Implementasi Sistem Informasi Manajemen Terhadap Mutu Layanan Pendidikan Di Sekolah Islam Athirah Bone
Desya Nurul Sari Mansur/862312020025 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implentasi Sistem Informasi Manajemen
terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Sistem Informasi Manajemen
terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. 2) Faktor
pendukung dalam Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Mutu
Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. 3) Faktor penghambat dalam
Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Mutu Layanan Pendidikan di
Sekolah Islam Athirah Bone. Untuk memperjelas masalah di atas, penulis
menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen terhadap mutu
layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone diwujudkan dalam bentuk
penggunaan sistem aplikasi termasuk layanan pengajar dan tenaga kependidikan
dengan mengaktifkan aplikasi SIMDIK dengan pemanfaatan berbagai sarana dan
prasarana dalam pengoptimalan implementasi sistem informasi manajemen
terhadap mutu layanan Pendidikan. Ada beberapa faktor pendukung dalam
implementasi sitem informasi manajemen terhadap mutu layanan Pendidikan yaitu
adanya sarana dan prasarana yang memadai serta adanya keseimbangan antara
sumber daya yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi
inofrmasi dang dukungan dari berabagi pihak yang telibat serta sistem informasi
DAPODIK yang melakukan pendataan baik peserta didik maupun pendidik, tenaga
kependidikan. Adapun faktor penghambat dalam implementasi sitem informasi
manajemen terhadap mutu layanan pendididikan di sekolah Islam Athirah Bone
yaitu adanya jaringan yang tidak stabil dan server yang berada jauh dari sekolah
yang terkadang eror yang membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan
Simdik itu sendiri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 1 Bone, maka peneliti menyimpulkan
sebagai berikut:
1. Implementasi sitem informasi manajemen terhadap mutu layanan Pendidikan
di sekolah Islam Athirah Bone dilihat dari kualitas sistem informasi akurat
(accurate), tepat pada waktunya (timeliness), dan akurat (accurate), serta
kualitas pelayanan yang terdiri dari relevan (relevance), bukti fisik
(Tangibles), Keandalan (Realibility, Daya Tanggap (Responsiveness),
Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty).
2. Faktor pendukung dalam implementasi sitem informasi manajemen terhadap
mutu layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone yaitu adanya sarana
dan prasarana yang memadai serta adanya keseimbangan antara sumber daya
yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi inofrmasi dang
dukungan dari berabagi pihak yang telibat serta sistem informasi DAPODIK
yang melakukan pendataan baik peserta didik maupun pendidik, tenaga
kependidikan.
3. Faktor penghambat dalam implementasi sitem informasi manajemen terhadap
mutu layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone yaitu adanya
jaringan yang tidak stabil dan server yang berada jauh dari sekolah yang
terkadang eror yang membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan
Simdik itu sendiri.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Bagi Lembaga Pendidikan
a. Di harapkan kepada pihak sekolah Islam Athirah Bone dapat
meningkatkan pelayanan secara kreatif dan inovatif serta
mengimplementasikannya secara efektif dan efesien.
b. Faktor pendukung dan penghambat sistem informasi manajemen di
sekolah Islam Athirah Bone juga perlu diperhatikan secara berkala, untuk
faktor pendukung perlu dipertahankan dan harus terus ditingkatkan supaya
tidak tertinggal dan semakin maju. Faktor penghambat dalam sistem
informasi manajemen di sekah Islam Athirah Bone perlu mendapatkan
perhatian dan tindak lanjut secara nyata oleh pihak pengguna untuk
memenuhi kepuasan pelayanan.
2. Bagi Peneliti
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, peneliti
mengharap dapat memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan
berkarya.
Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
(SIMDIK) sebagai salah stau sistem informasi manajemen terhadap mutu
layanan Pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone.
terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Sistem Informasi Manajemen
terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. 2) Faktor
pendukung dalam Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Mutu
Layanan Pendidikan di Sekolah Islam Athirah Bone. 3) Faktor penghambat dalam
Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Mutu Layanan Pendidikan di
Sekolah Islam Athirah Bone. Untuk memperjelas masalah di atas, penulis
menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi manajemen terhadap mutu
layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone diwujudkan dalam bentuk
penggunaan sistem aplikasi termasuk layanan pengajar dan tenaga kependidikan
dengan mengaktifkan aplikasi SIMDIK dengan pemanfaatan berbagai sarana dan
prasarana dalam pengoptimalan implementasi sistem informasi manajemen
terhadap mutu layanan Pendidikan. Ada beberapa faktor pendukung dalam
implementasi sitem informasi manajemen terhadap mutu layanan Pendidikan yaitu
adanya sarana dan prasarana yang memadai serta adanya keseimbangan antara
sumber daya yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi
inofrmasi dang dukungan dari berabagi pihak yang telibat serta sistem informasi
DAPODIK yang melakukan pendataan baik peserta didik maupun pendidik, tenaga
kependidikan. Adapun faktor penghambat dalam implementasi sitem informasi
manajemen terhadap mutu layanan pendididikan di sekolah Islam Athirah Bone
yaitu adanya jaringan yang tidak stabil dan server yang berada jauh dari sekolah
yang terkadang eror yang membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan
Simdik itu sendiri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMKN 1 Bone, maka peneliti menyimpulkan
sebagai berikut:
1. Implementasi sitem informasi manajemen terhadap mutu layanan Pendidikan
di sekolah Islam Athirah Bone dilihat dari kualitas sistem informasi akurat
(accurate), tepat pada waktunya (timeliness), dan akurat (accurate), serta
kualitas pelayanan yang terdiri dari relevan (relevance), bukti fisik
(Tangibles), Keandalan (Realibility, Daya Tanggap (Responsiveness),
Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty).
2. Faktor pendukung dalam implementasi sitem informasi manajemen terhadap
mutu layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone yaitu adanya sarana
dan prasarana yang memadai serta adanya keseimbangan antara sumber daya
yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi inofrmasi dang
dukungan dari berabagi pihak yang telibat serta sistem informasi DAPODIK
yang melakukan pendataan baik peserta didik maupun pendidik, tenaga
kependidikan.
3. Faktor penghambat dalam implementasi sitem informasi manajemen terhadap
mutu layanan pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone yaitu adanya
jaringan yang tidak stabil dan server yang berada jauh dari sekolah yang
terkadang eror yang membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan
Simdik itu sendiri.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Bagi Lembaga Pendidikan
a. Di harapkan kepada pihak sekolah Islam Athirah Bone dapat
meningkatkan pelayanan secara kreatif dan inovatif serta
mengimplementasikannya secara efektif dan efesien.
b. Faktor pendukung dan penghambat sistem informasi manajemen di
sekolah Islam Athirah Bone juga perlu diperhatikan secara berkala, untuk
faktor pendukung perlu dipertahankan dan harus terus ditingkatkan supaya
tidak tertinggal dan semakin maju. Faktor penghambat dalam sistem
informasi manajemen di sekah Islam Athirah Bone perlu mendapatkan
perhatian dan tindak lanjut secara nyata oleh pihak pengguna untuk
memenuhi kepuasan pelayanan.
2. Bagi Peneliti
Peneliti menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, peneliti
mengharap dapat memperbaiki individu peneliti dalam mengabdi dan
berkarya.
Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian lebih lanjut mengenai Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
(SIMDIK) sebagai salah stau sistem informasi manajemen terhadap mutu
layanan Pendidikan di sekolah Islam Athirah Bone.
Ketersediaan
| STAR20240126 | 126/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
126/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
