Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pedidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 1 Bengo
Astiara Wijaya/862082020098 - Personal Name
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi
exsperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh video pembelajaran interaktif
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas VII di SMPN 1 Bengo. Pengumpulan data penelitian diperoleh
menggunakan teknik observasi dan angket. Tekhnik analisis data yang
digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial (menghitung
signifikansi dengan uji t dan menghitung effect size), kemudian dianalisis
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 25. Berdasarkan
observasi penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelas yang
perlakuan berupa video pembelajaran interaktof memiliki peningkatan motivasi
belajar dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hal
ditunjukkan dari hasil perhitungan rata-rata posttest kelas eksperimen yang
belajar menggunakan Video Pembelajaran Interaktif (nilai rata-rata 48,81)
menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
yang belajar menggunakan metode konvensional (nilai rata-rata 37,27). Selain
itu, hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh Sig.(2-tailed)
sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima,
yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar
siswa yang belajar menggunakan video interaktif dengan pembelajaran
konvensional. Perhitugan menggunakan effect size menunjukkan bahwa video
pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang tergolong tinggi terhadap
motivasi belajar siswa (dengan nilai effect size 1,366).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Motivasi belajar siswa di kelas kontrol (yang tidak menggunakan video
pembelajaran interaktif) memiliki skor rata-rata (mean) sebesar 37,27. Skor
tersebut termasuk pada kategori motivasi rendah jika dibandingkan dengan
rata-rata(mean) kelas eksperimen. Adapun motivasi belajar siswa kelas
eksperimen (yang menggunakan video pembelajaran interaktif) memiliki
skor rerata (mean) sebesar 48,81. Skor tersebut termasuk pada kategori
sangat tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol.
2. Berdasarkan data hasil penelitian di SMP Negeri 1 Bengo, terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pembelajaran video
interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengo. Hal ini dapat
terlihat dari perhitungan uji independen t tes menggunakan SPSS diperoleh
hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan video pembelajaran
interaktif terhadap motivasi belakar siswa. Selain itu berdasarkan hasil
perhitungan yang telah dilakukan oleh peneliti menggunakan rumus uji
effect size skor yang diperoleh sebesar 1,366 yang menunjukan bahwa hasil
yang diperoleh lebih besar dari 0,8, hal ini menunjukkan bahwa Interpretasi
Effect Size nilai yang lebih besar daripada 0,8 artinya masuk dalam kategori
besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran
interaktif memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1
Bengo.
B. Saran
1. Motivasi belajar merupakan faktor terpenting dalam pembelajaran.
Sehingga motivasi yang kurang perlu dibenahi sejak dini dalam
pembelajaran dengan berbagai cara edukatif agar tujuan pembelajaran
dapat terlaksana dengan baik.
2. Guru harus memiliki wawasan yang luas tentang media pembelajaran
yang digunakan dalam pembelajaran. Agar media pembelajaran yang
digunakan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
exsperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh video pembelajaran interaktif
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas VII di SMPN 1 Bengo. Pengumpulan data penelitian diperoleh
menggunakan teknik observasi dan angket. Tekhnik analisis data yang
digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial (menghitung
signifikansi dengan uji t dan menghitung effect size), kemudian dianalisis
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 25. Berdasarkan
observasi penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelas yang
perlakuan berupa video pembelajaran interaktof memiliki peningkatan motivasi
belajar dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Hal
ditunjukkan dari hasil perhitungan rata-rata posttest kelas eksperimen yang
belajar menggunakan Video Pembelajaran Interaktif (nilai rata-rata 48,81)
menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
yang belajar menggunakan metode konvensional (nilai rata-rata 37,27). Selain
itu, hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh Sig.(2-tailed)
sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima,
yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar
siswa yang belajar menggunakan video interaktif dengan pembelajaran
konvensional. Perhitugan menggunakan effect size menunjukkan bahwa video
pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang tergolong tinggi terhadap
motivasi belajar siswa (dengan nilai effect size 1,366).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Motivasi belajar siswa di kelas kontrol (yang tidak menggunakan video
pembelajaran interaktif) memiliki skor rata-rata (mean) sebesar 37,27. Skor
tersebut termasuk pada kategori motivasi rendah jika dibandingkan dengan
rata-rata(mean) kelas eksperimen. Adapun motivasi belajar siswa kelas
eksperimen (yang menggunakan video pembelajaran interaktif) memiliki
skor rerata (mean) sebesar 48,81. Skor tersebut termasuk pada kategori
sangat tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol.
2. Berdasarkan data hasil penelitian di SMP Negeri 1 Bengo, terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pembelajaran video
interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengo. Hal ini dapat
terlihat dari perhitungan uji independen t tes menggunakan SPSS diperoleh
hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan video pembelajaran
interaktif terhadap motivasi belakar siswa. Selain itu berdasarkan hasil
perhitungan yang telah dilakukan oleh peneliti menggunakan rumus uji
effect size skor yang diperoleh sebesar 1,366 yang menunjukan bahwa hasil
yang diperoleh lebih besar dari 0,8, hal ini menunjukkan bahwa Interpretasi
Effect Size nilai yang lebih besar daripada 0,8 artinya masuk dalam kategori
besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran
interaktif memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1
Bengo.
B. Saran
1. Motivasi belajar merupakan faktor terpenting dalam pembelajaran.
Sehingga motivasi yang kurang perlu dibenahi sejak dini dalam
pembelajaran dengan berbagai cara edukatif agar tujuan pembelajaran
dapat terlaksana dengan baik.
2. Guru harus memiliki wawasan yang luas tentang media pembelajaran
yang digunakan dalam pembelajaran. Agar media pembelajaran yang
digunakan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
Ketersediaan
| STAR20240279 | 279/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
279/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
