Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Inovasi Pembelajaran Di SMA Negeri 12 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar
dalam Inovasi Pembelajaran di SMA Negeri 12 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah Untuk mengetahui manajemen kurikulum merdeka belajar, inovasi
pembelajaran dan manajemen kurikulum merdeka belajar dalam inovasi
pembelajarandi SMA Negeri 12 Bone. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
sosiologis dan manajemen. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
Manajemen kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 12 Bone yang meliputi
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi sudah di jalankan sesuai
dengan standar oprasional prosedur yang diberikan pemerintah yang dilaksankan
oleh tenaga pendidik yang ada di SMA Negeri 12 Bone. Dalam perencanaan
kurikulum dimulai dengan analisis kebutuhan siswa dan konteks lokal untuk
merancang kurikulum yang relevan dan fleksibel, disertai dengan materi ajar
menarik dan integrasi teknologi. Pengorganisasian melibatkan guru yang
menjelaskan mekanisme belajar mengajar dan kepala sekolah yang mengatur
bahan ajar, memilih sumber, mengembangkan modul, mendukung teknologi, dan
memberikan pelatihan serta evaluasi berkelanjutan. Pada tahap pelaksanaan, baik
Kurikulum 2013 maupun Merdeka Belajar mengutamakan perencanaan terstruktur
dengan modul ajar dan tes diagnostik untuk menilai kondisi siswa. Akhirnya,
dalam evaluasi, manajemen kurikulum memberikan umpan balik langsung,
mengidentifikasi kebutuhan belajar, meningkatkan motivasi, dan menilai
efektivitas pengajaran serta kurikulum 2) Inovasi pembelajaran di SMA Negeri 12
Bone memberikan dampak terhadap pembelajaran seperti menciptakan
lingkungan yang mendukung dan kreatiftas sambil menyesuaikan pembelajaran
dengan kebutuhan siswa. Serta memperkaya pengalaman belajar siswa melalui
integrasi teknologi. 3) Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar memainkan peran
penting dalam inovasi pembelajaran di SMA Negeri 12 Bone, manajemen
kurikulum merdeka belajar dalam inovasi pembelajaran melibatkan empat tahap
utama yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara
keseluruhan, manajemen Kurikulum Merdeka Belajar meningkatkan relevansi dan
daya tarik pembelajaran, fleksibilitas metode pengajaran, pengembangan
keterampilan, kualitas pengajaran, dan pengalaman belajar siswa melalui
teknologi dan evaluasi berkelanjut.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Manajemen Kurikulum Merdeka belajar di SMA Negeri 12 Bone yang
meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Sudah di
jalankan sesuai dengan standar operasional yang diberikan pemerintah yang
dilaksanakan oleh tenaga pendidik yang ada di SMA Negeri 12 Bone.
2. Inovasi pembelajaran di SMA Negeri 12 Bone memberikan dampak
terhadap pembelajaran seperti menciptakan lingkungan yang mendukung
dan kreatiftas sambil menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa.
Serta memperkaya pengalaman belajar siswa melalui integrasi teknologi.
3. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar memainkan peran penting dalam
inovasi pembelajaran di SMA Negeri 12 Bone, manajemen kurikulum
merdeka belajar dalam inovasi pembelajaran melibatkan empat tahap utama
yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara
keseluruhan, manajemen Kurikulum Merdeka Belajar meningkatkan
relevansi dan daya tarik pembelajaran, fleksibilitas metode pengajaran,
pengembangan keterampilan, kualitas pengajaran, dan pengalaman belajar
siswa melalui teknologi dan evaluasi berkelanjutan.
B. Saran
1. Hendaknya pihak sekolah memberikan pelatiahan rutin untuk guru dalam
penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan lokal.
2. Hendaknya pihak sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis
proyek (P5).
3. Hendaknya tenaga pendidik lebih mengembangkan kompetensi dan
keterampilan dalam memberikan pengajaran sesuai dengan kurikulum
merdeka.
4. Hendaknya kepala sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas, media
pembelajaran untuk tenaga pendidik agar memberikan inovasi yang lebih
baik
Ketersediaan
STAR20240220220/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

220/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top