Efektivitas Media Card Sort Dalam Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Kelas VII H SMP Negeri 1 Watampone
A. Irmayanti/862082020057 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Media Card Sort dalam
Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam
Kelas VII H SMP Negeri 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman tajwid siswa dengan diterapkannya media Card Sort di kelas VII H SMP
Negeri 1 Watampone.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII
H SMP Negeri 1 Watampone yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tajwid siswa melalui
media Card Sort mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui
siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I sebesar 46,15% atau 12 siswa yang tuntas
dan yang belum tuntas sebesar 53,85% atau 14 siswa. Pada siklus II data ketuntasan
hasil belajar peserta didik sebesar 80,77% atau 21 peserta didik yang tuntas dan yang
belum tuntas sebesar 19,23% atau 5 siswa. Dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa atau sebesar 34,62%, sehingga hasil
yang diperoleh pada siklus II sebesar 80,77% lebih besar dari ketuntasan yang
ditentukan yakni 80%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
media pembelajaran card sort dapat meningkatkan pemahaman tajwid siswa pada mata
pelajaran PAI kelas VII H di SMP Negeri 1 watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri
1 Watampone menggunakan media card sort pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam materi tajwid maka dilakukan suatu tindakan
penelitian yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian tersebut
dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklusnya
terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Pada tahapan pelaksanaan dilakukan kegiatan pembelajaran
sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik, dan
diakhir pembelajaran dilakukan tes untuk mengetahui peningkatan
pemahaman peserta didik setelah penggunaan media card sort.
2. Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan penggunaan media
card sort pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi tajwid dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1
Watampone. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil
belajar peserta didik setiap siklusnya, mulai dari siklus I sampai pada
siklus II. Data ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar
46,15% atau 12 peserta didik yang tuntas dan yang belum tuntas sebesar
53,85% atau 14 peserta didik. Pada siklus II data ketuntasan hasil belajar
peserta didik sebesar 80,77% atau 21 peserta didik yang tuntas dan yang
belum tuntas sebesar 19,23% atau 5 peserta didik. Dari siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 9 peserta didik atau
sebesar 34,62%, sehingga hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar
80,77% lebih besar dari ketuntasan yang ditentukan yakni 80%. Perolehan
nilai rata-rata dari hasil setiap siklus juga mengalami peningkatan, pada
siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 66,54 dan siklus II nilai rata-ratanya
78,27 yaitu meningkat sebesar 11,73. Jadi hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa nilai rata-rata pada siklus II yaitu 78,27 lebih besar dari pada nilai
KKM yang telah ditentukan yaitu 75, sehingga penelitian Tindakan kelas
dengan menggunakan media card sort pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam materi tajwid dinyatakan berhasil karena dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1
watampone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut:
1. Peserta didik sebelum memulai pelajaran di kelas hendaknya terlebih
dahulu melakukan tadarrus Al-Qur’an bersama dengan tujuan
memperlancar bacaan Al-Qur’an peserta didik.
2. Karena penggunaan media yang menunjang metode sangatlah penting,
sehingga perlu penggunaan media yang relevan dan tepat dalam proses
pembelajaran.
3. Peserta didik hendaknya mengikuti dan memperhatikan setiap
pembelajaran dengan baik.
Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam
Kelas VII H SMP Negeri 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman tajwid siswa dengan diterapkannya media Card Sort di kelas VII H SMP
Negeri 1 Watampone.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII
H SMP Negeri 1 Watampone yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tajwid siswa melalui
media Card Sort mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui
siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I sebesar 46,15% atau 12 siswa yang tuntas
dan yang belum tuntas sebesar 53,85% atau 14 siswa. Pada siklus II data ketuntasan
hasil belajar peserta didik sebesar 80,77% atau 21 peserta didik yang tuntas dan yang
belum tuntas sebesar 19,23% atau 5 siswa. Dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa atau sebesar 34,62%, sehingga hasil
yang diperoleh pada siklus II sebesar 80,77% lebih besar dari ketuntasan yang
ditentukan yakni 80%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan
media pembelajaran card sort dapat meningkatkan pemahaman tajwid siswa pada mata
pelajaran PAI kelas VII H di SMP Negeri 1 watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri
1 Watampone menggunakan media card sort pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam materi tajwid maka dilakukan suatu tindakan
penelitian yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian tersebut
dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklusnya
terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Pada tahapan pelaksanaan dilakukan kegiatan pembelajaran
sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman tajwid peserta didik, dan
diakhir pembelajaran dilakukan tes untuk mengetahui peningkatan
pemahaman peserta didik setelah penggunaan media card sort.
2. Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dengan penggunaan media
card sort pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi tajwid dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1
Watampone. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil
belajar peserta didik setiap siklusnya, mulai dari siklus I sampai pada
siklus II. Data ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar
46,15% atau 12 peserta didik yang tuntas dan yang belum tuntas sebesar
53,85% atau 14 peserta didik. Pada siklus II data ketuntasan hasil belajar
peserta didik sebesar 80,77% atau 21 peserta didik yang tuntas dan yang
belum tuntas sebesar 19,23% atau 5 peserta didik. Dari siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 9 peserta didik atau
sebesar 34,62%, sehingga hasil yang diperoleh pada siklus II sebesar
80,77% lebih besar dari ketuntasan yang ditentukan yakni 80%. Perolehan
nilai rata-rata dari hasil setiap siklus juga mengalami peningkatan, pada
siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 66,54 dan siklus II nilai rata-ratanya
78,27 yaitu meningkat sebesar 11,73. Jadi hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa nilai rata-rata pada siklus II yaitu 78,27 lebih besar dari pada nilai
KKM yang telah ditentukan yaitu 75, sehingga penelitian Tindakan kelas
dengan menggunakan media card sort pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam materi tajwid dinyatakan berhasil karena dapat
meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1
watampone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti
memberikan saran sebagai berikut:
1. Peserta didik sebelum memulai pelajaran di kelas hendaknya terlebih
dahulu melakukan tadarrus Al-Qur’an bersama dengan tujuan
memperlancar bacaan Al-Qur’an peserta didik.
2. Karena penggunaan media yang menunjang metode sangatlah penting,
sehingga perlu penggunaan media yang relevan dan tepat dalam proses
pembelajaran.
3. Peserta didik hendaknya mengikuti dan memperhatikan setiap
pembelajaran dengan baik.
Ketersediaan
| STAR20240125 | 125/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi Tarbiyah
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
