Pengaruh Metode Pembelajaran Dragon Ball Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTsN 2 Bone
Sitti Mahirah/862082020021 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Pembelajaran Dragon
Ball terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2
Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana penerapan metode
pembelajaran dragon ball terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
di MTs Negeri 2 Bone. Bagaimana pengaruh metode pembelajaran dragon ball
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 2 Bone?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah tipe eksperimen, lebih tepatnya Quasi
Exprerimental. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan pendidikan agama Islam dan peadagogis. Sampel penelitian berjumlah
43 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas
ekperimen dan kelompok kelas kontrol. Kelas eksprimen diberikan perlakuan
menggunakan metode dragon ball sedangkan kelas kontrol menggunakan metode
konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dragon ball
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada pada mata
pelajaran fikih di MTsN 2 Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan
nilai siswa setelah dibagikan lembar angket atau kuesioner pada kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis melalui
uji-f dengan menggunakan uji analisis varians anova pada analisis angket
diperoleh dilihat bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran
yang diterapkan terhadap minat belajar siswa dilihat dari hasil analisis kelompok
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika nilai sebesar 10.939
dibandingkan dengan nilai dengan 5% dan df=1, diperoleh sebesar
2.074 maka memiliki nilai lebih besar daripada (10.939 > 2.074).
Jika dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara
signifikan. Untuk nilai signifikansi sebesar 0,03. Karena nilai signifikansi tersebut
jauh lebih kecil daripada nilai taraf signifikansi (0,03 < 0,05), maka ditolak dan
diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang
berkaitan dengan kegiatan implementasi pengaruh metode pembelajaran dragon
ball terhadap minat belajar siswa sesuai dengan materi yang diberikan dan bagi
guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran dragon ball diharapkan
mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media dengan baik.
Implementasi pengaruh metode pembelajaran dragon ball dapat meningkatkan
minat dan motivasi belajar siswa dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar Metode dragon ball dilakukan dengan cara
mengelompokkan siswa secara heterogen campuran berdasarkan prestasi,
jenis kelamin, golongan dan lain-lain agar siswa dapat menjalankan hak
dan kewajiban, saling menghargai, salaing menerima perbedaan, saling
menghormati serta mendahulukan kepentingan bersama dan tidak
memaksakan kehendak sendiri.
2. Berdasarkan tabel diatas menunjukkan jumlah responden (N) ada 23
responden. Nilai dari aktivitas belajar siswa menggunakan metode
pembelajaran dragon ball pada kelas eskprimen terkecil (minimum)
adalah 43, dan nilai terbesar (maximum) adalah 57. Nilai rage merupakan
selisih nilai minimum dan maximum yaitu sebesar 14 dan nilai sum
merupakan penjumlahan dari aktivitas belajar ke-23 responden yaitu
sebesar 1.155. kemudian rata-rata nilai dari 23 responden atau (mean)
sebesar 50.22 dengan standar deviasi sebesar 4.285.
3. Berdasarkan kriteria analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan Jika
nilai sebesar 10.939 dibandingkan dengan nilai dengan 5%
dan df=1, diperoleh sebesar 2.074 maka memiliki nilai lebih
besar daripada (10.939 > 2.074). Jika dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan. Untuk nilai
signifikansi sebesar 0,03. Karena nilai signifikansi tersebut jauh lebih kecil
daripada nilai taraf signifikansi (0,03 < 0,05), maka ditolak dan
diterima.
4. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan terbukti
efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dikarenakan terdapat
pengaruh secara signifikan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
setelah menggunakan metode pembelajaran dragon ball di MTsN 2 Bone.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selajutnya peneliti akan
menguraikan implikasi peneliti berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru fikih agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode dragon ball agar minat belajar siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru fikih kelas VIII di MTs Negeri 2 Bone agar
selalu menggunakan metode dragon ball dalam pembelajaran fikih yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
minat belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode pembelajaran dragon ball
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan
media yang baik sehingga siswa lebih berminat untuk mengikuti
pembelajaran.
