Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran Fikih terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Anwar Hamid/02.18.1084 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing dalam pembelajaran fikih untuk dapat terhadap Belajar Peserta
didik kelas IX MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru. Kegunaan penelitian
yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik observasi, kuiesioner (angket), Tes dan dokumentasi,
yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan
mengadakan pengamatan lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi normatif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan dan respond persrta didik saat pelakanaan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dalam pembelajaran fikih
yanghasil presentasi angket dari 10 pertanyaan yang terdiri 5 langkah-langkah
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan 5
respond siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing, 9 di antaranya selalu dilaksanakan, 1 di antaranya kadang-kadang
dilaksanakan, dan 0 di antaranya pernah dilaksanakan, dan tidak pernah dilaksanakan,
Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh t hitung = 11,93092 sedangkan t tabel =
1,71088 dengan signofikasni 0,000.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, dan
sig. < 0.05 maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa
Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing
yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya , penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing
dalam pembelajaran fikih peserta didik kelas IX di MTs Nurul Aeyn
As’adiyah Kampung Baru dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi angket
yang disebar. Dari hasil presentasi angket dari 10 pertanyaan yang terdiri 5
langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing dan 5 respond siswa terhadap pelaksanaan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing, 9 di antaranya selalu
dilaksanakan, 1 di antaranya kadang-kadang dilaksanakan, dan 0 di antaranya
pernah dilaksanakan, dan tidak pernah dilaksanakan.
2. Hasil belajar peserta didik kelas IX di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran fikih. Pada data pretest dengan rata-rata 60.4
sedangkan pada data posttest dengan rata-rata 90.8
3. Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh t hitung = 11,93092 sedangkan t tabel
= 1,71088 dengan signofikasni 0,000.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung >
t tabel, dan sig. < 0.05 maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing terhadp hasil belajar
peserta didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran fikih untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
2. Bagi peserta didik, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil
belajar yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan hasil belajar.
knowledge sharing dalam pembelajaran fikih untuk dapat terhadap Belajar Peserta
didik kelas IX MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru. Kegunaan penelitian
yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik observasi, kuiesioner (angket), Tes dan dokumentasi,
yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan
mengadakan pengamatan lansung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian eksperimen, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan teologi normatif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan dan respond persrta didik saat pelakanaan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dalam pembelajaran fikih
yanghasil presentasi angket dari 10 pertanyaan yang terdiri 5 langkah-langkah
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan 5
respond siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing, 9 di antaranya selalu dilaksanakan, 1 di antaranya kadang-kadang
dilaksanakan, dan 0 di antaranya pernah dilaksanakan, dan tidak pernah dilaksanakan,
Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh t hitung = 11,93092 sedangkan t tabel =
1,71088 dengan signofikasni 0,000.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, dan
sig. < 0.05 maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa
Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing
yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya , penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing
dalam pembelajaran fikih peserta didik kelas IX di MTs Nurul Aeyn
As’adiyah Kampung Baru dapat diketahui berdasarkan hasil presentasi angket
yang disebar. Dari hasil presentasi angket dari 10 pertanyaan yang terdiri 5
langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing dan 5 respond siswa terhadap pelaksanaan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing, 9 di antaranya selalu
dilaksanakan, 1 di antaranya kadang-kadang dilaksanakan, dan 0 di antaranya
pernah dilaksanakan, dan tidak pernah dilaksanakan.
2. Hasil belajar peserta didik kelas IX di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran fikih. Pada data pretest dengan rata-rata 60.4
sedangkan pada data posttest dengan rata-rata 90.8
3. Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh t hitung = 11,93092 sedangkan t tabel
= 1,71088 dengan signofikasni 0,000.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung >
t tabel, dan sig. < 0.05 maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing terhadp hasil belajar
peserta didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active
knowledge sharing sebagai alternatif dalam proses pembelajaran fikih untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik.
2. Bagi peserta didik, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil
belajar yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran kooperatif tipe active knowledge sharing dan hasil belajar.
Ketersediaan
| STAR20220238 | 238/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
238/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
