Hubungan Motivasi Belajar terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone
Adinda Nurul Kamila/862312020066 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Hubungan Motivasi Belajar terhadap Konsentrasi
Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone. Penelitian ini merupakan
penelitian pertama yang membahas tentang apakah terdapat hubungan motivasi
belajar dan konsentrasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara motivasi belajar dan konsentrasi belajar. Jenis penelitian yang
penulis gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode
kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 240 siswa
dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan
sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah angket dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan
adanya hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar dan variabel
konsentrasi belajar. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara motivasi belajar
dengan tingkat konsentrasi belajar diperoleh nilai r hitung yaitu 0,89 dan r tabel sebesar
0,2352 di mana r hitung (0,89) > r tabel (0,2352). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang motivasi belajar
dengan konsentrasi belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan
konsentrasi belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone. Hal ini bisa
terlihat dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,89 dan r tabel dengan taraf
signifikansi 0,05 atau 5% yaitu 0,2352 sehingga r hitung (0,89) > r tabel (0,2352).
Hasil ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar maka akan
mengurangi konsentrasi belajar siswa, begitupun sebaliknya semakin tinggi
motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula tingkat konsentrasi belajar
siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat memperbaiki sistem pengelolaan dalam kelas
sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan standar yang ada.
2. Bagi guru, dapat membantu kepala sekolah dalam peningkatan-peningkatan
standar yang ada.
3. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui faktor-faktor penghambat
motivasi dan konsentrasi siswa
4. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian konsentrasi dengan
faktor-faktor lain yang mempengaruhi.
Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone. Penelitian ini merupakan
penelitian pertama yang membahas tentang apakah terdapat hubungan motivasi
belajar dan konsentrasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara motivasi belajar dan konsentrasi belajar. Jenis penelitian yang
penulis gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode
kuantitatif karena data penelitian yang berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistik. Adapun populasi dari penelitian ini sebanyak 240 siswa
dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan
sampel menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah angket dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan
adanya hubungan yang positif antara variabel motivasi belajar dan variabel
konsentrasi belajar. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara motivasi belajar
dengan tingkat konsentrasi belajar diperoleh nilai r hitung yaitu 0,89 dan r tabel sebesar
0,2352 di mana r hitung (0,89) > r tabel (0,2352). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H 1
diterima dan H 0 ditolak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang motivasi belajar
dengan konsentrasi belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan
konsentrasi belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 13 Bone. Hal ini bisa
terlihat dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 0,89 dan r tabel dengan taraf
signifikansi 0,05 atau 5% yaitu 0,2352 sehingga r hitung (0,89) > r tabel (0,2352).
Hasil ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar maka akan
mengurangi konsentrasi belajar siswa, begitupun sebaliknya semakin tinggi
motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula tingkat konsentrasi belajar
siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat memperbaiki sistem pengelolaan dalam kelas
sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan standar yang ada.
2. Bagi guru, dapat membantu kepala sekolah dalam peningkatan-peningkatan
standar yang ada.
3. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui faktor-faktor penghambat
motivasi dan konsentrasi siswa
4. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian konsentrasi dengan
faktor-faktor lain yang mempengaruhi.
Ketersediaan
| STAR20240088 | 88/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
88/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