Ball terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 2
Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana penerapan metode
pembelajaran dragon ball terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
di MTs Negeri 2 Bone. Bagaimana pengaruh metode pembelajaran dragon ball
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 2 Bone?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah tipe eksperimen, lebih tepatnya Quasi
Exprerimental. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan pendidikan agama Islam dan peadagogis. Sampel penelitian berjumlah
43 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas
ekperimen dan kelompok kelas kontrol. Kelas eksprimen diberikan perlakuan
menggunakan metode dragon ball sedangkan kelas kontrol menggunakan metode
konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dragon ball
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada pada mata
pelajaran fikih di MTsN 2 Bone. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan
nilai siswa setelah dibagikan lembar angket atau kuesioner pada kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis melalui
uji-f dengan menggunakan uji analisis varians anova pada analisis angket
diperoleh dilihat bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran
yang diterapkan terhadap minat belajar siswa dilihat dari hasil analisis kelompok
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika nilai sebesar 10.939
dibandingkan dengan nilai dengan 5% dan df=1, diperoleh sebesar
2.074 maka memiliki nilai lebih besar daripada (10.939 > 2.074).
Jika dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara
signifikan. Untuk nilai signifikansi sebesar 0,03. Karena nilai signifikansi tersebut
jauh lebih kecil daripada nilai taraf signifikansi (0,03 < 0,05), maka ditolak dan
diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang
berkaitan dengan kegiatan implementasi pengaruh metode pembelajaran dragon
ball terhadap minat belajar siswa sesuai dengan materi yang diberikan dan bagi
guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran dragon ball diharapkan
mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media dengan baik.
Implementasi pengaruh metode pembelajaran dragon ball dapat meningkatkan
minat dan motivasi belajar siswa dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar Metode dragon ball dilakukan dengan cara
mengelompokkan siswa secara heterogen campuran berdasarkan prestasi,
jenis kelamin, golongan dan lain-lain agar siswa dapat menjalankan hak
dan kewajiban, saling menghargai, salaing menerima perbedaan, saling
menghormati serta mendahulukan kepentingan bersama dan tidak
memaksakan kehendak sendiri.
2. Berdasarkan tabel diatas menunjukkan jumlah responden (N) ada 23
responden. Nilai dari aktivitas belajar siswa menggunakan metode
pembelajaran dragon ball pada kelas eskprimen terkecil (minimum)
adalah 43, dan nilai terbesar (maximum) adalah 57. Nilai rage merupakan
selisih nilai minimum dan maximum yaitu sebesar 14 dan nilai sum
merupakan penjumlahan dari aktivitas belajar ke-23 responden yaitu
sebesar 1.155. kemudian rata-rata nilai dari 23 responden atau (mean)
sebesar 50.22 dengan standar deviasi sebesar 4.285.
3. Berdasarkan kriteria analisis pengujian hipotesis yang telah dilakukan Jika
nilai sebesar 10.939 dibandingkan dengan nilai dengan 5%
dan df=1, diperoleh sebesar 2.074 maka memiliki nilai lebih
besar daripada (10.939 > 2.074). Jika dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan. Untuk nilai
signifikansi sebesar 0,03. Karena nilai signifikansi tersebut jauh lebih kecil
daripada nilai taraf signifikansi (0,03 < 0,05), maka ditolak dan
diterima.
4. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan terbukti
efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dikarenakan terdapat
pengaruh secara signifikan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
setelah menggunakan metode pembelajaran dragon ball di MTsN 2 Bone.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selajutnya peneliti akan
menguraikan implikasi peneliti berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru fikih agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode dragon ball agar minat belajar siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru fikih kelas VIII di MTs Negeri 2 Bone agar
selalu menggunakan metode dragon ball dalam pembelajaran fikih yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
minat belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode pembelajaran dragon ball
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan
media yang baik sehingga siswa lebih berminat untuk mengikuti
pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20240050 | 50/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
50/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
