Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Siswa Kelas X MAN 2 Bone

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe take and give dalam proses pembelajaran pada mata
pelajaran Al-Quran Hadis siswa kelas X MAN 2 Bone dan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif take and give terhadap minat belajar
siswa kelas X MAN 2 Bone pada mata pelajaran Al-Quran Hadis. Adapun jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest with
non-equivalent control-group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
model kooperatif tipe take and give terhadap minat belajar siswa pada mata
Pelajaran Al-Quran Hadis kelas X MAN 2 Bone. Berdasarkan penelitian yang
telah dilakukan menunjukkan bahwa kelas yang telah diberikan perlaukan
memiliki peningkatan minat dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak
diberikan perlakuan berupa model pembelajaran koopertaif tipe take and give,
tetapi hanya menggunakan model konvensional.
A. Kesimpulan
1. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MAN 2 Bone, hasil dari
penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran yang telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang
telah dirancang sebelumnya, dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas
kontrol dan juga kelas eksperimen dan berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan minat kelas eksperimen yang telah diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe take and give lebih baik dari pada kelas
kontrol juga dapat dilihat dari indikator yang telah diamati dalam proses
pembelajaran berlangung yaitu siswa terlihat tertib dalam pembelajaran,
suasana dalam kelas terlihat kondusif sehingga tidak terlihat siswa merasa
bosan dalam pembelajaran berlangsung, siswa juga terlihat memiliki
ketertarikan dalam proses pembelajaran ditandai dengan siswa tidak keluar
masuk dan antusias dalam pembelajaran. Siswa juga lebih memperhatikan
penjelasan guru, mencatat materi yang diajarkan, serta menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait materi yang sedang dipelajari.
2. Berdasarkan data hasil penelitian di MAN 2 Bone, pengolahan data,
analisis data serta pembahasan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan
dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give
terhadap minat belajar siswa pada mata pembelajaran Al-Quran Hadis di
Kelas X MAN 2 Bone. Hal ini dapat terlihat dari perhitungan uji f analisis
varians (anova) diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,003. Jika nilai
sig < 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar
sebelum dan sesudah perlakuan. Dan jika nilai signifikan > 0,05 maka
tidak terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar sebelum dan
setelah perlakuan. Dari hasil pengolahan dari IMB SPSS statistic 25
diperoleh nilai signifikansi 0,003. Artinya 0,003 < 0,05 maka terdapat
pengaruh antara minat belajar sebelum dan setelah perlakuan. Jika nilai
f hitung sebesar 10,408 dibandingkan dengan nilai f tabel dengan 5% dan df=1,
diperoleh f tabel sebesar 10,408. Maka f hitung memiliki nilai lebih besar dari
pada f tabel (10,408 > 1,824). Jika f hitung > f tabel maka H 0 ditolak dan H 1
diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti
mengemukakan beberapa saran sebagai berikut.
1. Kepala Sekolah Diharapkan memberi arahan serta motivasi lebih kepada
guru dan siswa agar lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, juga
memfasilitasi sarana dan prasarana agar kebutuhan yang diperlukan dalam
proses pembelajaran dapat terpenuhi, penggunakan media pembelajaran
seperti boneka tangan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan
berbicara siswa.
2. Guru Hendaknya menggunakan alat bantu dalam proses pembelajaran agar
siswa lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan dan
memudahkan guru dalam mengajar dengan menggunakan model
pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa sehingga siswa bisa lebih
semangat dalam proses pembelajaran.
3. Siswa hendaknya lebih semangat dan lebih aktif dalam belajar di kelas,
tidak hanya saat guru menggunakan model pembelajaran tetapi juga
termotivasi dalam setiap pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat.
Ketersediaan
STAR2024008585/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

85/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top