Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 1 Watampone
Muhammad Ikhlas Ahmad/862082020011 - Personal Name
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi
exsperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe talking stick terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 1 Watampone. Data hasil penelitian
diperoleh menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Tekhnik analisis data
yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian
dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 26. Hasil
analisis lembar observasi, menujukkan bahwa tingkat pengaruh keaktifan siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berada
dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan infrensial
diperoleh, t hitung > t tabel (4,484 > 2.001). Dan nilai signifikasi lebih kecil dari pada
taraf signifikan (0,000 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga dapat
diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
kelas VII dengan materi meneladani nama dan sifat Allah untuk kebaikan hidup
sebelum dan setelah pembelajaran.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif terhadap lembar observasi
yang telah peneliti lakukan pada kelas VII dengan materi menelani nama dan sifat
Allah untuk kebaikan hidup di SMPN 1 Watampone, menujukkan bahwa tingkat
pengaruh keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe talking stick berada dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis data statistik
deskriptif dan infrensial diperoleh, t hitung > t tabel (4,484 > 2.001). Dan nilai
signifikasi lebih kecil dari pada taraf signifikan (0,000 < 0,05), maka H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Sehingga dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa kelas VII dengan materi meneladani nama
dan sifat Allah untuk kebaikan hidup sebelum dan setelah pembelajaran. Dengan
demikan, dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan nilai rata-
rata hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 1 Watampone.
B. SARAN
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick terhadap
keaktifan dan hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sangat bagus diterapkan
dalam pembelajaran karena dapat membuat siswa lebih aktif dan hasil belajar
siswa meninggkat sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, harus memiliki pengetahuan dan
persiapan yang baik sehingga hasil yang di dapat juga sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Talking Stick sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu
apakah siswa yang dijadikan subjek penelitian cocok dengan model
pembelajaran tersebut.
exsperimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe talking stick terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 1 Watampone. Data hasil penelitian
diperoleh menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Tekhnik analisis data
yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian
dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 26. Hasil
analisis lembar observasi, menujukkan bahwa tingkat pengaruh keaktifan siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berada
dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan infrensial
diperoleh, t hitung > t tabel (4,484 > 2.001). Dan nilai signifikasi lebih kecil dari pada
taraf signifikan (0,000 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga dapat
diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
kelas VII dengan materi meneladani nama dan sifat Allah untuk kebaikan hidup
sebelum dan setelah pembelajaran.
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif terhadap lembar observasi
yang telah peneliti lakukan pada kelas VII dengan materi menelani nama dan sifat
Allah untuk kebaikan hidup di SMPN 1 Watampone, menujukkan bahwa tingkat
pengaruh keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe talking stick berada dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis data statistik
deskriptif dan infrensial diperoleh, t hitung > t tabel (4,484 > 2.001). Dan nilai
signifikasi lebih kecil dari pada taraf signifikan (0,000 < 0,05), maka H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Sehingga dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar siswa kelas VII dengan materi meneladani nama
dan sifat Allah untuk kebaikan hidup sebelum dan setelah pembelajaran. Dengan
demikan, dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan nilai rata-
rata hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII di SMPN 1 Watampone.
B. SARAN
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick terhadap
keaktifan dan hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sangat bagus diterapkan
dalam pembelajaran karena dapat membuat siswa lebih aktif dan hasil belajar
siswa meninggkat sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, harus memiliki pengetahuan dan
persiapan yang baik sehingga hasil yang di dapat juga sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Talking Stick sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu
apakah siswa yang dijadikan subjek penelitian cocok dengan model
pembelajaran tersebut.
Ketersediaan
| STAR20240189 | 189/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
189/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
