Perencanaan Strategik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 4 Watampone
Elvina Damayanti/862312020005 - Personal Name
Skripsi ini tentang Perencanaan Strategi Kepala Sekolah dalam
Peningkatan Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Watampone. Tujuan dari penelitian
ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui sejauh mana Perencanaan Strategi
Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Negeri 4
Watampone.Adapun metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen dan pendekatan
sosiologi.Adapaun teknik penumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer dan data
sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan strategi kepala sekolah di SMP Negeri 4 Watampone berjalan dengan
baik dilihat dari aspek, analisis strategi yang mencakup identifikasi kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman. Penerapan arah tujuan strategi mencakup
program dan strategi yang digunakan. Perencanaan tindakan mencakup peran dan
tanggung jawab serta indikator keberhasilan. 2) Peningkatan kinerja guru di SMP
Negeri 4 Watampone yaitu perencanaan dalam kegiatan pembelajaran yang
mencakup rapat persiapan, modul ajar, alokasi waktu dan evaluasi. Pelaksanaan
kegiatan pembelajaran penggunaan sumber, media dan metode pembelajaran. Dan
yang terakhir evaluasi dalam kegiatan yang mencakup assesment hasil kegiatan.
3) Perencanaan Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP
Negeri 4 Watampone yaitu melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan yang
dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para guru. Pelatihan
ini dapat dilakukan dengan melibatkan pelatih dari luar sekolah maupun
memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab seblumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 4 Watampone, maka peneliti
menyimpulkan bahwa :
1. Kepala sekolah SMP Negeri 4 Watampone sebagai pemimpin sekolah
bertanggung jawab dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan
kualitas pendidikan, merencanakan program, menggerakkan staf dan
melakukan perkembangan terkait dengan sumber daya manusia di
SMP Negeri 4 Watampone, dengan memberikan pelatihan kepada
guru-guru, baik melalui seminar, workshop ataupun melalui guru
penggerak. Dengan demikian, kepala sekolah berperan sebagai
pemimpin yang mendorong inovasi dan peningkatan berkelanjutan
dalam proses pendidikan di sekolah.
2. Kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone dilihat dari aspek
merencanakan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiaan
pembelajaran, dan evaluasi dalam kegaiatan. Setiap guru
melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pendidik dan setiap guru
memiliki keterampilan dalam mengajar. Guru selalu mengikuti
pelatihan maupun forum-forum ilmiah untuk meningkatkan
kemampuan dan keterampilan. Penggunaan media pembelajaran
mengharuskan guru untuk lebih meningkatkan kemampuan dan
keterampilannya.
3. Perencanaan strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di
SMP Negeri 4 Watampone memiliki strategi dalam peningkatan
kinerja guru yaitu melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan yang
dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para
guru.
B. Saran
Setelah penulis mengemukakan kesimpulan di atas, maka penulis
mempunyai implikasi berupa saran-saran sebagai bentuk harapan yang ingin
dicapai sekaligus sebagai bentuk kelengkapan dalam menyusun skripsi ini sebagai
berikut :
1. Bagi kepala sekolah SMP Negeri 4 Watampone selalu terus
mengembangkan rencana-rencana strategi untuk memastikan bahwa
semua guru-guru dapat meningkatkan kinerjanya. Memahami
kebutuhan individu setiap guru dan menerapkan pendekatan yang
personal dalam pengembangan profesional mereka.
2. Bagi guru-guru di SMP Negeri 4 Watampone diharapkan selalu terus
melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan hasil yang telah
dicapai baik diri sendiri maupun
Peningkatan Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Watampone. Tujuan dari penelitian
ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui sejauh mana Perencanaan Strategi
Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Negeri 4
Watampone.Adapun metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen dan pendekatan
sosiologi.Adapaun teknik penumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi yang diambil dari sumber data primer dan data
sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perencanaan strategi kepala sekolah di SMP Negeri 4 Watampone berjalan dengan
baik dilihat dari aspek, analisis strategi yang mencakup identifikasi kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman. Penerapan arah tujuan strategi mencakup
program dan strategi yang digunakan. Perencanaan tindakan mencakup peran dan
tanggung jawab serta indikator keberhasilan. 2) Peningkatan kinerja guru di SMP
Negeri 4 Watampone yaitu perencanaan dalam kegiatan pembelajaran yang
mencakup rapat persiapan, modul ajar, alokasi waktu dan evaluasi. Pelaksanaan
kegiatan pembelajaran penggunaan sumber, media dan metode pembelajaran. Dan
yang terakhir evaluasi dalam kegiatan yang mencakup assesment hasil kegiatan.
3) Perencanaan Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP
Negeri 4 Watampone yaitu melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan yang
dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para guru. Pelatihan
ini dapat dilakukan dengan melibatkan pelatih dari luar sekolah maupun
memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab seblumnya
yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 4 Watampone, maka peneliti
menyimpulkan bahwa :
1. Kepala sekolah SMP Negeri 4 Watampone sebagai pemimpin sekolah
bertanggung jawab dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan
kualitas pendidikan, merencanakan program, menggerakkan staf dan
melakukan perkembangan terkait dengan sumber daya manusia di
SMP Negeri 4 Watampone, dengan memberikan pelatihan kepada
guru-guru, baik melalui seminar, workshop ataupun melalui guru
penggerak. Dengan demikian, kepala sekolah berperan sebagai
pemimpin yang mendorong inovasi dan peningkatan berkelanjutan
dalam proses pendidikan di sekolah.
2. Kinerja guru di SMP Negeri 4 Watampone dilihat dari aspek
merencanakan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiaan
pembelajaran, dan evaluasi dalam kegaiatan. Setiap guru
melaksanakan kewajibannya sebagai seorang pendidik dan setiap guru
memiliki keterampilan dalam mengajar. Guru selalu mengikuti
pelatihan maupun forum-forum ilmiah untuk meningkatkan
kemampuan dan keterampilan. Penggunaan media pembelajaran
mengharuskan guru untuk lebih meningkatkan kemampuan dan
keterampilannya.
3. Perencanaan strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di
SMP Negeri 4 Watampone memiliki strategi dalam peningkatan
kinerja guru yaitu melalui penyelenggaraan pelatihan-pelatihan yang
dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para
guru.
B. Saran
Setelah penulis mengemukakan kesimpulan di atas, maka penulis
mempunyai implikasi berupa saran-saran sebagai bentuk harapan yang ingin
dicapai sekaligus sebagai bentuk kelengkapan dalam menyusun skripsi ini sebagai
berikut :
1. Bagi kepala sekolah SMP Negeri 4 Watampone selalu terus
mengembangkan rencana-rencana strategi untuk memastikan bahwa
semua guru-guru dapat meningkatkan kinerjanya. Memahami
kebutuhan individu setiap guru dan menerapkan pendekatan yang
personal dalam pengembangan profesional mereka.
2. Bagi guru-guru di SMP Negeri 4 Watampone diharapkan selalu terus
melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan hasil yang telah
dicapai baik diri sendiri maupun
Ketersediaan
| STAR20240198 | 198/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
198/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
