Evaluasi Koleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone
Nuraeni/862312020097 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang evaluasi koleksi bahan pustaka di Perpustakaan
SMAN 2 Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi koleksi
bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Pendekatan yang digunakan terdiri atas dua, yakni pendekatan manajemen
dan sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif ada tiga
tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa evaluasi koleksi bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone
ini masih perlu pengembangan, terutama dalam hal kelengkapan subjek, keterbaruan
informasi, dan kesesuaian dengan kurikulum. Saat ini, jumlah judul buku yang tersedia
di Perpustakaan SMAN 2 Bone sebanyak 1.449 judul. Jumlah tersebut masih jauh dari
ketentuan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), yang mensyaratkan perpustakaan
sekolah menengah atas/madrasah aliyah memiliki minimal 3.000 judul buku. Oleh
karena itu, disarankan agar pihak sekolah dan pengelola perpustakaan lebih
memperhatikan pengadaan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
dan perkembangan ilmu pengetahuan. Jenis koleksi, seperti buku cetak, jurnal, bahan
referensi, koleksi digital, dan multimedia, berfungsi untuk mendukung pendidikan dan
penelitian, menjadikannya pusat informasi yang dinamis. Ketersediaan buku teks dan
referensi dipastikan melalui kolaborasi antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan
siswa. Strategi peningkatan minat baca melibatkan promosi aktif dan kegiatan terkait.
Koleksi rekaman suara dan video dikelola dengan sistem digital yang terintegrasi
untuk akses yang mudah. Jumlah koleksi yang kurang memastikan kebutuhan
informasi yang beragam dapat dipenuhi. Kriteria penambahan koleksi meliputi
relevansi kurikulum dan umpan balik dari pengguna. Pemilihan majalah dan surat
kabar didasarkan pada kebutuhan dan minat. Bahan perpustakaan referensi, seperti
ensiklopedia dan kamus, disediakan untuk mendukung penelitian dan studi. Akses ke
kamus bahasa daerah, bahasa asing, dan ensiklopedi dipromosikan dan didukung
dengan pelatihan. Koleksi kamus subjek lengkap dan digunakan secara efektif.
Perpustakaan memastikan akses ke buku statistik daerah, direktori, dan peta relevan,
serta mendukung penggunaan atlas dan biografi tokoh. Kitab suci juga disediakan dan
didukung dalam program pendidikan agama
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa evaluasi
koleksi bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone melibatkan berbagai aspek
penting. Jenis koleksi, seperti buku cetak, jurnal, bahan referensi, koleksi digital, dan
multimedia, berfungsi untuk mendukung pendidikan dan penelitian, menjadikannya
pusat informasi yang dinamis. Ketersediaan buku teks dan referensi dipastikan melalui
kolaborasi antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan siswa. Koleksi bahan pustaka
di perpustakaan ini masih perlu pengembangan, terutama dalam hal kelengkapan
subjek, keterbaruan informasi, dan kesesuaian dengan kurikulum. Saat ini, jumlah judul
buku yang tersedia di Perpustakaan SMAN 2 Bone sebanyak 1.449 judul. Jumlah
tersebut masih jauh dari ketentuan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), yang
mensyaratkan perpustakaan sekolah menengah atas/madrasah aliyah memiliki minimal
3.000 judul buku. Strategi peningkatan minat baca melibatkan promosi aktif dan
kegiatan terkait. Koleksi rekaman suara dan video dikelola dengan sistem digital yang
terintegrasi untuk akses yang mudah. Jumlah koleksi yang kurang memastikan
kebutuhan informasi yang beragam dapat dipenuhi. Kriteria penambahan koleksi
meliputi relevansi kurikulum dan umpan balik dari pengguna. Pemilihan majalah dan
surat kabar didasarkan pada kebutuhan dan minat. Bahan perpustakaan referensi,
seperti ensiklopedia dan kamus, disediakan untuk mendukung penelitian dan studi.
Akses ke kamus bahasa daerah, bahasa asing, dan ensiklopedi dipromosikan dan
didukung dengan pelatihan. Koleksi kamus subjek lengkap dan digunakan secara
efektif. Perpustakaan memastikan akses ke buku statistik daerah, direktori, dan peta
relevan, serta mendukung penggunaan atlas dan biografi tokoh. Kitab suci juga
disediakan dan didukung dalam program pendidikan agama.
