Implementasi Strategi Quantum Teaching Tipe TANDUR Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI.A di SMPN 2 Barebbo

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi strategi Quantum Teaching tipe
TANDUR pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Konsentrasi
Belajar Siswa Kelas IX.A di SMPN 2 Barebbo”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi Quantum Teaching tipe TANDUR dapat
membina konsentrasi belajar siswa khususnya pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam
di kelas IX.A di SMP Negeri 2 Barebbo.
Masalah ini dianalisis dengan pendekatan Pedagogik dan dibahas dengan metode
penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam paradigma
pendidikan, konsentrasi dapat menjadi sebuah permasalahan yang cukup penting dalam
mencapai tujuan pendidikan. Guru PAI di SMP Negeri 2 Barebbo mengimplementasikan
strategi Quantum Teaching tipe TANDUR sebagai salah satu inovasi dalam menghadapi
permasalahan konsentrasi belajar siswa dalam kelas dan hasilnya dapat memberikan
perubahan yang cukup baik pada diri peserta didik, baik dari tingkah lakunya maupun dari
proses pembelajaranya.
Konsentrasi belajar siswa, strategi Quantum Teaching tipe TANDUR merupakan
sebuah strategi yang melibatkan siswa dalam pembelajaran dari awal hingga akhir,
memberikan rasa nyaman dalam belajar sehingga mampu meningkatkan kreatifitas,
mendorong rasa ingin tahu mereka. Dengan begitu, konsentrasi mereka akan terjaga.
Konstribusi strategi Quantum Teaching tipe TANDUR dalam mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam, dapat memberikan perubahan perubahan yang cukup signifikan, Hal ini
terlihat dari strategi Quantum Teaching tipe TANDUR yang telah membantu mengubah
perilaku siswa menjadi lebih patuh terhadap aturan sekolah, meningkatkan partisipasi aktif
dalam pembelajaran dan memperdalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama dan
mampu menarik perhatian siswa yang hasilnya dapat meningkatkan pemahaman mereka.
Hal ini dapat dilihat dari perubahan perubahan yang dilakukan peserta didik setelah
melakukan pembelajaranya
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu :
1. Proses pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam membina konsentrasi belajar
siswa melalui strategi Quantum Teaching tipe TANDUR di SMP Negeri 2 Barebbo
memiliki beberapa tahapan penting, yaitu terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi. Guru-guru PAI di sekolah tersebut merencanakan pembelajaran dengan
baik, mengidentifikasi nilai-nilai agama yang ingin ditekankan dan memberikan contoh
konkret dalam kehidupan sehari-hari. Selama pelaksanaan, mereka menggunakan
pendekatan interaktif dalam lingkup praktek Tumbuhkan, Alami, Namai,
Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan (TANDUR), mendorong partisipasi aktif siswa,
dan menciptakan lingkungan kelas yang nyaman. Evaluasi dilakukan dengan mencatat
respons siswa, pertanyaan, dan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai agama dari
kemampuan konsentrasi belajar siswa selama pembelajaran.
2. Hasil pembelajaran PAI melalui strategi Quantum Teaching tipe TANDUR dalam
membina konsentrasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Barebbo cukup signifikan. Hal ini
terlihat dari strategi Quantum Teaching tipe TANDUR yang telah membantu mengubah
perilaku siswa menjadi lebih patuh terhadap aturan sekolah, meningkatkan partisipasi
aktif dalam pembelajaran dan memperdalam pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama
dan mampu menarik perhatian siswa yang hasilnya dapat meningkatkan pemahaman
mereka.
B. Saran
1. Bagi Kepala Sekolah dan Seluruh Staff Guru.
Kepala sekolah beserta seluruh staff guru perlu melakukan pemantauan dan
evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan strategi Quantum Teaching tipe
TANDUR dalam pembelajaran PAI. Hasil pemantauan ini dapat digunakan untuk terus
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah.
2. Bagi Guru PAI:
Teruslah berinovasi dalam melakukan pembelajaran dengan startegi Quantum
Teaching yang digunakan. Cobalah berbagai pendekatan, contoh konkret, jadilah lebih
kreatif dengan membuat alat bantu yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik
dan relevan bagi siswa. Melakukan evaluasi diri secara berkala terhadap pelaksanaan
strategi Quantum Teaching. Jangan ragu menerima umpan balik dari siswa untuk
memahami perspektif mereka.
3. Bagi Siswa
Berpartisipasilah aktif dalam pelajaran PAI melalui strategi Quantum Teaching
tipe TANDUR ini dan apapun bentuk pembelajaranya. Ajukan pertanyaan, berikan
tanggapan dan jangan takut untuk terlibat dalam diskusi dengan guru dan teman-teman.
Murid yang aktif mengikuti pembelajaran akan banyak pula yang dapat ia kuasai
Ketersediaan
STAR20240230230/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

230/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top