Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 1 Amali

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Amali. 2)
Kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung prestasi akademik peserta didik di SMP
Negeri 1 Amali. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain
deskriptif. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan manajemen ekstrakurikuler di SMP
Negeri 1 Amali meliputi pertama perencanaan, dilakukan melalui penentuan tujuan,
pemilihan program ekstrakurikuler dan penentuan sumber daya yang akan digunakan.
Kedua pengorganisasian, dengan melakukan penetapan pembina dari masing-masing
bidang kemampuan serta pembentukan struktur lembaga kegiatan ekstrakurikuler.
Ketiga pelaksanaan, kegiatan ekstrakurikuler yang telah ditetapkan dengan jadwal
kegiatan rutinan mingguan, melakukan pembinaan melatih keterampilan peserta didik
dan mengembangkan prestasi hasil belajar baik akademik maupun non-akademik.
Partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler cukup baik dan siswa mampu
mengelola waktunya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler.
Keempat pengawasan, melakukan pengevaluasian setelah kegiatan berlangsung dan
perbaikan yang akan ditindak lanjuti. Keempat fungsi tersebut telah dimaksimalkan
pihak sekolah. 2) Manajemen ekstrakurikuler yang diterapkan SMP Negeri 1 Amali
sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen, namun perlu ditingkatkan lagi untuk
mendukung prestasi akademik siswa dilingkup kometisi antar sekolah tidak hanya
dilingkungan sekolah saja. Prestasi akademik siswa SMP negeri 1 Amali dapat dilihat
dari kinerja akademik siswa yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kegiatan
ekstrakurikuler memberikan dampak pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik
siswa. Karena dalam kegiatan ekstrakurikuler mereka dilatih untuk meningkatkan
keterampilan mereka.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka penulis dapat mengambil
Kesimpulan bahwa :
1. Penerapan manajemen ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Amali meliputi pertama
perencanaan, dilakukan melalui rapat bersama dengan tenaga pendidik. Kedua
pengorganisasian, dengan melakukan penetapan pembina sesuai pengalaman
masing-masing guru serta pembentukan struktur lembaga kegiatan
ekstrakurikuler. Ketiga pelaksanaan, kegiatan ekstrakurikuler yang telah
ditetapkan dengan jadwal kegiatan rutinan mingguan, melakukan pembinaan
melatih keterampilan peserta didik dan mengembangkan prestasi hasil belajar
baik akademik maupun non-akademik. Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan
ekstrakurikuler cukup baik, siswa pun mampu mengelola waktunya dalam
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan intrakurikuler. Keempat
pengawasan, melakukan pengevaluasian setelah kegiatan berlangsung dan
perbaikan yang akan ditindak lanjuti. Kegiatan ekstrakurikuler juga berdampak
pada nilai akademik siswa. Keempat fungsi tersebut telah di maksimalkan pihak
sekolah.
2. Manajemen ekstrakurikuler yang diterapkan SMP Negeri 1 Amali sudah berjalan
sesuai dengan fungsi manajemen, namun perlu ditingkatkan lagi untuk
mendukung prestasi akademik siswa dilingkup kompetisi antar sekolah tidak
hanya dilingkungan sekolah saja. Prestasi akademik siswa SMP Negeri 1 Amali
dapat dilihat dari kinerja akademik siswa yaitu ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik. Kegiatan ekstrakurikuler memberikan dampak pada aspek
kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Karena dalam pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler mereka dilatih untuk meningkatkan keterampilan mereka,
mengelola emosi, menyelesaikan masalah, fokus, kerja sama tim, disiplin dan
lain sebagainya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, maka penulis memberikan saran:
1. Pihak sekolah perlu meningkatkan pengawasan pada kegiatan ekstrakurikuler
untuk dilakukan penilaian kegiatan ekstrakurikuler yang tidak aktif dan kurang
peminatnya untuk dilakukan perbaikan.
2. Pihak sekolah perlu meningkatkan penerapan manajemen ekstrakurikuler dalam
upaya peningkatan prestasi akademik siswa dalam konteks kompetisi antar
sekolah.
Ketersediaan
STAR20240132132/23024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

132/23024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top