Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Powtoon terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 1 Bone
Irwan/86202020027 - Personal Name
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi
eksperimental dengan desain penelitian equivalen Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble berbantuan
media powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI di
MAN 1 Bone, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble
berbantuan media powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
kelas XI di MAN 1 Bone. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik
angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif, kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic
versi 25.. Sedangkan hasil analisis data hipotesis menggunakan program IBM
SPSS statistic versi 26 pada kelompok eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran Scramble, diperoleh nilai mean kelas kontrol yaitu sebesar 60,53,
sedangkan nilai mean kelas eksperimen sebesar 68, 45. Dengan demikian, terdapat
pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran Fikih kelas XI di MAN 1 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab sebelumnya,
maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar model pembelajaran scramble berbantuan media
powtoon dilakukan dengan cara mengelompokkan siswa secara heterogen
campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin, golongan dan lain-lain
agar siswa dapat menjalankan hak dan kewajiban, saling menghargai,
salaing menerima perbedaan, saling menghormati serta mendahulukan
kepentingan bersama dan tidak memaksakan kehendak sendiri.
2. Nilai dari aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran
scramble berbantuan media powtoon pada kelas eskprimen terkecil
(minimum) adalah 60, dan nilai terbesar (maximum) adalah 80. Nilai rage
merupakan selisih nilai minimum dan maximum yaitu sebesar 20 dan
nilai sum merupakan penjumlahan dari aktivitas belajar ke-31 responden
yaitu sebesar 2.122. kemudian rata-rata nilai dari 31 responden atau
(mean) sebesar 68,45 dengan standar deviasi sebesar 5,118.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selajutnya peneliti akan
menguraikan implikasi peneliti berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru fikih agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode dragon ball agar minat belajar siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru fikih kelas VIII di MTs Negeri 2 Bone agar
selalu menggunakan metode dragon ball dalam pembelajaran fikih yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
minat belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode pembelajaran dragon ball
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan
media yang baik sehingga siswa lebih berminat untuk mengikuti
pembelajaran.
eksperimental dengan desain penelitian equivalen Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran scramble berbantuan
media powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI di
MAN 1 Bone, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble
berbantuan media powtoon terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih
kelas XI di MAN 1 Bone. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik
angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif, kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic
versi 25.. Sedangkan hasil analisis data hipotesis menggunakan program IBM
SPSS statistic versi 26 pada kelompok eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran Scramble, diperoleh nilai mean kelas kontrol yaitu sebesar 60,53,
sedangkan nilai mean kelas eksperimen sebesar 68, 45. Dengan demikian, terdapat
pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap minat belajar siswa pada mata
pelajaran Fikih kelas XI di MAN 1 Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah diurutkan pada bab sebelumnya,
maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Aktivitas belajar model pembelajaran scramble berbantuan media
powtoon dilakukan dengan cara mengelompokkan siswa secara heterogen
campuran berdasarkan prestasi, jenis kelamin, golongan dan lain-lain
agar siswa dapat menjalankan hak dan kewajiban, saling menghargai,
salaing menerima perbedaan, saling menghormati serta mendahulukan
kepentingan bersama dan tidak memaksakan kehendak sendiri.
2. Nilai dari aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran
scramble berbantuan media powtoon pada kelas eskprimen terkecil
(minimum) adalah 60, dan nilai terbesar (maximum) adalah 80. Nilai rage
merupakan selisih nilai minimum dan maximum yaitu sebesar 20 dan
nilai sum merupakan penjumlahan dari aktivitas belajar ke-31 responden
yaitu sebesar 2.122. kemudian rata-rata nilai dari 31 responden atau
(mean) sebesar 68,45 dengan standar deviasi sebesar 5,118.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selajutnya peneliti akan
menguraikan implikasi peneliti berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru fikih agar mampu
meningkatkan perannya dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
metode dragon ball agar minat belajar siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru fikih kelas VIII di MTs Negeri 2 Bone agar
selalu menggunakan metode dragon ball dalam pembelajaran fikih yang
sesuai dengan materi yang diberikannya sehingga mampu meningkatkan
minat belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan metode pembelajaran dragon ball
diharapkan untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran dan
media yang baik sehingga siswa lebih berminat untuk mengikuti
pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20240059 | 59/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
59/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
