Pola Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di Tk Tellung Poccoe Yapit Taretta Kecamatan Amali Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Pola Kerja Sama Orang Tua dan Guru
dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini di TK Tellung Poccoe Yapit
Taretta. Pokok permasalahan pada penelitian ini ada dua yaitu; 1) Bagaimana pola
kerja sama yang diterapkan oleh orang tua dan guru dalam membentuk karakter
mandiri anak usia dini di TK Tellung Poccoe Yapit Taretta. 2) Bagaimana
karakter kemandirian anak usia dini di TK Tellung Poccoe Yapit Taretta.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan psikologi dan pendekatan komunikasi. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi
yang kemudian dianalisis melalui beberapa proses yaitu reduksi data, display data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, pola kerja sama yang
diterapkan orang tua dan guru dalam membentuk mandiri anak usia dini di TK
Tellung Poccoe Yapit Taretta terdiri dari dua yaitu lingkungan sekolah dan
lingkungan keluarga. Pola kerja sama yang dilakukan oleh lingkungan sekolah
seperti guru dan orang tua melakukan pertemuan di sekolah dalam membentuk
kemandirian anak, guru dan orang tua melakukan seminar tentang pembentukan
kemandirian anak, dan guru selalu melakukan komunikasi terkait perkembangan
kemandirian anak di rumah. Pola kerja sama yang dilakukan oleh lingkungan
keluarga seperti orang tua membangun komunikasi dengan melalui media
eletronik seperti grup sosial media ‘Whatsapp’, telfon atau pesan singkat ‘SMS’
dan melakukan komunikasi dengan guru tentang perkembangan anak dalam
membentuk kemandiriannya di sekolah. Kedua, adapun karakter kemandirian
anak usia dini di TK Tellung Poccoe Yapit Taretta dari kerja sama orang tua dan
guru yang telah dilakukan menghasilkan perubahan yang signifikan dan
membentuk karakter kemandirian anak usia dini baik itu karakter mandiri anak
dari segi kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, saling
berbagi dan pandai mengendalikan emosi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul
penelitian Pola Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Karakter
Mandiri Anak Usia Dini di Tk Tellung Poccoe Yapit Taretta maka kesimpulan
penelitian ini yaitu:
1. Pola kerja sama yang diterapkan orang tua dan guru dalam membentuk
mandiri anak usia dini di TK Tellung Poccoe Yapit Taretta terdiri dari dua
yaitu:
a. Lingkungan sekolah
Adapun pola kerja sama yang dilakukan oleh lingkungan sekolah yaitu;
guru dan orang tua melakukan pertemuan di sekolah dalam membentuk
kemandirian anak, guru dan orang tua melakukan seminar tentang
pembentukan kemandirian anak, dan guru selalu melakukan komunikasi
terkait perkembangan kemandirian anak di rumah.
b. Lingkungan keluarga
Adapun pola kerja sama yang dilakukan oleh lingkungan keluarga
yaitu; orang tua membangun komunikasi dengan melalui media eletronik
seperti grup sosial media ‘Whatsapp’, telfon atau pesan singkat ‘SMS’ dan
melakukan komunikasi dengan guru tentang perkembangan anak dalam
membentuk kemandiriannya di sekolah.
2. Karakter kemandirian anak usia dini di TK Tellung Poccoe Yapit Taretta
dari kerja sama orang tua dan guru yang telah dilakukan menghasilkan
perubahan yang signifikan dan membentuk karakter kemandirian anak usia
dini. Misalnya karakter kemandirian anak dari segi kemampuan fisik yaitu
anak sudah bisa makan dan minum sendiri, karakter mandiri anak dari segi
percaya diri yaitu anak sudah mampu memilih makanan dan minuman yang
diminati dan juga anak sudah mampu mengerjakan kegiatannya tanpa
dibantu, karakter mandiri anak dari segi bertanggung jawab yaitu anak
sudah bisa membuang sampah pada tempatnya dan mengembalikan mainan
atau alat belajar dengan sendiri, karakter mandiri anak dari segi disiplin
yaitu anak sudah mampu mengerjakan kegiatan atau tugas dengan tepat
waktu, karakter mandiri anak dari segi saling berbagi yaitu anak sudah
mampu berbagi dengan temannya misalanya berbagi makanan ataupun
lainnya, dan karakter mandiri anak dari segi mengendalikan emosi yaitu
anak sudah mampu meminta maaf ketika melakukan kesalahan.
B. Saran
1. Hendaknya orang tua dan guru saling kerja sama dalam membentuk
karakter mandiri khusus pada anak usia dini.
2. Hendaknya orang tua dan guru saling terbuka baik di lingkungan sekolah
maupun di lingkungan rumah terkait perkembangan anak, guna untuk
mengenal lebih mendalam terkait karakter anak.
3. Hendaknya orang tua dan guru mengerti satu sama lain dalam membentuk
karakter mandiri anak sehingga dalam mendidik anak berjalan dengan baik
dan tercapainya tujuan sesuai apa yang dicita-citakan.
Ketersediaan
STAR20240301301/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

301/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top