B. Saran
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam
penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, mengharap dapat
memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan berkarya. Untuk kedepannya dapat
dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai Evaluasi koleksi bahan
pustaka di SMAN 2 Bone
SMAN 2 Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi koleksi
bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Pendekatan yang digunakan terdiri atas dua, yakni pendekatan manajemen
dan sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif ada tiga
tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa evaluasi koleksi bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone
ini masih perlu pengembangan, terutama dalam hal kelengkapan subjek, keterbaruan
informasi, dan kesesuaian dengan kurikulum. Saat ini, jumlah judul buku yang tersedia
di Perpustakaan SMAN 2 Bone sebanyak 1.449 judul. Jumlah tersebut masih jauh dari
ketentuan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), yang mensyaratkan perpustakaan
sekolah menengah atas/madrasah aliyah memiliki minimal 3.000 judul buku. Oleh
karena itu, disarankan agar pihak sekolah dan pengelola perpustakaan lebih
memperhatikan pengadaan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
dan perkembangan ilmu pengetahuan. Jenis koleksi, seperti buku cetak, jurnal, bahan
referensi, koleksi digital, dan multimedia, berfungsi untuk mendukung pendidikan dan
penelitian, menjadikannya pusat informasi yang dinamis. Ketersediaan buku teks dan
referensi dipastikan melalui kolaborasi antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan
siswa. Strategi peningkatan minat baca melibatkan promosi aktif dan kegiatan terkait.
Koleksi rekaman suara dan video dikelola dengan sistem digital yang terintegrasi
untuk akses yang mudah. Jumlah koleksi yang kurang memastikan kebutuhan
informasi yang beragam dapat dipenuhi. Kriteria penambahan koleksi meliputi
relevansi kurikulum dan umpan balik dari pengguna. Pemilihan majalah dan surat
kabar didasarkan pada kebutuhan dan minat. Bahan perpustakaan referensi, seperti
ensiklopedia dan kamus, disediakan untuk mendukung penelitian dan studi. Akses ke
kamus bahasa daerah, bahasa asing, dan ensiklopedi dipromosikan dan didukung
dengan pelatihan. Koleksi kamus subjek lengkap dan digunakan secara efektif.
Perpustakaan memastikan akses ke buku statistik daerah, direktori, dan peta relevan,
serta mendukung penggunaan atlas dan biografi tokoh. Kitab suci juga disediakan dan
didukung dalam program pendidikan agama
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa evaluasi
koleksi bahan pustaka di Perpustakaan SMAN 2 Bone melibatkan berbagai aspek
penting. Jenis koleksi, seperti buku cetak, jurnal, bahan referensi, koleksi digital, dan
multimedia, berfungsi untuk mendukung pendidikan dan penelitian, menjadikannya
pusat informasi yang dinamis. Ketersediaan buku teks dan referensi dipastikan melalui
kolaborasi antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan siswa. Koleksi bahan pustaka
di perpustakaan ini masih perlu pengembangan, terutama dalam hal kelengkapan
subjek, keterbaruan informasi, dan kesesuaian dengan kurikulum. Saat ini, jumlah judul
buku yang tersedia di Perpustakaan SMAN 2 Bone sebanyak 1.449 judul. Jumlah
tersebut masih jauh dari ketentuan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), yang
mensyaratkan perpustakaan sekolah menengah atas/madrasah aliyah memiliki minimal
3.000 judul buku. Strategi peningkatan minat baca melibatkan promosi aktif dan
kegiatan terkait. Koleksi rekaman suara dan video dikelola dengan sistem digital yang
terintegrasi untuk akses yang mudah. Jumlah koleksi yang kurang memastikan
kebutuhan informasi yang beragam dapat dipenuhi. Kriteria penambahan koleksi
meliputi relevansi kurikulum dan umpan balik dari pengguna. Pemilihan majalah dan
surat kabar didasarkan pada kebutuhan dan minat. Bahan perpustakaan referensi,
seperti ensiklopedia dan kamus, disediakan untuk mendukung penelitian dan studi.
Akses ke kamus bahasa daerah, bahasa asing, dan ensiklopedi dipromosikan dan
didukung dengan pelatihan. Koleksi kamus subjek lengkap dan digunakan secara
efektif. Perpustakaan memastikan akses ke buku statistik daerah, direktori, dan peta
relevan, serta mendukung penggunaan atlas dan biografi tokoh. Kitab suci juga
disediakan dan didukung dalam program pendidikan agama.
B. Saran
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam
penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, mengharap dapat
memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan berkarya. Untuk kedepannya dapat
dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut mengenai Evaluasi koleksi bahan
pustaka di SMAN 2 Bone
Ketersediaan
| STAR20250069 | 69/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
69/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
