaran, materi pelajaran, lingkungan belajar, dan motivasi intrinsik siswa.
A. Kesimpulan
Hasil uji hipotesis data dari kompetensi kepribadian guru berbasis
pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa
koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah -0.020. Nilai ini
menunjukkan tidak adanya hubungan antara variabel X dan Y. Sedangkan
untuk nilai Sig yaitu 0.915. Nilai ini lebih besar dari 0,05 yang artinya
hasilnya tidak signifikikan. Sehingga menunjukkan bahwa H0 diterima dan H1
ditolak. Dengan kata lain kompetensi kepribadian guru berbasis pendidikan
karakter tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 Bone.
Ukuran prestasi belajar siswa di SMAN 25 Bone yaitu berupa
penilaian ulangan harian, ulangan akhir semester, nilai rapor serta prestasi
akademik dan non akademik. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran
terdapat hambatan dan kendala dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Adapun hambatan dan kendala tersebut seperti adanya beberapa peserta
didik yang memiliki minat belajar dan motivasi belajar yang kurang sehingga
hal tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Adapun peserta didik
yang memiliki hasil belajar yang kurang maka akan diberikan remedial
(perbaikan), dengan memberikan pelajaran tambahan di luar jam pelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMAN 25 Bone.
Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kompetensi kepribadian guru
adalah aspek penting dalam pendidikan, namun hal tidak secara langsung
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu:
pertama, hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai variabel lain, seperti
metode pengajaran, materi pelajaran, lingkungan belajar, dan motivasi
intrinsik siswa. Kedua, pengaruh kompetensi kepribadian guru berbasis
pendidikan karakter terhadap hasil belajar mungkin memerlukan waktu yang
lebih lama untuk terlihat secara signifikan. Ketiga, pengaruh dari keluarga
dan lingkungan sosial siswa juga dapat memainkan peran yang signifikan
dalam menentukan hasil belajar mereka.
B. Saran
Setelah menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan menguraikan
saran-saran. Adapun saran-saran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru perlu mendapatkan pelatihan yang terfokus pada
pengembangan kompetensi kepribadian dan penarapan pendidikan
karakter dalam pengajaran agar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa.
2. Siswa disarankan untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran yang
menekankan nilai-nilai karakter seperti kejujuran dan tanggung jawab
dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Ketersediaan
| STAR20240280 | 280/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
280/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
