Implementasi Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Mengatasi kurang konsentrasi Anak Usia Dini Di TK Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Nur Laela/862072020028 - Personal Name
Skripsi ini membahas Tentang Implementasi Metode Bermain Peran (Role
Playing) Untuk Mengatasi kurang konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mattiro
Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Permasalahan
pada penelitian ini ada dua yaitu 1) Bagaimana implementasi metode bermain
peran di TK Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten
Bone? 2) Bagaimana metode bernain peran dalam mengatasi kurang konsentrasi
anak di TK Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten
Bone? Selain itu, tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi bermain
peran untuk mengatasi kurang konsentrasi anak usia dini TK Mattiro Deceng
Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara
dan observasi yang kemudian di analisis melalui beberapa proses yaitu reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bermain peran efektif untuk mengatasi anak kurang
konsentrasi. Manfaatnya meliputi: meningkatkan fokus dan perhatian,
mengurangi gejala kurang konsentrasi, mengembangkan kemampuan sosial dan
emosional, meningkatkan kreativitas dan ima jinasi, serta mengurangi agresi dan
perilaku negative.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
Parenting Self Efficacy pada Ibu Usia Remaja di Desa Sulaho Kecamatan
Lasusua Kabupaten Kolaka, maka yang menjadi simpulan pada pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut
1. Implementasi metode bermain peran untuk mengatasi kurang konsentrasi
anak usia dini di Tk Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina,
Bermain peran memiliki dampak positif yang signifikan pada perkembangan anak.
Aktivitas ini meningkatkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi,
mengembangkan empati dan pemahaman terhadap orang lain, serta membangun
hubungan sosial yang lebih baik. Selain itu, bermain peran juga mengembangkan
kesadaran dan pengendalian emosi, meningkatkan kepercayaan diri dan
kemandirian, serta mengurangi stres dan kecemasan. Dengan bermain peran,
anak juga mengembangkan kemampuan berkomunikasi, empati, dan
kemandirian. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan
perhatian pnuh saat bermain, tidak terlalu membatasi anak, dan memberikan
pujian serta motivasi.
2. Metode bermain peran dalam mengatasi kurang konsentrasi anak usia dini
di Tk Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain peran efektif mengatasi anak kurang
konsentrasi. Bermain peran meningkatkan fokus dan perhatian, mengurangi
kurang konsentrasi, serta mengembangkan kemampuan sosial dan emosional.
menemukan bahwa bermain peran secara teratur dapat mengurangi gejala kurang
konsentrasi. Manfaat lainnya meliputi meningkatkan kreativitas, kemampuan
berpikir kritis, dan berkomunikasi. Bermain peran juga mengurangi agresi dan
perilaku negatif, serta meningkatkan kepercayaan diri. Untuk
mengimplementasikan bermain peran secara efektif, orang tua dan pendidik harus
terlibat, mengatur waktu bermain, dan memberikan umpan balik.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang dikemukakan sebelumnya, maka peneliti
dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah dilakukan yaitu
sebagai berikut.
1. Kepada guru, diharapakan lebih mengfokuskan pada anak yang mengalami
kurang konsentrasi dan memberikan penanganan yang tepat bagi anak.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang
bersifat kebaharuan atau pengembangan mengenai implementasi bermain
peran (Role Playing) untuk mengatasi anak yang kurang konsentrasi.
Playing) Untuk Mengatasi kurang konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mattiro
Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Permasalahan
pada penelitian ini ada dua yaitu 1) Bagaimana implementasi metode bermain
peran di TK Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten
Bone? 2) Bagaimana metode bernain peran dalam mengatasi kurang konsentrasi
anak di TK Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten
Bone? Selain itu, tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi bermain
peran untuk mengatasi kurang konsentrasi anak usia dini TK Mattiro Deceng
Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
Studi Kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara
dan observasi yang kemudian di analisis melalui beberapa proses yaitu reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bermain peran efektif untuk mengatasi anak kurang
konsentrasi. Manfaatnya meliputi: meningkatkan fokus dan perhatian,
mengurangi gejala kurang konsentrasi, mengembangkan kemampuan sosial dan
emosional, meningkatkan kreativitas dan ima jinasi, serta mengurangi agresi dan
perilaku negative.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
Parenting Self Efficacy pada Ibu Usia Remaja di Desa Sulaho Kecamatan
Lasusua Kabupaten Kolaka, maka yang menjadi simpulan pada pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut
1. Implementasi metode bermain peran untuk mengatasi kurang konsentrasi
anak usia dini di Tk Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina,
Bermain peran memiliki dampak positif yang signifikan pada perkembangan anak.
Aktivitas ini meningkatkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi,
mengembangkan empati dan pemahaman terhadap orang lain, serta membangun
hubungan sosial yang lebih baik. Selain itu, bermain peran juga mengembangkan
kesadaran dan pengendalian emosi, meningkatkan kepercayaan diri dan
kemandirian, serta mengurangi stres dan kecemasan. Dengan bermain peran,
anak juga mengembangkan kemampuan berkomunikasi, empati, dan
kemandirian. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan
perhatian pnuh saat bermain, tidak terlalu membatasi anak, dan memberikan
pujian serta motivasi.
2. Metode bermain peran dalam mengatasi kurang konsentrasi anak usia dini
di Tk Mattiro Deceng Desa Padangloang Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain peran efektif mengatasi anak kurang
konsentrasi. Bermain peran meningkatkan fokus dan perhatian, mengurangi
kurang konsentrasi, serta mengembangkan kemampuan sosial dan emosional.
menemukan bahwa bermain peran secara teratur dapat mengurangi gejala kurang
konsentrasi. Manfaat lainnya meliputi meningkatkan kreativitas, kemampuan
berpikir kritis, dan berkomunikasi. Bermain peran juga mengurangi agresi dan
perilaku negatif, serta meningkatkan kepercayaan diri. Untuk
mengimplementasikan bermain peran secara efektif, orang tua dan pendidik harus
terlibat, mengatur waktu bermain, dan memberikan umpan balik.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang dikemukakan sebelumnya, maka peneliti
dapat memberikan gambaran implikasi penelitian yang telah dilakukan yaitu
sebagai berikut.
1. Kepada guru, diharapakan lebih mengfokuskan pada anak yang mengalami
kurang konsentrasi dan memberikan penanganan yang tepat bagi anak.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang
bersifat kebaharuan atau pengembangan mengenai implementasi bermain
peran (Role Playing) untuk mengatasi anak yang kurang konsentrasi.
Ketersediaan
| STAR2025330 | 330/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
330/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
