Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Baru Di MTsN 1 Bone

No image available for this title
Skripsi ini tentang Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam
Mempersiapkan Peserta Didik Baru di MTsN 1 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah sebagai berikut: untuk mengetahui sejauh mana Manajemen Strategi
Kepala Madrasah dalam Mempersiapkan Peserta Didik Baru di MTsN 1 Bone.
Adapun metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif
(Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen dan pendekatan
sosiologi.Adapaun teknik penumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer (kepala
madrasah, guru dan panitia PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dan data
sekunder.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penrikan kesimpulan.1) Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Manajemen strategi kepala madrasah di MTsN 1 Bone sudah berjalan
dengan baik, dilihat dari berbagai kegiatan mulai dari perumusan strategi,
pelaksanaan strategi serta evaluasi dan control strategi, kemudian juga
dilaksanakan pelaksanaan perumusan strategi mencakup melakukan perumusan
misi, penetapan tujuan, penerapan strategi dan penetapan tujuan. Adapun
pelaksanaan strategi mencakup program kegiatan, penyusunan biaya anggaran dan
penyusunan prosedur.Dan yang terakhir evaluasi yang mencakup menganalisis
faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerja sampai dengan melakukan
tindakan dan perbaikan.2) Penerapan manajemen strategi kepala madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik baru di MTsN 1 Bone juga selaku penanggung
jawab dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah diterapkan.
Mulai dari tahap pembentukan panitia, sampai dengan pembagian kelas bagi para
peserta didik baru yang dinyatakan lulus, akan tetapi masih ada beberapa hal yang
seharusnya perlu untuk diperbarui yakni dalam proses Penerimaan Peserta Didik
Baru (PPDB) selaku penanggung jawab kegiatan harusnya dapat memberikan
waktu lebih banyak untuk melakukan pengawasan kegiatan Penerimaan Peserta
Didik Baru (PPDB), dilihat dari beberapa kendala yang dihadapi oleh kepanitiaan
hal itu sangat berpengaruh besar terhadap kurangnya pengawasan yang dilakukan
oleh kepala madrasah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di MTsN 1 Bone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen strategi kepala madrasah di MTsN 1 Bone sudah berjalan
dengan baik, dilihat dari berbagai kegiatan mulai dari perumusan
strategi, pelaksanaan strategi serta evaluasi dan control strategi,
kemudian juga dilaksanakan pelaksanaan perumusan strategi
mencakup melakukan perumusan misi, penetapan tujuan, penerapan
strategi dan penetapan tujuan. Adapun pelaksanaan strategi mencakup
program kegiatan, penyusunan biaya anggaran dan penyusunan
prosedur. Dan yang terakhir evaluasi yang mencakup menganalisis
faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerja sampai dengan
melakukan tindakan dan perbaikan.
2. Penerapan manajemen strategi kepala madrasah dalam
mempersiapkan peserta didik baru di MTsN 1 Bone juga selaku
penanggung jawab dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru
(PPDB) sudah diterapkan. Mulai dari tahapan pembentukan panitia,
sampai dengan pembagian kelas bagi para peserta didik baru yang
dinyatakan lulus, akan tetapi masih ada beberapa hal yang seharusnya
perlu untuk diperbarui yakni selaku penanggung jawab kegiatan
harusnya dapat memberikan waktu lebih banyak untuk melakukan
pengawasan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dilihat
dari beberapa kendala yang dihadapi oleh kepanitiaan hal itu sangat
berpengaruh besar terhadap kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh
kepala madrasah.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian tentang Manajemen Strategi Kepala
Madrasah dalam Mempersiapkan Peserta Didik Baru di MTsN 1 Bone,
peneliti memiliki saran, masukan maupun harapan kepada sekolah, adapun
saran peneliti yaitu:
1. Bagi kepala madrasah diharapkan lebih ditingkatkan lagi pengawasan
dalam setiap proses kegiatan yang dilaksanakan. Agar kiranya dapat
sedikit meminimalisir apabila terdapat kendala pihak kepanitiaan.
2. Bagi pihak kepantiaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lebih
mendetail lagi apabila ingin memberikan informasi terhadap calon
peserta didik baru agar kiranya dapat sedikit mudah dipahami oleh
calon peserta didik baru ditahun-tahun berikutnya.
Ketersediaan
STAR2024002525/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

25/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top